10 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa

Pernahkah kamu sibuk mencari rekomendasi film berkualitas yang bisa menemani kamu menghabiskan waktu? Apalagi kalau kamu berencana nobar dengan orang-orang terkasih, kamu pasti perlu rekomendasi film yang nggak cuma dibintangi aktor papan atas tapi juga harus bisa dinikmati semua orang.

Berbicara soal rekomendasi film, beberapa tahun yang lalu sekelompok peneliti dari University of Turin di Italia mengungkapkan fakta menarik tentang film-film yang punya pengaruh kuat sepanjang masa. Berdasarkan data dari situs IMDB, para peneliti tersebut merangkum sekitar 40.00 lebih film untuk disaring. Tolok ukur yang digunakan diantaranya adalah seberapa sering film tersebut dijadikan referensi untuk film lain hingga berpengaruh pada penonton masa lalu dan masa kini.

Mayoritas diantaranya memang dikenal sebagai film lawas. Meski begitu, cerita-cerita yang menjadi dasar film memiliki pengaruh yang sangat kuat.  Seperti apa hasil penelitian dari University of Turin? Berikut ini daftar sepuluh film terbaik dan berpengaruh sepanjang masa yang bisa jadi rekomendasi film untuk tontonanmu di akhir pekan ini.

1. The Wizard of Oz (1939)

The Wizard of Oz adalah sebuah film fantasi yang berdasarkan novel tahun 1900 The Wonderful Wizard of Oz karya pengarang L. Frank Baum, dirilis pada tahun 1939. Film yang disutradarai oleh Victor Fleming ini pemainnya antara lain adalah Judy Garland, Ray Bolger, Jack Haley, Bert Lahr, dan Frank Morgan, dengan Billie Burke, Margaret Hamilton, Charley Grapewin, Clara Blandick dan Singer Midgets sebagai Munchkins. 

Salah satu rekomendasi film terbaik ini sebenarnya memuat kisah klasik tentang seorang gadis bernama Dorothy yang diabaikan oleh paman dan bibinya. Dorothy yang tidak bahagia dengan kehidupannya kemudian terbawa ke suatu tempat antah berantah yang disebut dalam legenda The Land of Oz.

Perlu kamu ingat, ini adalah film klasik. Cerita dan konfliknya mungkin sangat klise. Namun, film The Wizard of Oz yang rilis pada tahun 1939 ini menjadi jembatan bagi film-film fantasi masa kini. Bisa kamu bayangkan, pada tahun 1939, sekelompok orang kreatif mampu menghasilkan film penuh warna dan menambahkan drama fantasi untuk membangun kekuatan ceritanya. Para peneliti dari University of Turin menyebutkan, The Wizard of Oz sebagai film nomor satu yang mampu memberikan pengaruh hingga kini.

Baca juga:  11 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Bikin Baper

2. Star Wars (1977)

Jika kamu termasuk generasi millennial pasti tidak asing dengan film Star Wars. Judul yang hampir selalu masuk rekomendasi film terbaik ini ternyata punya sejarah panjang. Star Wars adalah film yang memberikan pengaruh sangat besar untuk dunia hiburan hingga kini. Kekuatan film ini adalah bagaimana di masa lalu, kehidupan di luar angkasa menjadi sebuah hal yang sangat mengangumkan. Membuat siapa pun pembuat film ini di masa lalu berhasil menggiring setiap tim kreatif dan sineas masa kini menghadirkan film dengan gambaran yang sangat sempurna.

Tidak cukup sampai di situ, kekuatan karakter-karakter dari Star Wars seakan tidak akan lekang oleh waktu. Film Star Wars menjadi salah satu cerita pilihan yang tidak akan pernah bosan untuk ditonton.

3. Psycho (1960)

Tak ada yang menyangsikan tangan dingin Alfred Hitchcock. Seorang sutradara yang sangat dikenal dengan narasi-narasi misterinya yang menegangkan. Diadaptasi dari novel Robert Bloch dengan judul yang sama, film ini merupakan sebuah prototipe bagaimana sutradara di masa kini membangun ketegangan demi ketegangan psikologis.

Alur cerita, karakter dan tentu saja ketegangan yang dibangun di sepanjang cerita menjadikan film Psycho jadi film thriller psikologis terbaik sepanjang masa.

4. King Kong (1933)

Hingga kini ada beberapa versi film King Kong yang diproduksi. Namun, tidak ada yang mengalahkan King Kong yang dibuat pertama kali pada tahun 1933. Untuk sebuah film fantasi petualangan pada masa itu, gabungan pengarah musik hingga visual efek menjadikan King Kong yang saat itu diperankan oleh Fay Wray, Robert Armstrong, dan Bruce Cabot memberikan pengaruh yang luar biasa untuk film-film King Kong di masa kini.

5. 2001: A Space Odyssey (1968)

Stanley Kubrick memang mampu menempatkan sebuah cerita film yang dibuat dengan memperhitungkan hal-hal detail hingga bagaimana kehidupan di masa depan. Rilis pada tahun 1968, film ini menggambarkan bagaimana penggunaan teknologi yang kamu gunakan saat ini.

Mulai dari perangkat komputer hingga teknologi AI seperti Siri dan penampilan video call sudah ditampilkan sejak tahun 1968. Hal ini menjadikan film  2001: A Space Odyssey sebagai salah satu film fiksi terbaik sepanjang masa.

6. Metropolis (1927)

Lagi-lagi film fantasi, atau sudah bisa disebut sebagai film Sci-fi namun dibalut dengan kisah klasik secara cerita dan efek visualnya. Berjudul Metropolis film ini mengisahkan tentang kehidupan kota modern di tahun 2016.

Baca juga:  9 Superhero Indonesia yang Tak Kalah dengan Jagoan Hollywood

Sekelumit cerita pada masa tersebut seperti mengisahkan hal-hal yang terjadi pada tahun 2016 sebenarnya. Kehidupan manusia yang terpecah dan tidak rukun. Gedung-gedung tinggi pecakar langit dan kemewahan bisa kamu temukan di film ini.

Salah satu yang menjadi alasan film ini dipilih sebagai film terbaik sepanjang masa adalah bagaimana realita masa kini digambarkan tidak jauh berbeda dengan realita di tahun 2016. Ditambah lagi dari kaum pekerja yang sebenarnya menjadi kunci dari kemewahan di tahun 2016.

7. Dracula (1931)

Dracula adalah sosok yang jadi ikon film horor. Konsep Dracula yang memang klasik berhasil dihadirkan di sepanjang film yang rilis pada tahun 1931. Bagaimana kastil-kastil tua hingga gelapnya konsep sebuah film berhasil diterjemahkan dengan baik. Menjadikan film Dracula sebagai film yang ikonik dan tidak akan bisa dilepaskan dari salah satu film horor terbaik sepanjang masa.

8. Gone With the Wind (1939)

Rekomendasi film selanjutnya adalah film berjudul Gone With the Wind yang dirilis tahun 1939. Lagi-lagi perang menjadi latar sempurna untuk membahas isu rasial. Film Gone With the Wind adalah salah satunya. Namun, dibalik cerita ini, terselip kisah cinta dan bagaimana isu perbudakan. Para bangsawan menari diatas derita kaum pekerja yang bersusah payah membangun sebuah ide dan gagasan. Dua pandangan berbeda yang bisa memicu bagaimana sebuah perselisihan bisa terjadi.

9. Jaws (1975)

Film thriller garapan sutradara Steven Spielberg ini mampu meciptakan bagaimana seekor hewan buas mampu membuat ketengangan demi ketegangan di sepanjang film. Film ini begitu spesial sehingga mampu menampilkan bagaimana sebuah teror bisa diciptakan di mana saja dan kapan saja.

Penonton di zaman dulu akan benar-benar dibuat ngeri menyaksikan film ini. Selain itu film Jaws juga menginspirasi film-film yang mengishakan bagaimana binatang buas menbar teror di masa kini.

10. Frankenstein (1931)

Terobsesi bermain-main dengan pikiran dan batas antara manusia dan Tuhan menjadikan cerita Frankenstein seperti mitos yang terus digali. Seperti yang sudah kamu tahu film ini sudah dibuat berulang kali dengan berbagai versi. Namun, ada yang menjadikan Frankenstein versi tahun 1931 benar-benar sangat ikonik.

Karakter, kengerian dan asal musul makhluk mengerikan bernama manusia dan Tuhan menjadikan film ini memberikan pengaruh yang kuat bagi film-film sejenisnya di masa kini.

Bagaimana rekomendasi film kali ini? Kamu pasti penasaran kan? Meski sebagian besar merupakan film jadul, tapi daftar rekomendasi film di atas akan memperkaya wawasanmu seputar dunia perfilman. Selamat menonton!