12 Tips Liburan Murah yang Seru dan Nyaman

liburan murah

Liburan murah adalah salah satu idaman para pelancong. Banyak orang beranggapan pergi berlibur harus menggeluarkan dana yang besar. Padahal liburan yang murah tapi tetap seru dan nyaman bisa didapatkan dengan mudah asal tahu triknya.

Merencanakan liburan murah memang bukan hal yang mudah. Ada strategi dan tips khusus agar kamu bisa mendapatkan liburan murah. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua. Trik ini sudah sering dilakukan oleh para backpackers yang berpengalaman dalam berlibur dengan budget yang minim.

Apakah kamu sudah terbayang mau liburan ke mana? Apakah kamu tertarik untuk berpetualang di negeri sendiri tapi tidak mau merogoh kocek terlalu dalam? Sebaiknya kamu simak dulu tips liburan murah di bawah ini, ya.

1. Survei Sebelum Berangkat

Untuk mendapatkan pengalaman liburan murah salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan adalah survei tempat liburan sebelum berangkat. Hal ini pentomng karena banyak orang pergi liburan, tapi begitu sampai di tempat tujuan malah kebingungan. Hal ini terjadi gara-gara saat sebelum pergi mereka tidak mencari tahu kota atau daerah yang akan dikunjungi.

Melakukan survei sebenarnya mudah, lho. Hanya lewat internet kamu sudah bisa melihat lokasi liburan dan melakukan persiapan yang lebih matang. Dengan persiapan yang panjang, siapa tahu kamu akan ketemu potongan harga, mulai tiket pesawat, kereta api, atau hotel.

Survei yang memadahi akan sangat membantu kamu dalam merencanakan liburan murah. Rajinlah melakukan survei dan sering bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman melakukan perjalanan serupa.

2. Bawa Uang Saku yang Cukup

Meski kamu mencari liburan murah, bukan berarti uang saku yang kamu siapkan harus pas-pasan. Jangan sampai kamu kehabisan uang ketika di perjalanan, apalagi di tempat asing yang bukan domisili kamu. Pastikan kamu mempunyai uang saku yang cukup supaya kamu tidak bingung ketika dihadapkan pada situasi darurat di lokasi liburan. Uang saku ini pastinya bukan untuk dibelanjakan semua. Menahan diri serta bertanggung jawab atas apa yang sudah dibelanjakan harus tetap kamu lakukan. Kamu harus mengawasi pengeluaran dan mencatatnya dengan rinci.

3. Pilih Perjalanan yang Nyaman

Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, tetapi biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mendapatkan liburan murah jadi lebih mahal. Tetapi, kalau kamu memilih perjalanan darat menggunakan mobil, ini bakal jadi pilihan yang mengasyikkan sekaligus menghemat budget. Nilai tambah menggunakan transportasi darat di antaranya kamu dapat menikmati panorama di sepanjang perjalanan dan menambah pengetahuan mengenai daerah tersebut. Buat kamu yang ingin liburan murah, cobalah pilih moda transortasi selain pesawat. Menggunakan transportasi yang lebih murah juga tidak masalah.

Baca juga:  10 Merk Sneakers Lokal Ini Tidak Kalah dengan Merk Luar Negeri

4. Hindari Musim Liburan

Alih-alih mendapatkan liburan murah, biaya perjalanan justru semakin mahal kalau kamu pergi saat musim liburan. Selain bisa menekan budget liburanmu, berlibur bukan di musim liburan akan membuatmu lebih bisa menikmati situasi lokasi wisata yang tidak riuh karena banyak pengunjung. Kamu bisa memanfaatkan waktu cutimu untuk melakukan liburan bukan di musim liburan.

5. Sewa Mobil

Tips liburan murah selanjutnya adalah sebaiknya kamu mencari data mengenai daerah yang akan dikunjungi. Salah satunya moda transportasi, seperti dari bandara ke hotel atau dari hotel ke lokasi wisata. Siapa tahu ada bus yang melalui hotel tempat kamu bermalam. Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk taksi.

Cara menghemat biaya lainnya, kamu juga dapat menyewa mobil di sepanjang aktivitas liburanmu. Banyak penyedia sewa mobil yang mwnawarkan harga terjangkau. Kamu bebas memilih dengan meminta rekomendasi dari hotel atau rekan yang pernah berkunjung ke sana.

6. Teliti Memilih Lokasi

Sebelum memutuskan akan mengunjungi lokasi wisata mana saja, pastikan tempat wisata yang akan kamu kunjungi benar-benar unik, bagus, serta memiliki ciri khas. Hindari mengunjungi tempat yang tidak menarik, kurang disukai orang, serta biayanya mahal. Bisa-bisa kamu tidak menikmati, tapi malah kecewa. Pastikan banyak bertanya mengenai tempat yang sesuai dengan budget, biar liburan murah yang kamu rencanakan berjalan lancar.

7. Liburan Dalam Kota

Kalau budget pas-pasan tidak perlu memaksakan liburan ke luar negeri. Banyak tempat di Indonesia yang menakjubkan serta tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di luar negeri. Bahkan sekadar berlibur di dalam kota tempat kamu tinggal juga seru, lho.

Sebelum memutuskan liburan ke kota atau daerah lain, coba kamu jelajahi kota tempat tinggalmu dulu. Bisa jadi kamu akan menemukan lokasi atau spot wisata baru yang selama ini belum pernah kamu datangi.

8. Booking Jauh-Jauh Hari

Kamu perlu merencanakan liburan murah jauh-jauh hari. Karena advanced booking sangat mungkin kamu peroleh sehingga harga akan jauh lebih murah. Tidak hanya itu, banyak promo tahunan, travel fair yang menawarkan tiket murah untuk keberangkatan beberapa bulan di awal. Begitu juga untuk hotel. Gunakan beragam situs booking hotel yang menyediakan harga promo. Semakin awal kamu merencanakan liburan, maka makin miring pula harga yang bisa kamu peroleh. Selain itu, kamu jadi punya banyak waktu untuk menabung untuk mengumpulkan uang saku.

Baca juga:  9 Danau di Indonesia Tercantik yang Seru Buat Piknik

9. Gunakan Bahasa Lokal

Panduan yang satu ini adalah salah satu rahasi mendapatkan liburan murah yang menyenangkan. Meski mungkin saja terdengar aneh, tapi untuk beberapa daerah di Indonesia yang unsur kedaerahannya masih kental, bicara dalam bahasa lokal bisa membangun kesan akrab. Sehingga beberapa pedagang cenderung melunak ketika tawar-menawar, memberi bonus, dan sebagainya.

Sedangkan jika kamu berlibur ke luar negeri, kuasai bahasa lokal tidak hanya bahasa Inggris akan membuat kamu membaur lebih mudah. Oknum nakal akan berpikir dua kali sebelum ‘mengerjai’ kamu.

10. Jadilah Petualang

Melakukan riset mendalam akan semakin mempermudah kamu mendapatkan liburan murah. Pastikan kamu memperhitungkan semua peluang. Seperti, jika kamu ingin ke taman hiburan, jangan hanya mencari info tentang harga tiket namun cari tahu juga informasi soal lama antrean. Contoh lainnya, jika kamu mesti berpindah-pindah kota, tentukan perjalanan malam dengan kereta atau bus malam untuk menghemat biaya penginapan.

Jadilah petualang, jangan takut tidur larut malam, duduk di emperan, jalan kaki, keringatan, membersihkan pakaian sendiri, dan sebagainya. Justru berlibur dengan cara seperti ini akan terasa lebih menarik dan memperkaya pengalaman.

11. Menginap di Rumah

Bermalam di hotel adalah salah satu faktor yang menghambatmu mendapatkan liburan murah. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengakalinya. Kamu bisa memilih bermalam di penginapan berupa rumah atau yang biasa disebut dengan homestay.

Banyak cara yang dapat kamu ambil soal menginap di rumah. Salah satunya adalah dengan “tukar rumah”. Saat ini beberapa website traveling yang dibuat untuk pertukaran rumah antar turis, salah satunya HomeExchange.com.

Dengan mendaftar di website tersebut, turis dapat bermalam di rumah turis lain yang juga menjadi anggota website. Serunya lagi, kamu tidak dipungut biaya apapun saat bermalam di rumah ini, alias gratis.

12. Kunjungi Destinasi Baru

Carilah destinasi wisata baru yang umumnya dijadikan tujuan alternatif banyak turis, bukan yang tengah ramai dikunjungi turis. Kamu dapat mencarinya melalui internet.

Destinasi wisata yang tengah naik daun umumnya akan menambah harga penginapan dan sebagainya. hal ini akan menggunakan banyak uang kamu. Cobalah cari destinasi yang anti mainstream.

Nah, sakarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mendapatkan liburan murah tapi tetap asyik dan nyaman? Cobalah terapkan dua belas tips di atas biar liburanmu makin seru dan kantong tetap aman.

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru