film korea terbaik

10 Film Korea Terbaik Ini Cocok untuk Maraton Seharian

Demam Korea saat ini melanda banyak negara, salah satunya Indonesia. Tak hanya K-Pop, menonton film Korea terbaik juga menjadi salah satu hiburan yang seru dan menarik.

Bukan hanya drama yang sering dijadikan tontonan maraton sambil rebahan, banyak orang berburu film Korea terbaik untuk menemani aktivitas bersantai mereka. Tak kalah keren dengan buatan Hollywood, ada film yang memacu adrenalin, hingga film yang bikin kamu berlinang air mata dan sulit move on.

Menonton film Korea terbaik merupakan salah satu cara paling menyenangkan jika kamu bingung mencari alternarif tontonan di waktu senggang. Bahkan, aktivitas ini bisa sangat seru hingga membuatmu lupa waktu. Nah, biar kamu tetap bisa mengelola waktu untuk kegiatan yang lain, buatlah jadwal nonton film secukupnya agar tidak terlalu melelahkan.

Kira-kira film Korea terbaik apa saja yang bisa kamu tonton di akhir pekan ini? Yuk, langsung cek daftarnya di bawah ini.

Rekomendasi 10 Film Korea Terbaik

1. Old Boy (2003)

film korea terbaik

Film Old Boy yang disutradarai Park Chan-wook ini masuk dalam daftar film Korea terbaik yang wajib kami tonton. Old Boy merupakan film kedua dalam Vengeance Trilogy yang diangkat berdasarkan manga karangan Nobuaki Minegishi dengan judul yang sama.

Film ini menceritakan tentang Oh Dae-su, seorang pria yang dikurung selama 15 tahun tanpa pernah mengetahui identitas dan maksud sang penculik. Dengan mengusung genre neo-noir, film ini siap mengguncang para penontonnya.

2. Memories of Murder (2003)

Bagi kamu penggemar film Korea, pasti sudah tidak asing dengan sutradara Bong Joon-ho. Memories of Murder termasuk karya fenomenal Bong Joon-ho yang bercerita tentang pembunuh berantai pertama di Korea.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang kasusnya tidak terpecahkan selama lebih dari 20 tahun. Menariknya, pada 2019 lalu, pembunuh berantai tersebut mengakui tindakan kejinya yang tercatat telah membunuh 15 orang. Pembunuh berantai tersebut bernama korea Lee Choon-jae atau dikenal sebagai Hwaseong Serial Killer, bahkan ia juga disebut sebagai Korean Zodiac Killer.

3. Taegukgi (2004)

film korea terbaik

Berjudul lengkap Taegukgi: The Brotherhood of War, merupakan salah satu film Korea terbaik yang paling banyak ditonton, mencapai 11,74 juta penonton.

Baca juga:  9 Adegan Paling Epic di Film Pendek Tilik

Film inibercerita tentang dua kakak beradik, Jin Tae dan Jin Seok, yang dipaksa ikut perang saudara di Korea pada tahun 1950. Taegukgi sangat layak kamu tonton jika kamu menyukai film drama peperangan heroik yang tragis.

4. The Pirates (2014)

Film Korea terbaik selanjutnya adalah The pirates. Film ini sangat cocok untuk kalian penggemar film action. Film ini menjadi film bajak laut tersukses di Korea pada tahun 2014. Film ini diperankan oleh Son Ye Jin dan Kim Nam Gil.

Film ini menceritakan tentang sayembara yang dilakukan untuk mendapatkan segel kerajaan yang dimakan oleh ikan paus. Film The Pirates akan memberikan kita adegan action serta gambar-gambar yang realistis.

Mirip seperti cerita bajak laut, The Pirates menyuguhkan adegan action, komedi, serta kerjasama kelompok. Selain itu, film ini juga diadaptasi dari dongeng sejarah Korea Selatan, tentang sejarah awal terbentuknya kerajaan dinasti Joseon yang merupakan dinasti kerajaan terakhir dan terpanjang di Korea Selatan.

5. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang memiliki penyakit mental dan harus diberi hukuman karena perbuatan yang tidak ia lakukan. Film ini akan menguras air mata kalian sejadi-jadinya, dan akan menjadi salah satu film yang sangat berkesan. Bahkan saking suksesnya, film Miracle in Cell No. 7 ini sudah digarap oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Film Miracle in Cell No. 7 akan memberikan kalian hiburan yang lucu, pelajaran hidup, hukum yang tidak adil bagi kaum disabilitas, penyakit mental, hingga hubungan antara ayah dan anak. Film ini sangat direkomendasikan, dan menjadi film yang layak ditonton hingga saat ini.

6. Flu (2013)

Ketika wabah COVID-19 menjadi sorotan dunia, Flu mendadak viral karena menceritakan kengerian dari sebuah pandemi. Film ini menceritakan tentang penyebaran wabah yang begitu cepat pada sebuah daerah di Korea Selatan.

Pemerintah yang menganggap remeh dan tidak sigap mengambil langkah, akhirnya harus menerima konsekuensi berat ketika rakyatnya banyak yang terinfeksi. Pasalnya virus yang menginfeksi terbilang sangat berbahaya, hanya butuh waktu singkat untuk menemui ajal setelah terinfeksi.

7. The Handmaiden (2016)

Film lainnya berjudul The Handmaiden yang rilis pada tahun 2016. Film yang mengambil kisah dari sebuah novel ini juga menjadi salah satu film Korea terbaik. Walaupun memiliki kontroversi, film ini sukses ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada 2016, bahkan mendapatkan komentar positif.

Baca juga:  Met Gala: Sejarah hingga Kabar Terkini Tahun 2024, Ada Tema Baru!

Film ini bergenre erotic psychological thriller, mengisahkan tentang kehidupan sekelompok orang beda kelas saat Korea berada di bawah kolonial Jepang. The Handmaiden berhasil membawa pulang piala Film Internasional Terbaik dalam beberapa ajang penghargaan lain seperti, British Academy Film Awards, Austin film Critics Association, Boston Society of Film Critics, Chicago Film Critics Association, dan masih banyak lagi.

8. Train to Busan (2016)

Tidak hanya Amerika saja, film zombie dari Korea juga tak kalah keren. Film Train to Busan menjadi salah satu film populer, bukan hanya di Korea tetapi juga mancanegara. Bahkan film ini menjadi pencetak rekor film Korea pertama pada 2016 yang memecahkan rekor lebih dari 10 juta penonton.

Film yang menceritakan tentang wabah zombie ini sangat menarik untuk ditonton. Kalian akan disuguhkan adegan bertahan hidup dan mengalahkan orang-orang yang terkena wabah zombie. Film ini juga menjadi salah satu film Korea terbaik dan masih banyak ditonton hingga saat ini.

9. My Annoying Brother (2016)

Tertawa sekaligus menangis, dua kata tersebut merangkum kesan dari film berjudul My Annoying Brother. Untuk kamu yang memiliki seorang kakak yang menyebalkan, pasti kamu tahu betul suka dukanya.

Setiap hari tak pernah absen bertengkar, tapi diam-diam saling menyayangi. Film ini disutradarai oleh Kwon Soo-kyung yang juga menjadi sutradara dalam film Miracle in Cell No. 7.

10. Parasite (2019)

film korea terbaik

Film terbaik Korea yang terakhir yaitu Parasite yang tayang pada tahun 2019. Film ini begitu populer hingga berbagai negara, termasuk Indonesia. Film yang memiliki cerita menarik ini akan membuat kita diberikan pandangan terhadap hidup orang-orang dari kelas sosial yang berbeda.

Film Parasite juga memberikan kisah ketidakadilan dan kesulitan dari perspektif pihak yang lemah. Dari awal kalian akan dibuat terpana dengan cerita di film Parasite ini. Tentu saja film ini menjadi film Korea terbaik, hingga menjadi film yang direkomendasikan hingga saat ini.

Begitu suksesnya, film Parasite sudah mendapatkan penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes Palme d’Or, Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globes 2020, Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture di SAG Award, dua piala di BAFTA Award, hingga empat Piala Oscar.

Itulah sepuluh film Korea terbaik Korea yang populer dan masih banyak ditonton hingga saat ini. Jadi, mau nonton yang mana dulu, nih?

Thia Destiani

Share