Pantai Pasir Putih yang Seru untuk Liburan, Ini 12 Daftarnya

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata pantai yang indah dan esksotis, salah satu yang paling menarik dikunjungi para wisatawan adalah pantai pasir putih. Lembutnya pasir putih berpadu indahnya panorama pantai akan membuat liburanmu lebih seru dan mengasyikkan.

Keindahan panorama alam yang memukau inilah yang membuat banyak destinasi wisata alam di Indonesia terdengar hingga mancanegara. Pantai-pantai yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara inilah salah satu objek yang mampu memikat hati para pelancong. Hamparan pasir putih yang lembut, birunya langit dan air laut, serta gelombang ombak mampu mengusir penat seketika. Inilah alasan kenapa pantai sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan.

Jadi, bagi kamu yang berencana untuk berlibur ke pantai pasir putih jangan buru-buru memilih pantai di luar negeri seperti Maldives atau Bora-Bora. Karena pantai pantai di Indonesia tak kalah elok dengan pantai terkenal di negara-negara tersebut. Nah, biar liburanmu makin seru, simak dulu 12 pantai yang memiliki pasir putih di Indonesia dengan pemandangan yan menakjubkan.

Pantai Pasir Putih Indah dari Sabang hingga Merauke

1. Pantai Watukarung, Pacitan

Jika selama ini kamu hanya mengenal Pantai Klayar sebagai pantai paling populer di Pacitan, maka mulai saat ini kamu harus berkenalan dengan pantai pasir putih Watukarung yang tak kalah indahnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik dengan ciri khas pasir putihnya. Pantai Watukarung terletak di Dusun Ketro, Watukarung, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Watukarung, di antaranya, berenang, camping, berjemur, foto-foto, diving, hingga surfing.

2.  Pasir Timbul, Raja Ampat

pantai pasir putih

Berbicara tentang Raja Ampat pasti tidak bisa dipisahkan dengan keindahan pantainya yang sudah mendunia. Pantai Pasir Timbul ini adalah hamparan pasir yang membentuk seperti pulau kecil yang ada di lautan Raja Ampat. Kemunculan Pasir Timbul ini tergantung pada pasang surutnya air laut. Keindahanya pasti akan membuat pengunjung terpesona akan putihnya pasir pantai dan beningnya air laut bak kristal yang bersinar.

Baca juga:  Rekomendasi Coworking Space Jakarta, Bisa Bikin Kamu Betah Kerja

3. Pantai Remen, Tuban

Selain terkenal dengan keberadaan kelenteng terbesar se-Asia Tenggara, Tuban juga memiliki Pantai Remen yang menawan. Lokasinya berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Selain keindahan pasir putih yang bisa kamu nikmati, kamu juga bisa memancing di pantai ini, serta menikmati tenangnya pantai. Asyik pokoknya!

4. Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar

Pantai Pasetran Gondo Mayit terletak di wilayah Desa Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Kamu mungkin akan merasa ngeri saat mendengar nama pantai ini. Pasalnya Gondo Mayit merupakan frasa bahasa Jawa yang berarti “bau mayat” dalam bahasa Indonesia. Tetapi, berkebalikan dengan namanya, pantai Gondo Mayit sangat indah dengan pasir putih yang membentang luas dan air lautnya yang sangat jernih.

5. Pantai Karangasem, Bali

Dikenal dengan banyak nama, Pantai Karangasem disebut juga dengan nama Pantai Perasi Bali, White Sand Beach Bali, atau Virgin Beach Bali. Perlu kamu tahu, nama Virgin Beach ini muncul karena pantai ini masih asri, bersih, tenang, dan belum begitu ramai dikunjungi wisatawan. Meski demikian, keindahan pantai pasir putih ini nggak kalah dibandingkan pantai yang sudah dikenal banyak orang. Lokasinya terletak di kawasan wisata Candidasa, Bali. Jika kamu berencana mengunjungi pantai ini dari Kuta, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar dua jam.

6.  Pantai Bara, Sulawesi Selatan

Pantai pasir putih selanjutnya adalah Pantai Bara yang terletak Sulawesi Selatan. Ketika kamu datang berkunjung ke pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama pasir pantai yang sangat bersih berpadu dengan air laut yang jernih. Bagi kamu yang suka akan ketenangan, Pantai Bara ini bisa jadi pilihan utama buatmu.

7. Pantai Prigi, Trenggalek

Jika kamu sedang berada ke Desa Tasikmadu, Trenggalek, Jawa Timur, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai pasir putih Prigi. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu menempuh jarak sekitar 48 kilometer dari Kota Trenggalek. Namun, perjalanan yang cukup panjang tersebut akan sepadan saat kamu menikmati keindahan pasir putih sambil bersantai di bawah pohon kelapa yang berjejer di sekitar pantai. Pantai Prigi tak hanya menjadi destinasi wisata, tapi juga merupakan Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) nasional di kawasan pantai selatan Pulau Jawa.

Baca juga:  Rekomendasi Wisata di Kaliurang, dari Wisata Alam hingga Kuliner

8. Pantai Lhok Mee, Aceh

pantai pasir putih

Pantai Lhok Mee berada di ujung Barat Pulau Sumatera, tepatnya berada di Desa Lamreh, Aceh Besar, Aceh. Hal yang cukup menarik dari pantai ini adalah pepohonan yang tumbuh di atas pasir pantai. Penduduk lokal di sana menyebut pohon tersebut sebagai geurumbang.

9. Pantai Parbaba, Samosir

Pantai Parbaba merupakan salah satu destinasi wisata yang akan kamu temukan di Kabupaten Samosir. Tepatnya berlokasi di Desa Huta Bolon, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Pasir Putih Parbaba berada di tepi sebuah danau. Ada banyak wahana permainan air yang bisa kamu pilih di tempat ini, antara lain speed boat, banana boat, sepeda air, perahu dayung, hingga odong-odong danau, menarik bukan?

10. Pantai Saronde, Gorontalo

pantai pasir putih

Pulau Saronde yang terletak di Gorontalo, Sulawesi Utara. Pantai pasir putih ini memang tidak terlalu luas, namun hamparan pasir putih di sini sangat bersih dan berpadu dengan beningnya air laut. Pulau Saronde berada di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

11. Karimun Jawa, Jepara

Karimun Jawa merupakan keupaluan yang berada di laut Jawa dan termasuk ke dalam Kabupaten Jawa Tengah. Luas Pulau Karimun Jawa ini sekitar 110.000 hektar. Karimun Jawa merupakan wisata taman laut yang akan memanjakanmu dengan indahnya pasir putih yang bersih dan air laut yang sangat bening.

12. Pantai Jungwok, Gunungkidul

Garis pantai yang panjang membentang, dengan pasir putihnya, membuat Pantai Jungwok menjadi salah satu langganan untuk berkemah. Pantai ini tergolong masih sepi pengunjung, letaknya di sebelah timur kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini seolah disediakan untuk berkemah, fasilitas di Pantai Jungwok juga terbatas tak seperti pantai lain di Gunungkidul lainnya. Bagian sebelah kanan dari pantai ini terdapat bukit hijau dan tebing karang yang biasa digunakan nelayan untuk mencari lobster. Tempat parkir di pantai ini bisa dibilang cukup memadai.

itulah beberapa referensi pantai pasir putih di Indonesia yang bisa menjadi alternatif tujuan berwisata.