10 Cara Jualan di Bukalapak Paling Praktis dan Mudah

Berjualan di marketplace saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berjualan di sebuah marketplace. Selain sudah terindeks Google, reputasi dari beberapa marketplace yang baik menjadi kepercayaan tersendiri bagi pembeli. Salah satu marketplace yang memiliki reputasi baik ini adalah Bukalapak. Bagi penjual pemula, memasang iklan dan berjualan di Bukapalak cukup menjadi tantangan tersendiri. Karena itu bagi penjual pemula, mengetahui cara jualan di Bukalapak adalah sebuah keharusan.

Mengapa Bukalapak?

Tidak bisa dipungkiri saat ini sangat banyak orang berbelanja di marketplace Bukalapak. Orang berbelanja di marketplace ini dari tahun ke tahun semakin banyak karena iklan yang gencar, promosi gila-gilaan (gratis ongkir, cashback, dan lain-lain) dan ada banyak cara pembayaran dan pengiriman. Marketplace Bukalapak dengan dana dan modal tidak terbatas, hampir setiap bulan mengadakan promo besar dan di setiap periode promo itu, banyak sekali penjual yang kebanjiran order. Terutama yang sudah punya penjualan lumayan, reputasi, dan review yang bagus.

Cara Jualan di Bukalapak

Buka Website Bukalapak

mengunjungi website adalah langkah awal cara jualan di Bukalapak
sumber : Bukalapak

Langkah pertama sebagai cara jualan di Bukalapak adalah  buka situs web bukalapak, dengan mengunjungi situs online resminya yakni di https://www.bukalapak.com/.

Klik Kolom Daftar

Kolom “Daftar” ini terdapat pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak. Kamu tinggal klik kolom “Daftar” ini dan akan muncul laman baru untuk langkah selanjutnya.

Baca juga:  Mengenal 4 Jenis Bisnis Franchise Paling Laku

Isi Formulir Pendaftaran

Setelah masuk pada laman berikutnya, selanjutkan kamu harus mengisi “Formulir Pendaftaran” secara lengkap. Jika kamu tidak ingin mendaftar dengan mengisi formulir tersebut, kamu bisa juga daftar menggunakan akun Facebook dan Google. Kamu tinggal klik bagian kolom tersebut, maka kamu akan terdaftar di akun Bukalapak secara otomatis.

Masukkan Nomor Telepon Aktif

jangan salah memasukkan no telepon saat mendaftar

Pada kolom pendaftaran ini, jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon dan alamat e-mail yang valid, sebab proses pendaftaran ini membutuhkan verifikasi dari kedua media tersebut.

Pilih Nama Toko

Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan nama toko online kamu di Bukalapak. Gunakan nama yang unik namun mudah diingat, sehingga orang akan mudah mengenalnya.

Ketikkan Pasword

jangan lupa dengan password

Berikutnya, sebagai cara jualan di Bukalapak adalah dengan mengetikkan password yang akan kamu gunakan untuk mengakses akun ini nantinya. pastikan kamu menggunakan password yang mudah diingat, sehingga kelak kamu tidak akan kesulitan atau bahkan mudah lupa.

Baca Syarat dan Ketentuan

Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentungan yang berlaku dengan baik, sebelum akhirnya kamu mengisi daftar isian (check list) pada kolom “Setuju” sebagai tanda persetujuan kamu terhadap perjanjian penjualan dengan Bukalapak.

Klik “Daftar”

Jika semua data sudah lengkap dan terisi dengan tepat, maka klik pada kolom “Daftar” yang terdapat pada bagian bawah formulir, sehingga pendaftaran ini akan segera diselesaikan.

Tunggu Konfirmasi E-mail

salah satu cara jualan di bukalapak adalah memasukkan email
sumber : aditya-Web.com

Selanjutnya, kamu akan menerima bukti konfirmasi melalui e-mail yang kamu cantumkan, segera klik link yang dikirimkan untuk mengonfirmasi akun Bukalapak kamu ini.

Baca juga:  Bisnis Lancar dengan 4 Laporan Keuangan Andal

Akun Kamu Siap Digunakan

Jika kamu sudah melakukan konfirmasi, maka akun Bukalapak kamu sudah siap untuk dipakai berjualan.

Lengkapi Toko Profil Kamu

Sebelum menjual produk kamu di Bukalapak ini, pastikan kamu melengkapi profil toko terlebih dahulu. Hal ini sangat membantu kamu untuk bisa lebih mudah dalam mendatangkan angka penjualan.

Buatlah profil yang menarik dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang diterapkan Bukalapak sejak awal. Ini bisa kamu lakukan dengan membuka menu Pengaturan yang terdapat di halaman akun kamu.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon kamu, sehingga para calon pembeli bisa menghubungi kamu dengan mudah. Sertakan juga beragam pengaturan yang kamu anggap perlu dan sesuai, seperti: syarat pengiriman, pembayaran, jumlah produk, dan sebagainya.

Buat akun ini semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik dan mengunjungi toko online kamu di Bukalapak. Tentu terlebih lagi adalah akan sangat menyenangkan bila kamu bisa kebanjiran order untuk produk yang kamu jual di toko online ini.

Unggah Foto Produk

Jika semua langkah di atas telah selesai kamu lakukan, maka persiapkan produk kamu dengan baik untuk siap dijual. Caranya, upload (unggah) foto produk kamu di bagian kolom yang tersedia.

Gunakan foto yang jelas dan layak, sehingga orang mudah memahami dan mengerti tentang produk tersebut. Ini juga penting diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan calom pembeli.

Lengkapi semua kolom dengan deskripsi produk yang jelas, termasuk syarat pembayaran, juga pengiriman yang kamu inginkan. Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai berjualan di Bukalapak.

Ingatlah bahwa pendaftaran ini hanyalah proses awal yang harus kamu jalani untuk menjadi pemilik bisnis online sukses. Oleh karena itu, sebelum memulai, pahami dengan benar cara jualan di Bukalapak. Jangan lupa juga melakukan strategi marketing di social media secara tepat. Dengan sebuah kesungguhan dan kerja keras, bukan tidak mungkin sukses akan segera menjadi milik kamu. Selamat mencoba.