11 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bisa Bikin Baper

Siapa bilang film berkualitas cuma milik Hollywood? Film Indonesia juga banyak yang bagus, lho. Buktinya banyak film dalam negeri yang menduduki box office di biokop lokal. Nah, salah satu genre film Indonesia yang digemari adalah drama yang paling bisa bikin baper penontonnya.

Meski ada banyak banger film Indonesia terutama film drama yang telah diproduksi, tapi berikut ini ada sebelas film Indonesia terpilih yang kami siapkan buat kamu. Kira-kira kamu udah pernah nonton yang mana? Yuk cek dulu di sini.

1. Dilan 1990 (2018)

Film Indonesia yang satu ini merupakan salah satu favorit anak muda zaman sekarang. Perlu kamu tahu, film Dilan 1990 yang diadaptasi dari novel populer karya Pidi Baiq ini juga masuk jajaran film terbaik. Film Indonesia ini mengangkat kisah romansa anak-anak SMA, yakni Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadan dan Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla, dengan latar belakang cerita di Bandung era tahun 90-an.

Banyaknya ungkapan puitis dan kisah drama di dalamnya, membuat Dilan 1990 seakan menghipnotis para penikmat novel dan film Indonesia sepanjang cerita. Film Dilan 1990 masuk dalam jajaran box office film Indonesia dengan mendapatkan total 6.315.664 penonton sejak dirilis tahun 2018 lalu.

2. Dua Garis Biru (2019)

Film Indonesia ini sempat menjadi salah satu film yang menuai kontroversi bahkan sebelum perilisan resminya. Namun, nyatanya film Dua Garis Biru berhasil menjadi salah satu film favorit masyarakat Indonesia. Mengambil latar belakang tema anak sekolah, film Indonesia ini bukan hanya menawarkan kisah cinta para pemain utamanya saja tapi juga pesan moral di dalamnya.

Bukan hanya memfilmkan kisah cinta remaja, film Indonesia ini justru menonjol karena membahas tentang pendidikan seks untuk anak, kehidupan Si kaya dan Si miskin, realita pernikahan dini, dan lain-lain. Film ini bahkan berhasil mendapat beragam tanggapan positif dari para penonton dan kritikus film.

3. Cek Toko Sebelah (2016)

Masih dari genre yang sama seperti film Indonesia sebelumnya, Cek Toko Sebelah merupakan film garapan sutradara Ernest Prakasa yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Menariknya, ide cerita film ini dibuat berdasarkan pada realitas etnis Tionghoa di mana anak-anak mereka yang sudah beranjak dewasa dan kuliah tinggi justru berakhir bekerja di toko orang tuanya sendiri.

Baca juga:  8 Fakta Menarik Alice in Borderland Season 2, Lebih Sadis!

Saking digemarinya, film ini bahkan berhasil mendapatkan sembilan nominasi dari berbagai ajang penghargaan termasuk film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik, dan masih banyak lagi.

4. Habibie & Ainun (2012)

Film Indonesia ini mengikasahkan tentang perjalanan hidup Habibie dan istrinya, Ainun. Setelah lama menuntut ilmu di Jerman semenjak kematian ayahnya di tahun 1955, Bacharuddin Jusuf Habibie, atau yang akrab dengan nama panggilan Rudi yang diperankan oleh Reza Rahadian, kembali ke Indonesia pada tahun 1962 untuk meninggalkan sementara risetnya dalam meraih gelar dokter di bidang teknik akibat penyakit tuberkulosis yang dia derita. 

Saat kepulangannya itulah, Rudi bertemu kembali dengan Hasri Ainun Besari, atau yang lebih akrab disapa dengan Ainun yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, gadis yang juga seorang dokter dan dahulu pernah menjadi teman satu sekolah Rudi ketika masa sekolah menengah pertama. Sama-sama saling terpikat satu sama lain, Rudi dan Ainun akhirnya menikah. Tak lama setelahnya, Rudi kemudian membawa Ainun untuk hidup bersamanya di Jerman. Namun kecintaan Rudi pada tanah airnya telah membuatnya bertekad untuk membangun sebuah pesawat terbang untuk negaranya.

Kesempatan itu akhirnya datang pada tahun 1973 ketika Presiden Republik Indonesia saat itu, Soeharto, memintanya untuk kembali ke Indonesia dan mengaplikasikan kecerdasannya untuk membangun negara – yang juga menjadi awal keterlibatan Rudi dalam dunia politik Indonesia.

5. Laskar Pelangi (2008)

Film Indonesia selanjutnya adalah Laskar Pelangi yang menceritakan tentang perjuangan 11 orang anak kecil yang berusaha meraih mimpi mereka. Jalan terjal pun harus mereka lalui untuk mewujudkannya, terutama karena keterbatasan ekonomi dan sulitnya kondisi geografis yang mereka alami.

Laskar Pelangi adalah film Indonesia yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata. Film Indonesia satu ini berhasil mendapatkan 4.719.453 penonton.

6. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Marchella FP, film Indonesia ini bercerita tentang sebuah keluarga yang tampak terlihat bahagia dan baik-baik saja. Namun, di balik itu semua kakak-beradik; Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda) rupanya menyimpan pilu masing-masing. Hingga pada akhirnya mereka bertiga berontak dan sebuah rahasia keluarga pun terungkap. Apakah itu? Lebih baik kamu nonton aja sendiri, ya!

7. Janji Joni (2005)

Film Indonesia ini bercerita tentang pengantar rol film bernama Joni (Nicholas Saputra) dari bioskop satu ke bioskop lainnya. Suatu hari ia melihat penonton wanita yang sangat canitk yang diketahui bernama Angelique (Maria Renata).

Baca juga:  Met Gala: Sejarah hingga Kabar Terkini Tahun 2024, Ada Tema Baru!

Joni ingin berkenalan dan mengetahui nama wanita tersebut tanpa mempedulikan cowok yang berada di samping wanita itu (Otto, Surya Saputra). 

Wanita tersebut hanya mau memberitahu namanya jika Joni dapat memenuhi janjinya untuk mengantar rol film yang akan ia tonton tepat waktu. Cerita mulai seru ketika memperlihatkan perjuangan Joni untuk memenuhi janjinya tersebut.

8. Ada Apa Dengan Cinta? (2002)

Cinta yang diperankan oleh Dian Sastro merupakan gadis populer di sekolahnya yang jatuh cinta kepada Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Meski di akhir cerita perasaan cinta mereka bersatu, namun mereka harus dipisahkan oleh jarak.

Rangga akhirnya pindah ke New York, meninggalkan Cinta yang menyusulnya di bandara Jakarta. Rangga tetap mencintai Cinta. AADC bisa disebut sebagai film Indonesia yang menandai kebangkitan film Indonesia di tahun 2000-an.

9. 5cm (2012)

Film Indonesia berjudul 5 cm bercerita tentang lima sahabat, Genta, Zafran, Arial, Ian dan Riani yang mulai bosan dengan kehidupan pertemanan mereka yang begitu-begitu saja. Pada suatu hari, Genta mempunyai ide untuk merubah keadaan tersebut. Genta sudah mempunyai ide untuk merayakan pertemuan mereka di tiga bulan yang akan datang.

Genta mengirimkan sms yang langsung diterima oleh keempat teman-temannya, berisi instruksi untuk berkumpul di stasiun senen dengan membawa peralatan-peralatan tertentu. Saat sudah bertemu di stasiun senen dan naik kereta, terungkap lah kemana tujuan mereka: Mahameru. Setelah nonton film Indonesia ini, kamu mungkin tertarik untuk mendaki gunung Semeru dengan pasangan kamu.

10. Posesif (2017)

Lala yang diperankan oleh Putri Marino adalah seorang atlet loncat indah yang masih duduk di bangku SMA. Yudhis yang diperankan oleh Adipati Dolken merupakan murid baru yang secara tak sengaja berkenalan dengan Lala dengan cara yang lucu dan tak terlupakan bagi keduanya. Dari situlah muncul rasa cinta yang membuat keduanya memutuskan untuk berpacaran. Lala menganggap Yudhis sebagai cinta pertama yang akan segera berlalu, namun Yudhis ingin hubungan ini menjadi selamanya. 

Bagi kamu yang sudah lelah dengan kisah remaja monoton dan berpola sama, film Indonesia ini akan memberikan ketegangan dan emosi yang sangat berbeda bagi kamu para kawula muda. 

11. Eiffel I’m in Love (2003)

Film ini menceritakan seorang gadis 15 tahun bernama Tita yang diperankan oleh Shandy Aulia yang harus berhadapan dengan perjodohan dengan seorang anak laki-laki dari Perancis bernama Adit yang diperankan oleh Samuel Rizal. Tita yang memiliki sifat kekanak-kanakan dan polos, sudah punya pacar. Sementara itu, Adit merupakan orang yang cuek dan kasar.

Sepintas, keduanya sama sekali tidak cocok, dan ribut setiap saat. Namun, mereka berdua semakin akrab seiring berjalannya waktu. Pada waktu saat mereka menyadari bahwa mereka mencintai satu sama lainnya, dan Adit harus berangkat pulang ke Perancis.

Nah, itu dia sebelas film Indonesia terbaik sepanjang masa yang bisa bikin kamu baper. Dari sekian banyak film di atas, mana aja nih yang sudah kamu tonton?