Rekomendasi 12 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak dan Populer

oleh oleh khas bandung

Mencari oleh-oleh khas Bandung adalah salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat mengunjungi kota ini. Bandung sendiri terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Bahkan saat ini makanan seperti batagor, seblak, cilok, cimol, dan lain-lain begitu laris dan sudah tersebar di daerah-daerah lain di luar Kota Bandung. Dengan demikian, terbukti bahwa kuliner atau makanan Kota Kembang ini bisa diterima di berbagai daerah di Indonesia.

Jika setelah liburan kamu bingung mencari tempat membeli oleh oleh khas Bandung, kamu bisa mengunjungi toko pusat oleh-oleh Bandung seperti yang berada di Jalan Cihampelas, Pasar Baru Trade Center, Pasar Jumat Pusdai, Pasar Kaget Gasibu/Pasar Kaget Monju, Pasar Gedebage, dan lainnya. Nah, untuk membantumu memilih oleh-oleh khas Bandung paling enak dan populer, berikut kami berikan informasinya buat kamu. Keep scrolling, ya!

Berikut ini 12 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

1. Peuyeum

oleh oleh khas bandung

Jika ditanya, makanan khas Bandung apa yang berjuluk ”jajanan sejuta umat”, maka jawabannya adalah peuyeum atau tape. Peuyeum adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong dengan rasa yang manis dan legit. Selain bisa dimakan langsung, peuyeum juga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat colenak, kue, es campur, hingga bolen.

Tidaklah sulit menemukan peuyeum di Bandung. Bentuknya yang khas dan mudah dikenali yaitu putih dan panjang, membuatmu mudah menemukannya di toko atau kios. Tempat yang menyediakan peuyeum, di antaranya di sepanjang jalan Cileunyi sebelum masuk tol Cipularang, atau di kawasan Jalan Cihampelas apabila di dalam kota Bandung, dan di sekitar terminal Leuwipanjang.

2. Surabi

oleh oleh khas bandung

Di antara banyaknya kuliner khas Bandung yang harus kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah surabi. Jika dulu surabi dikenal sebagai jajanan tradisional dan kurang diminati, maka kini berbeda.

Inovasi berupa berbagai toping menarik di atasnya menjadikan surabi sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari Bandung. Surabi juga cocok dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh untuk menambah sensasi nikmat rasanya.

3. Kue Balok Brownies Mahkota

Kue balok kini sedang jadi salah satu pilihan jajanan paling populer di Bandung. Warung-warung yang menjajakan berbagai varian kue balok dengan berbagai macam rasa jadi tempat nongkrong masyarakat Bandung. Salah satu varian yang populer adalah Kue Balok Brownies Mahkota. Kue Balok ini punya ciri khas rasa brownies yang kaya dan agak pahit. 

Tak terlalu manis sehingga tak membuat lidah terasa kelu saat memakannya. Tak hanya itu saja, wangi coklat yang khas dan lelehan kue ketika masuk ke mulut jadi alasan kue balok ini wajib kamu coba dan dijadikan oleh-oleh. Setiap satu kotak kue balok brownies dijual seharga Rp 25.000 – Rp 30.000. Gerai Kue Balok Brownies Mahkota ada di Jalan Sabang, No. 27, Bandung dan mulai buka setiap hari pukul 09.00 – 20.00 WIB.

4. Pisang Bolen Kartika Sari

Oleh oleh khas Bandung pertama di daftar ini adalah pisang bolen Kartika Sari. Sebenarnya, toko ini menjual aneka yang tak kalah enak, tetapi bolen pisangnya menjadi menu andalan yang biasa diserbu oleh para pengunjung. Maklum, pisang bolen ini menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung yang sudah populer sejak tahun 1970.

Baca juga:  Ranu Kumbolo, Surga Sunrise dan Sunset di Kaki Mahameru

Resepnya yang dibuat secara turun temurun membuat cita rasa yang tetap lezat dari waktu ke waktu. Tak heran, jika rasa dari pisang bolen membuat para pembeli ketagihan dan tidak sabar untuk segera membeli kembali jajanan ini setelah habis disantap. Untuk varian rasanya, kamu bisa memilih beberapa di antaranya mulai dari cokelat, keju, dan durian.

Nah, bagi kamu yang berencana membelinya sebagai, tidak usah gusar karena kamu bisa dengan mudah menemukan outlet-outlet Kartika Sari di beberapa titik di kota Bandung. Mulai dari kantor pusatnya di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, Jalan Buah Batu, Dago, hingga di Jalan Ahmad Yani. Selain pisang bolen, kamu pun bisa menyantap aneka pastry dan kue-kue yang rasanya tidak kalah lezat seperti risoles, kroket, brownies, dan masih banyak lainnya.

5. Cireng

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah cireng. Hmm, kalau yang satu ini juga pasti kalian sudah tahu, kan? Cireng sendiri merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan yang terbuat dari campuran tepung kanji, air, merica, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang ini paling enak kalau dinikmati menggunakan bumbu rujak pedas atau bisa juga dengan sambal kacang sambil minum teh.

Menariknya, saat ini sudah banyak juga cireng dengan berbagai macam isian, seperti keju, daging ayam, daging sapi, dan sosis. Meskipun saat ini kita sudah bisa menemukan cireng di supermarket, tapi tidak ada salahnya membelinya langsung di tempat asalnya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

6. Baso Aci

Beberapa tahun ke belakang, baso aci semakin populer. Banyak warung-warung baso aci tersebar di penjuru kota Bandung. Tak hanya itu saja, baso aci pun kini populer dalam bentuk kemasan praktis yang cocok dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah Baso Aci Neng Geulis yang bisa kamu beli di Instagram dengan harga Rp 15.000 – Rp 20.000 per kemasan. 

Rasa baso aci yang asam pedas gurih, membuatnya cocok dinikmati saat suasana dingin dan sedang hujan. Isiannya termasuk baso aci isi daging dan kacang, sukro cikur, batagor siomay, cabai kering, bumbu jeruk, dan minyak bawang. Cara pembuatannya juga mudah. Baso aci hanya perlu direbus sebentar, lalu tuangkan air panas besar baso aci yang telah matang ke dalam mangkuk beserta isian lainnya serta bumbu di dalamnya.

7. Bolu Susu Lembang

Untuk oleh oleh khas Bandung yang satu ini, kehadirannya memang baru seumur jagung. Namun, bukan berarti kalah dengan oleh-oleh khas Bandung yang ada di daftar ini. Bolu Susu Lembang mulai muncul ke permukaan sejak Desember 2017. Bahan dasar olahannya yang terbuat dari susu menjadikan bolu ini sangat dan merepresentasikan Lembang sebagai peternakan sapi penghasil susu. Soal ketahanan, Bolu Susu Lembang bisa bertahan kurang lebih dari 3 hari pada suhu ruangan dan kurang lebih 1 minggu saat disimpan di lemari pendingin.

Baca juga:  7 Surga Tersembunyi Likupang, Elok dan Menakjubkan

Bolu Susu Lembang ini memiliki tiga varian yakni rasa original, susu vanila, dan susu cokelat. Bagi kamu yang memiliki uang pas-pasan, oleh oleh khas Bandung ini akan bersahabat dengan kantongmu. Harga eceran resminya dijual diharga 33 ribu rupiah untuk rasa original dan susu vanila dan 34 ribu untuk varian rasa susu cokelat.

8. Seblak

oleh oleh khas bandung

Belangan ini, seblak menjadi makanan populer dan kekinian yang banyak diminati. Makanan ini terbuat kerupuk basah yang dibumbui pedas serta diberi tambahan bahan lain.

Kalau kamu ingin menikmati makanan ini, tak perlu jauh-jauh datang ke Bandung. Kamu bisa membawa pulang seblak instan yang sudah dikemas rapi. Dengan begitu, ketika sampai tinggal diseduh.

9. Brownies Prima Rasa

Brownies Prima Rasa memiliki menu andalan berupa brownies panggang yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Bahkan untuk kamu para pecinta cokelat, jika bosan mengkonsumsi cokelat utuhan, kali ini bisa mencicipi varian tampilan cokelat dari brownies Prima Rasa. Lelehan cokelat dalam brownies selalu menggoda dan memiliki rasa khas serta tekstur yang sangat lembut menambah rasa nikmat saat mencicipinya. Kamu bisa datang langsung ke pusat toko Brownies Prima Rasa di Jalan Kemuning.

10. Kopi Aroma

Kopi Aroma jadi merk kopi paling legendaris dari Bandung. Kopi Aroma tak dijual di toko berbentuk kafe melainkan pabrik kopi langsung. Di sana dijual berbagai macam vairan kopi bubuk atau bijian. Biji kopi di kopi Aroma ini masih diproses dengan proses tradisional dan organik. Kopi Aroma diproses dengan peralatan tradisional membuat rasa kopi Aroma begitu khas. 

Untuk bisa mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi toko kopi Aroma di Jalan Banceuy, No. 51, Bandung. Harga yang dibanderol adalah sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 per seperempat kilogram. Toko Kopi Aroma buka setiap Senin – Sabtu pukul 08.30 – 14.30 WIB.

11. Gepuk Daging Sapi

Buat kamu yang belum tahu apa itu gepuk, makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris dan direbus hingga setengah matang, kemudian ditumbuk atau digeprek hingga lembut. Setelah itu, daging direndam bumbu dan santan, kemudian merebusnya kembali hingga meresap. Jika sudah meresap, daging diangkat dan digoreng dengan menggunakan sedikit minyak. Makanan ini biasanya akan lebih nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat dan juga sambal bawang. 

12. Tahu Bandung

Jika yang familier di telinga adalah tahu sumedang, berbeda dengan makanan khas Bandung yang satu ini. Ya, hanya berbeda namanya saja, Tahu Bandung. Kamu bisa membawa oleh-oleh berupa Tahu Bandung untuk buah tangan orang di kampung. Sebagai saran, ketika membeli Tahu Bandung, beli lah saat masih hangat agar saat sampai ke rumah rasanya masih enak. Salah satu Tahu Bandung yang cukup populer di kalangan traveler yaitu Tahu Susu Lembang yang berada di Jalan Lembang No. 117.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru