12 Wisata Pantai Jogja Paling Seru yang Wajib Kamu Kunjungi

wisata pantai jogja

Berbicara tentang Yogyakarta pasti tak lengkap jika tidak membahas wisatanya. Salah satu favorit para wisatawan adalah wisata pantai Jogja yang indah dan tak kalah dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok. Jika kamu termasuk anak pantai yang gemar bermain air sembari menikmati udara laut yang menyegarkan, Yogyakarta adalah surga buat kamu.

Wisata pantai Jogja memiliki keunikan tersendiri. Kamu bisa menemukan perbedaan dan hal-hal menarik di setiap pantai di Jogja, mulai dari pantai berpasir putih dan lembut, pantai yang sepi dan tenang, berwisata kuliner, hingga pantai yang berkarang tajam semua ada di sini. Tak hanya keindahan panorama pantai yang memikat hati, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berenang, panjat tebing, hingga snorkeling.

Ada puluhan pantai menkajubkan yang siap memanjakan aktivitas liburanmu di Yogyakarta. Saking banyaknya pantai indah yang bisa dikunjungi di Jogja, kamu tak akan punya cukup waktu untuk mengunjungi semuanya dalam satu hari. Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan waktu liburan dengan baik agar kamu bisa optimal menikmati wisata pantai di Jogja.

Salah satu tips menikmati wisata pantai Jogja adalah hindari mengunjungi pantai yang disesaki oleh wisatawan. Untuk membantu kamu, kami telah membuat daftar pantai-pantai terbaik di Yogyakarta yang layak untuk kamu kunjungi.

Daftar Wisata Pantai Jogja

1. Pantai Parangtritis

wisata pantai jogja

Salah satu wisata pantai Jogja yang paling terkenal adalah pantai Parangtritis. Meski berpasir hitam dan berombak besar, destinasi ini masih menjadi salah satu favorit wisatawan saat berlibur ke Jogja. Pantai yang membuat kamu bisa menikmati suasana romantis dengan pemandangan matahari terbenam. Jangan lupa untuk mengajak orang tersayang untuk berlibur di Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis terletak 27 km dari pusat kota Jogja. Tepatnya berada di Jalan Parangtritis km 28, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu terbaik ke pantai ini adalah sore hari, karena Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot melihat sunset terbaik di Yogyakarta. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa mengisi waktu dengan berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain layang-layang, hingga menyewa ATV dengan biaya sewa sebesar Rp100.000.

2. Pantai Nglambor

wisata pantai jogja

Jika kamu mencari pantai dengan spot snorkeling yang indah dan seru, Gunungkidul adalah tempatnya. Salah satu pantai yang cocok untuk snorkeling adalah Pantai Nglambor. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Pantai Nglambor disebut sebagai pantai cantik karena salah satu spot wisata pantai Jogja ini dikelilingi dua bukit kapur yang memesona. Kamu bisa naik ke bukit dan melakukan aktivitas ringan seperti selfie atau sekadar menikmati pemandangannya. Kamu bisa leluasa untuk memandang keindahan alam tanpa terhalang apapun.

Sebelum melakukan snorkeling kamu perlu memperhatikan kondisi air laut. Jika air surut, aktivitas snorkeling tidak dapat dilakukan, sedangkan ketika air laut tinggi berbahaya untuk snorkeling. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengonfirmasi terlebih dahulu ke Pantai Nglambor untuk melakukan snorkeling, H-1 sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memprediksi gelombang laut yang tepat saat berkunjung dan melakukan snorkeling dengan aman.

3. Pantai Indrayanti

wisata pantai jogja

Wisata pantai Jogja yang tak kalah tersohor adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini termasuk salah satu pantai favorit para wisatawan ketika musim liburan. Keindahan pantai berpasir putih ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Para wisatawan biasanya mengunjungi Pantai Indrayanti untuk menikmati panorama alam dan merasakan deburan ombak dari pinggir pantai. 

Hal spesial lainnya dari pantai ini adalah pemandangan dari bukit di sebelah kanan pantai. Kamu bisa menaiki bukit tersebut untuk melihat pemandangan sekitar Pantai Indrayanti dari atas. Bila kelelahan, kamu bisa beristirahat dengan menyewa payung pantai atau duduk santai di warung tepi pantai sambil menikmati air kelapa yang menyegarkan.

Baca juga:  7 Spot Wisata Alam Jogja Terbaik Kesukaan para Turis

Namun, jika kamu berencana untuk berenang di pantai ini, maka kamu harus mengurungkan niat karena pantai Indrayanti memiliki ombak besar khas pantai selatan. Lokasi pantai Indrayanti cukup strategis karena berada di di sisi timur dari Pantai Sundak. Kedua pantai dibatasi oleh perbukitan karang dan memiliki bentang pasir putih yang memesona.

4. Pantai Baron

wisata pantai jogja

Seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang sering dikunjungi wisawatan. Pantai ini sebenarnya merupakan teluk yang diapit oleh dua tebing. Karena berupa teluk itulah, pengunjung diperbolehkan berenang asalkan tidak melewati tanda batas terjauh yang telah ditentukan. Keunikan lainnya, ada aliran sungai air tawar yang berada di bawah tebing dan mengalir langsung ke Laut Selatan.

Ketika kamu berkunjung ke Pantai Baron, jangan lupa mencicipi kenikmatan berbagai menu seafood yang banyak dijual di rumah makan sekitar pantai. Semua jenis seafood di Pantai Baron dijamin segar karena pantai ini memiliki Tempat Pelelangan Ikan sehingga menjadi ‘rumah’ bagi nelayan untuk mencari nafkah.

5. Pantai Timang

wisata pantai jogja

Bagi kamu pencinta kegiatan wisata yang lebih menantang atau ekstrem, Pantai Timang bisa merealisasikan keinginanmu itu. Pantai Timang berada di kawasan pantai indah Gunung Kidul. Karena kondisi jalan yang cukup sulit menjadikan para pengunjung yang datang tidak sebegitu banyak. Jalan batuan di sepanjang perjalanan masuk hingga ke Pantai Timang ini seperti pecahan karang yang cukup tajam dan lancip dengan jalan yang juga bergelombang. Tetap untuk keindahan pantainya juga tak kalah dengan yang lain.

Wisatawan bisa datang ke Pantai Timang untuk menjajal sendiri sensasi menyeberang pulau atau batu karang dengan menggunakan gondola buatan. Gondola ini akan mengantarkanmu ke Pulau Timang yang berjarak kurang lebih 100 meter dengan ketinggian 9-11 meter dari permukaan laut.  Sensasi ekstrem akan semakin terasa ketika kamu melihat ke bawah bagaimana deras dan kencangnya ombak pantai selatan yang bisa mengenai tubuhmu.

6. Pantai Glagah

wisata pantai jogja

Wisata pantai Jogja yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Glagah. Letak Pantai Glagah berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada satu ciri yang membedakan Pantai Glagah dengan pantai lain yakni memiliki pemecah ombak atau tetrapod yang menjorok. Pengunjung bisa melihat dan merasakan bagaimana deburan ombak yang terbawa angin dengan lebih dekat. Sementara di atas pemecah ombak ini para pemancing biasanya akan melemparkan umpan untuk sambaran ikan. Selain itu, daya tarik lainnya adalah laguna pantai yang memiliki air tenang dan banyak dimanfaatkan wisatawan untuk wisata perahu dan bebek air.

7. Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu pantai di Jogja yang berada di kawasan Gunung Kidul. Sama seperti kebanyakan pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Drini memiliki laut yang bersih dan hamparan pasir putih. Keunikannya justru terlihat dari sebuah pulau karang kecil di tengah pantai. Pulau karang ini seakan menjadi pembatas dari ‘wajah’ Pantai Drini sesungguhnya. Karena, jika kamu berjalan ke sisi barat, pantai ini memiliki ombak besar. Sementara di sisi timur justru memiliki karakter ombak lebih tenang.

8. Pantai Sadranan

Memilih wisata pantai Jogja untuk mengisi liburan sungguh pilihan yang tepat. Selain indah, banyak sekali objek wisata pantai yang wajib kamu kunjungi, salah satunya adalah Pantai Sadranan. Pantai tersembunyi di gugusan pegunungan kapur Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Kamu tak perlu takut terbawa arus ombak karena di pantai ini airnya sangat tenang sehingga sangat cocok untuk pilihan wisata bersama anak-anak entah itu adik atau ponakan.

Baca juga:  8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan

Selain pemandangan pantai yang menakjubkan, di pantai ini kamu dapat merasakan indahnya dunia bawah laut. Di sini kamu bisa melihat berbagai biota laut melalui snorkeling. Di Pantai Sadranan disediakan persewaan peralatan menyelam di pinggiran pantai. Biaya persewaan peralatan menyelam dibandrol mulai dari Rp35.000. Pihak penyewa juga menawarkan jasa pemandu snorkeling agar pengalaman menyelam kamu semakin seru dan menarik.

9. Pantai Ngrenehan

Bagi kamu yang suka makan seafood ada tempat wisata pantai di Jogja yang bisa memuaskan kegemaran kamu menyantap makanan laut. Tempat itu adalah Pantai Nggrenehan yang terletak di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Di pantai berpasir coklat ini kamu bisa menemui banyak sekali seafood segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan.

Selain berbelanja boga bahari, ada juga aktivitas kebudayaan yang tak kalah menakjubkan. Jika kamu datang ke tempat ini pada perayaan Nyepi, kamu bisa menyaksikan upacara Melasti yang dilakukan oleh umat Hindu.

10. Pantai Ngobaran

Rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Pantai Ngobaran sebagai salah satu daftar destinasi wisata pantai Jogja yang wajib dikunjungi. Pantai ini menawarkan pesona budaya dan suasana religi yang kuat yang tidak akan kamu temukan di pantai kawasan Gunung Kidul lainnya. Di pantai ini terdapat candi yang digunakan sebagai tempat sembahyang.

Di pantai ini, kamu akan menemukan beberapa kehidupan beragama atau kepercayaan hidup berdampingan. Salah satunya, ada sebuah pura lengkap dengan patung dewa tampak berdiri tegak menghadap pantai. Jika kamu berjalan sedikit ke arah kiri, kamu akan menemukan sebuah rumah joglo yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan upacara ritual bagi pengikut Kejawen. Selain itu, ada pula sebuah musala kecil bagi umat Islam untuk sembahyang.

11. Pantai Wediombo

Ingin menikmati sensasi berenang di kolam alam? Coba ke Pantai Wediombo! Pantai ini memiliki kolam-kolam karang dengan air yang tenang dan sangat jernih. Sementara bagi kamu yang hobi memancing tentu juga tak boleh lewatkan tempat yang satu ini. Bukit karang dekat pantai menjadi spot favorit para pemancing untuk menunjukkan skill menangkap ikan.

Karena pantai yang artinya “pasir yang luas” ini memiliki kolam renang alami alias laguna. Kolam renang tersebut sangat landai namun luas. Dan dipisahkan oleh batu karang sehingga tak akan terseret ke tengah laut, kecuali kalau renang saat air laut sedang pasang.

Pantai Wediombo memiliki relief alam yang unik dan hanya bisa kamu temukan di pantai ini saja. Biar lebih seru, ajak teman-temanmu untuk berenang di sini ya.

12. Pantai Sundak

Hamparan pasir putih dan bersih dengan karakteristik deburan ombak besar menjadi pemandangan khas Pantai Sundak. Dua buah bukit karang besar nan kokoh mengapit kedua sisi pantainya. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berenang di tepi pantai hingga berjalan-jalan sambil menikmati keindahan yang disuguhkan pantai. 

Namun kamu harus tetap berhati-hati karena banyak bebatuan karang kecil yang tajam di tepi pantai. Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk mengisi perut di warung-warung sekitar pantai. Warung-warung ini menjual menu hidangan khas laut yang diolah dengan cara dibakar maupun ditumis.

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru