10 Hal Menarik dari YouTube Rewind Indonesia

Setelah tak muncul pada 2019, Youtube Rewind Indonesia 2020 akhirnya resmi dirilis pada Senin, 29 Desember tahun lalu. Video ini berisi kilas balik berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia selama tahun 2020.

Perlu diingat video ini bukanlah YouTube Rewind yang diproduksi oleh Google. Seperti yang dikutip dari Variety, sebelumnya perusahaan itu menyatakan tak menyelenggarakan Youtube Rewind karena sejumlah peristiwa yang terjadi di tahun 2020, termasuk pandemi COVID-19. Dalam keterangan video, para pembuat juga menyatakan tidak terafiliasi dengan Youtube maupun Google.

Video tersebut diinisiasi oleh beberapa Youtuber Indonesia seperti skinnyindonesian24 (Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez), Chandra Liow, Aulion, dan Nessie Judge. Pembuatan video ini memerlukan waktu yang tak singkat. Dalam Instagram Story, Aulion mengatakan memerlukan waktu tiga bulan untuk memproduksi Rewind Indonesia 2020.

youtube rewind

YouTube Rewind Indonesia 2020 ini tak hanya merangkum segala hal yang trending tetapi penuh makna serta menampilkan para YouTuber muda hingga lama. Rewind Indonesia mendapat sambutan positif dari para warganet. Hingga artikel ini ditulis, video sudah ditonton lebih dari 27 juta kali dan kemungkinan akan bertambah.

Video YouTube Rewind Indonesia yang saat ini masih banyak dilihat ini bahlan telah mendapat banyak video reaksi dari YouTuber dalam dan luar negeri. Lalu, apa sih yang menarik dari YouTube Rewind Indonesia ini? nah, sambil nemenin kamu rebahan, yuk simak sembilan daftar menarik berikut ini.

1. Youtube Rewind Indonesia Penuh Makna 

Bukan tahun 2020 apabila tidak memasukkan pandemi COVID-19 dalam kaleidoskop. Kondisi ini ditampilkan dengan penuh emosional. Bagaimana masyarakat bahu membahu membantu sesama di tengah bencana, pernikahan, dan proses wisuda yang harus berjalan virtual. Para tenaga kesehatan yang menahan diri bersua dengan keluarga demi menyembuhkan corona juga menjadi adegan pilu yang ikut terangkum.

Baca juga:  12 Judul Film Angga Yunanda yang Wajib Banget Kamu Tonton

2. Medley Lagu-Lagu Hits

Sejak awal Youtube Rewind Indonesia dimulai, sudah disuguhkan dengan lagu-lagu yang populer di tahun 2020. Mulai dari “Savage Love”, “Stuck With You”, “Can’t Take My Eyes off You”, “Play Date”, “Dynamite”, “Hareudang”, “Boss Bitch”, “Maafkan Aku #Terlanjur Mencinta”, hingga “Keke Bukan Boneka”.

3. Cover Dance

youtube rewind

Dalam video ini juga diperlihatkan cover dance dari dua grup ternama K-Pop yang viral di tahun 2020, BTS dengan lagu “Dynamite” dan BLACKPINK dengan “How You Like That”.

4. Hal-Hal Viral

Dari drama Korea yang viral seperti Nam Joo Hyuk dan Kim Sun Ho dari drama Start-Up, Bu Tejo, Han So Hee dari drama The World of the Married, aktor India yang meninggal Sushant Singh Rajput, uang Rp75.000 yang sempat jadi perburuan, sampai lagu “Lathi”.

5. Konten YouTube

Di video yang diinisiasi oleh Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion, dan Nessie Judge ini diperlihatkan beberapa bagian konten YouTube Jurnalrisa, Podcast Deddy Corbuzier, Demian Aditya Channel

6. Merangkum Berbagai Peristiwa

Ada juga parodi dari beberapa peristiwa yang sempat hangat dibicarakan, seperti insiden mikrofon dimatikan, atau ketika Najwa Shihab menggelar dialog kursi kosong. Selain itu juga tidak ketinggalan yang akhirnya mengubah keseharian semua orang sepanjang tahun 2020, pandemi COVID-19. Penggunaan video conference juga digambarkan dalam video ini, yakni saat orang-orang tersebut tetap ingin terhubung dengan keluarga maupun teman. Termasuk juga terdapat adegan angkatan 2020 yang harus di wisuda lewat dunia maya.

Baca juga:  10 Film Korea Terbaik Ini Cocok untuk Maraton Seharian

7. Bendera Merah Putih

Bagian ini juga banyak mendapat sorotan dari netizen, dimana dari berbagai layar yang menampilkan wajah para YouTuber Tanah Air, kemudian berubah menjadi warna merah dan putih, sebagai bendera Indonesia. Tak sedikit yang mengatakan jika menonton video ini bisa membuat mereka merinding.

8. Banyak YouTuber Meramaikan Video

Mulai dari Edho Zell, Dyland PROS, Frost Diamond, Arnold Poernomo, Willgoz Kitchen, Denny Caknan, Jurnalrisa, Demian Aditya Channel, Indomusikgram, Gilang Dirga, Denny Sumargo, Ria Ricis, Gritte Agatha, Vidi Aldiano, Deddy Corbuzier hingga Hanin Dhiya.

9. YouTuber Lama

Salah satu adegan yang tak disangka warganet adalah ketika dimunculkan beberapa cuplikan video dari para YouTuber lawas. Seperti Bayu Skak, Raditya Dika, Young Lex, Devina Aurel, dan masih banyak lagi. Adegan ini pun menarik perhatian warganet di Twitter.

10. Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Pamit?

Adegan akhir di mana Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez menatap kamera sambil memegang handle pintu. Keduanya terlihat tersenyum, seakan memberi isyarat keduanya pamit dari YouTube.