11 Surga Pemandangan Bawah Laut Indonesia yang Menakjubkan

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ratusan pulau dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Indonesia menjadi surga pemandangan bawah laut untuk kamu yang menyukai snorkeling dan diving. Kamu akan mendapatkan kesenangan dengan menyelam di antara ribuan ikan-ikan cantik, melihat beraneka ragam terumbu karang, dan biota laut.

Bermodalkan keindahan pemandangan bawah laut, membuat Indonesia menjadi salah satu negara favorit dan wajib dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menyalurkan hobi menyelam dan snorkeling. Meski spot menyelam populer sudah banyak diekspos, ternyata masih ada banyak pemandangan bawah laut di pulau Indonesia yang masih jernih dan bebas sampah. Kamu pun bisa menikmati panorama langka ini dengan puas.

Surga pemandangan bawah laut Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke. Hal itu menjadikan Indonesia tak hanya kaya akan wisata alam di daratan yang luar biasa, tapi juga eksotisme bawah laut yang memesona. Berikut ini adalah surga alam bawah laut Indonesia yang telah diakui oleh dunia dan wajib banget kamu kunjungi.

1. Raja Ampat

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Tempat dengan pemandangan bawah laut yang cantik ini terletak di ujung barat laut Papua dan ketenarannya sebagai situs menyelam paling terkenal tak hanya terdengar di Indonesia, tapi sudah merambah ke negara-negara lain. 

Raja Ampat memiliki kehidupan laut di sini sangat memukau dan terdiri dari 1.500 pulau kecil yang sangat indah. Selain memiliki pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga punya 1.200 spesies ikan. Bahkan biota laut Raja Ampat digadang-gadang sebagai yang terbesar di dunia. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat hiu paus secara langsung di tempat ini. 

Para penyelam yang datang ke Raja Ampat menyebut tempat ini sebagai Frontier Diving. Istilah tersebut diberikan kepada Raja Ampat karena di tempat ini menyajikan pengalaman menyelam yang unik, yang akan membawamu melewati laut yang jernih, pulau-pulau yang masih perawan, dan pemandangan cantiknya hamparan langit tak terbatas.

2. Taman Nasional Bunaken

Keindahan pemandangan bawah laut dari taman nasional yang dilindungi ini masih menjadi salah satu objek menyelam yang digemari di Indonesia. taman nasional bunaken terletak di Perairan Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pemandangan bawah laut yang menakjubkan akan menghipnotis mata kamu selama menyelami perairan ini. 

Saking bagusnya, menyelam berjam-jam pun rasanya kurang puas. Melihat jutaan ikan menari di dekatmu dan menyaksikan keindahan terumbu karang serta biota laut lainnya membuat kamu lupa daratan.

Baca juga:  Pemandian Air Panas Cisolok, Keindahan Alami dari Sukabumi

3. Kepulauan Seribu

Tempat wisata dengan pemandangan bawah laut terbaik selanjutnya adalah Kepulauan Seribu. Tempat dengan pulau-pulau eksotis ini merupakan andalan warga kota Jakarta untuk melepas penat dan menyegarkan diri. Hamparan pasir pantai yang berpadu dengan air laut yang jernih hingga bawah laut yang dipenuhi terumbu karang dan hewan-hewan laut berwarna-warni akan membius para wisatawan yang mengunjunginya.

Beberapa pulau yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah antara lain Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Semak Daun. Jika kamu ingin melepas lelah dengan menyelam atau snorkeling, maka Kepulauan Seribu jawabannya.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya menjadi rumah bagi Badak Jawa yang langka. Tempat ini juga memiliki beberapa pulau dengan pemandangan bawah laut yang indah. Selain bisa mengamati kehidupan satwa liar, menyusuri hutan dan pantai serta menyusuri sungai dengan kano, di taman nasional ini kamu juga bisa snorkeling dan diving di beberapa pulau yaitu Pulau Peucang, Pulau Panaitan, dan Pulau Bandul.

5. Taman Laut Kepulauan Togean

Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pantai dengan pasir putih ini memiliki daya tarik pemandangan bawah laut yang mampu menghipnotis para pelancong dari berbagai belahan dunia.

Indah dan seperti nirwana kecil yang ada di Indonesia adalah kesan pertama yang nantinya akan kamu dapatkan ketika mengunjungi taman laut yang satu ini. Kepulauan Togean sendiri tercatat dalam wilayah Coral Triangle region Indonesia–Filipina, yaitu wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang. Nah, sudah kebayang kan bagaimana indahnya terumbu karang di sana?  

6. Taman Laut Kepulauan Derawan

Kepulauan yang terletak di Kalimantan Timur ini bisa dibilang sulit untuk dijangkau. Bahkan, untuk memudahkan mobilisasimu kamu disarankan untuk mengikuti tour menuju Pulau Derawan agar liburanmu terasa lebih menyenangkan. Namun, medan yang menantang dijamin akan terbayar lunas ketika kamu sampai di lokasi tujuan. Pemandangan bawah laut di Pulau Derawan ini, seketika akan meluruhkan rasa lelahmu dan bisa jadi akan membuat kamu enggan untuk naik ke permukaan.

Taman Laut Kepulauan Derawan memiliki 28 dive spot dan menempati urutan ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional. Wow, keren ya! Kamu juga bisa menikmati indahnya berbagai terumbu karang dan 832 spesies ikan karang di sana.

7. Taman Laut Wakatobi

Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau yang menjadi surga pemandangan bawah laut. Taman Laut Wakatobi menjadi salah satu di antara sekian banyak pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang tiada duanya. Nama Wakatobi didapat dari empat buah pulau terbesar di kawasan tersebut yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi memiliki keindahan dan pesona alam yang tiada duanya. Ketika mengunjungi Wakatobi, kamu akan disuguhkan surga pemandangan bawah laut yang menakjubkan, yang bikin kamu akan terus ingin kembali ke sana. 

Baca juga:  5 Aplikasi Edit Video Terbaik, Cocok untuk YouTuber Pemula!

Tempat ini memiliki kedalaman laut mencapai 1.044 meter di bawah permukaan laut, tidak heran apabila Wakatobi menjadi primadona destinasi favorit bagi para penyelam baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

8. Taman Laut Takabonerate

Surga pemandangan bawah laut selanjutnya masih dari Sulawesi. Kali ini kamu akan meluncur ke Sulawesi Selatan dan mengunjungi salah satu taman laut yang luar biasa indah ini. Tempat ini bernama Taman Laut Takabonerate. Taman laut ini terletak di Sulawesi Selatan, yaitu sekitar 300 km dari Kota Makassar. Berkunjung di Taman Laut Takabonerate selain kamu bisa menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa diving atau snorkeling dan bertemu dengan berbagai jenis makhluk laut seperti ikan nudi, cuttlefish, barracuda, pari, hingga bump head fish di kedalaman satu meter.

9. Taman Laut Karimunjawa

Kepulauan yang terletak di laut Jawa ini sudah terkenal keindahannya hingga mancanegara. Kepulauan dengan pemandangan bawah laut surgawi ini bahkan sering disebut Maldives-nya Indonesia. Taman Laut Karimunjawa, menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Di Karimunjawa ini, kamu akan mendapatkan pengalaman berenang bersama ikan hiu yang tidak akan terlupakan. Indahnya pemandangan di atas laut dengan hamparan pasir putih dan air laut biru jernih membuat Karimunjawa semakin memesona. Beberapa spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Karimunjawa antara lain, Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Kecil, dan Pulau Menjangan Kecil.

10. Taman Laut Banda

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. Taman Laut Banda yang merupakan salah satu taman laut dengan pemandangan bawah laut terindah di dunia yang memiliki 310 jenis karang pembentuk terumbu. 

Di taman laut ini juga terdapat sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu, termasuk beberapa jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan seperti ikan napoleon. Berkat keindahannya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia.

11. Pantai Nglambor

Meski pantai-pantai di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan ombaknya yang ganas karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di pesisir selatan Yogyakarta, ternyata ada tempat yang bisa digunakan untuk snorkeling dan diving yaitu Pantai Nglamblor. Berbeda dengan pantai-pantai lain di selatan Yogyakarta, Pantai Ngamblor memiliki ombak yang tenang karena di tengah laut ada dua bukit karang yang berfungsi sebagai pemecah ombak dan penahan gelombang. Karena ombak di pantai ini sangat bersahabat, kamu dapat dengan tenang menikmati indahnya pemandangan bawah laut di pantai ini.

Itu tadi sebelas surga pemandangan bawah laut paling menakjubkan di Indonesia. Jika kamu berencana melakukan diving atau snorkeling, jangan lupa untuk memasukkan spot-spot ini di daftarmu ya.