wisata religi

10 Destinasi Wisata Religi di Indonesia yang Menarik Dikunjungi

Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan destinasi wisata. Tak hanya banyak, variasi jenis wisata yang ada di Indonesia juga sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata religi.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata dan membutuhkan inspirasi destinasi baru, objek-objek wisata religi di Indonesia bisa jadi salah satu alternatif pilihan wisata yang nggak kalah seru. Mulai dari kekayaan nilai sejarah, keindahan arsitektur, dan tentunya nilai religi dari tempat tersebut bisa membantumu mendapatkan pengalaman liburan dan anti-mainstream!

Di Indonesia sendiri nggak sedikit obyek wisata religi yang bisa kamu jadikan destinasi liburan kali ini. Yuk, intip sepuluh destinasi wisata religi terbaik yang ada di Indonesia berikut!

1. Gereja Blenduk – Semarang

wisata religi

Pada 1753, Gereja Blenduk dibangun. Sampai sekarang, keanggunan bangunannya tak lekang oleh waktu. Dengan gaya neo-klasik, siapa pun yang melihatnya tak akan menyangka bahwa bangunan ini telah berumur ratusan tahun. Bagi umat Protestan, gereja ini memiliki ruang tersendiri.

Menariknya, gereja ini memiliki Alkitab terbitan 1748 yang berbahasa Belanda. Maka, tidak mengherankan jika gereja satu ini menjadi salah satu ikon terfavorit.

2. Pura Tanah Lot – Bali

wisata religi

Bicara masalah lokasi wisata religi di Indonesia, Bali juga punya sebuah tempat yang cocok dijadikan destinasi wisata religi, khususnya bagi umat Hindu, yakni Pura Tanah Lot. Dengan mayoritas penduduknya yang merupakan pemeluk agama Hindu, Pura Tanah Lot termasuk pura paling penting untuk agama tersebut. 

Destinasi wisata religi di Indonesia ini terdiri dari beberapa pura dan berperan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Saat berkunjung ke tujuan wisata religi Indonesia yang satu ini, kamu nggak hanya bisa melihat ritual keagamaan di hari-hari besar tapi juga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah di Bali.

Baca juga:  Sejarah dan Keindahan Candi Borobudur: Warisan Budaya yang Memukau

3. Masjid Istiqlal – Jakarta

wisata religi

Objek wisata religi selanjutnya berlokasi di Ibu Kota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Berdiri di lahan seluas 93.200 M2, masjid ini bisa menampung hingga 200.000 jemaah.

Pada saat perayaan umat Islam, masjid ini kerap dibanjiri jemaah dari berbagai tempat, bahkan terkadang presiden Republik Indonesia kerap melakukan aktivitas peribadatan di masjid ini.

Masjid yang kini menjadi salah satu destinasi ziarah umat Islam ini diprakarsai oleh proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan dirancang oleh arsitek Frederich Silaban yang notabene seorang non-muslim.

4. Klenteng Kwan Sing Bo – Tuban

Warna merah yang menggambarkan keberuntungan tergambar jelas dari bangunan satu ini. Klenteng yang berlokasi di Tuban ini adalah klenteng terbesar di Asia Tenggara.

Bahkan, karena pamornya, banyak wisatawan luar negeri yang datang untuk menikmati pesona bangunan kebanggaan umat Konghucu, Tao, dan Buddha. Bangunan ini memiliki ikon berupa kepiting yang terletak di salah satu sisi bangunan.

5. Gua Maria Lourdes – Kediri

Destinasi selanjutnya ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi bagi umat Katolik. Gua Maria Loudres yang berada di Kediri ini kerap menjadi destinasi wisata religi khususnya untuk menjalankan Misa Novena. Memasuki kawasan wisata religi di Indonesia yang memiliki luas mencapai 13 hektar ini, kamu juga bisa melihat 12 pancuran air yang menjadi simbol dari 12 Rasul. Uniknya lagi, air dari pancuran ini bisa langsung kamu minum.

6. Maha Vihara Mojopahit – Mojokerto

Patung Buddha Tidur adalah salah satu monumen ikonik yang kerap ada di destinasi ziarah umat Buddha seperti yang terkenal berada di Thailand. Namun, di Indonesia sendiri terdapat sebuah vihara dengan patung yang serupa, bahkan termasuk yang terbesar di Dunia. Untuk melihatnya, kamu bisa mengunjungi Maha Vihara Mojopahit yang berada di Mojokerto, Jawa Timur.

Baca juga:  Berpetualang di 5 Pesona Keindahan Gili Trawangan

7. Masjid Cheng Ho – Surabaya

Laksamana Cheng Ho merupakan pelaut asal darat Tiongkok yang dipercaya turut berperan dalam persebaran agama Islam di Nusantara. Akan jasanya ini, ada banyak sekali masjid di Indonesia yang berdiri sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Laksamana Cheng Ho, seperti Masjid Cheng Ho di Surabaya.

Keunikan dari objek wisata religi di Indonesia satu ini adalah tampilannya yang tidak menyerupai bangunan masjid melainkan sangat kental akan aristektur khas bangunan-bangunan kuil di Tiongkok dengan pelengkap ornamen dan dekorasi bernuansa Islami.

Tak cuma di Surabaya, di Palembang juga terdapat Masjid Cheng Ho yang bisa jadi alternatif wisata religi di Indonesa lainnya. Sama seperti Masjid Cheng Ho di Surabaya, Masjid Cheng Ho di Palembang juga tampil unik dengan arstektur perpaduan unsur Cina, Melayu, dan Nusantara.

8. Maha Vihara Maitreya – Medan

Siapa sangka, di dalam perumahan di Kota Medan, kamu bisa mengunjungi vihara besar yang menjadi pusat peribadatan umat Buddha. Kompleks Maha Vihara Maitreya berlokasi di dalam Perumahan Cemara Asri ini membutuhkan waktu 10 tahun untuk rampung. Tak heran arsitekturnya sangat cantik.

Pada bagian depan vihara terdapat patung-patung naga yang menghadap ke tanah lapang. Banyak wisatawan yang menyambangi tempat ini pada Hari Raya Waisyak.

9. Masjid Menara Kudus – Kudus

Masjid Menara Kudus di Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata religi dan ziarah paling populer di Indonesia. Masjid ini dibangun pada 1594, terletak pada satu area dengan makam Sunan Kudus yang merupakan salah satu penyiar agama Islam di Pulau Jawa.

10. Pura Besakih – Bali

wisata religi

Satu lagi pura indah di Bali yang bisa menjadi destinasi wisata religi umat Hindu di Indonesia dan Dunia, yaitu Pura Besakih. Pura ini sendiri merupakan kompleks pura terbesar di Bali dan berada di lereng gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Nama Besakih sendiri diambil dari bahasa sansekerta “wasuki” yang bermakna “selamat”. Sebagai pusat dari pura-pura yang ada di Bali, Pura Besakih memiliki 1 pura pusat, 18 pura pendamping, dan pura penataran agung.

Thia Destiani

Share