Ingin Usahamu Berhasil? Hindari 13 Faktor Kegagalan Wirausaha Ini

Setiap pelaku wirausaha tentu tidak menginginkan kegagalan. Motivasi untuk mengagapai kesuksesan harusnya terus menjadi pendorong bagi para wirausahawan agar membekali diri sehingga menjadi pengusaha yang tangguh. Karena itu, pahamilah sejak dini beberapa faktor penyebab kegagalan wirausaha seperti di bawah ini.

13 Faktor Kegagalan Wirausaha

1. Tidak Kompeten dalam Manajerial

gagal memanajemen karyawan
sumber : SleekrHR

Kapabilitas atau kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola usaha menjadi faktor penyebab utama kesuksesan seorang wirausaha. Karena itu, tidak memiliki kemampuan ini akan justru mengakibatkan kegagalan dalam menjalankan aktivitas usaha sesuai pengelolaan yang tepat. Dengan tidak memiliki kemampuan manajerial, kamu bisa gagal memimpin bisnis sekaligus mengarahkan karyawan dengan tepat.

2. Kurang Berpengalaman

Kamu pasti sepakat bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Meskipun kamu sudah memiliki teori yang mantap, tanpa pengalaman, hal tersebut rasanya kurang tepat. Termasuk dalam menjalankan bisnis. banyak kegagalan bisnis diakibatkan oleh kurangnya pengalaman seorang pemilik, terutama dalam hal manajemen risiko.

3. Buruknya Manajemen Keuangan

Buruknya manajemen keuangan adalah faktor kegagalan wirausaha yang ke-3. Seperti yang diketahui bahwa dalam usaha akan selalu ada permasalahan uang kas. Jika kamu gagal menjaga keseimbangan uang kas. Sehingga mengakibatkan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Maka secara otomatis, bisnismu bisa dikatakan gagal.

4. Kegagalan dalam Perencanaan

Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan. Perencanaan yang belum matang akan berakibat pada timbulnya masalah atau kesulitan dalam mengimplementasikan sejumlah tindakan. Oleh karena itu, untuk menghindari faktor kegagalan wirausaha yang satu ini, kamu harus terbiasa membuat rencana, sebelum menjadikannya sebagai program kerja.

Baca juga:  Menyasar End User dalam Aktivitas Pemasaran, Ini 4 Langkahnya!

5. Lokasi Kurang Strategis

Inilah pentingnya memilih lokasi yang strategis. Seandal apapun kemampuan bisnis atau sepopuler apapun suatu jenis usaha, jika lokasi tidak strategis maka akan menyulitkan seorang wirausaha dalam mempertahankan atau mengembangkan usahanya. Dampak dari pemilihan lokasi yang tidak tepat ini adalah operasional usaha yang kurang efisien.

6. Tidak Memiliki Target

Target adalah hasil akhir yang harus dimiliki setiap kegiatan yang akan kamu jalankan termasuk usaha. Jangan sampai kamu berwirausaha tanpa adanya target. Usaha tanpa target, akan membuat kamu, berjalan tanpa arah dan cepat berpuas diri. Padahal dalam dunia usaha, kamu dituntut dinamis seiring adanya kompetisi bisnis.

7. Tidak Melakukan Riset Pasar

riset pemasaran sebagai salah satu cara memulai bisnis

Riset pasar sangat penting untuk menentukan seberapa besar penjualan yang akan kamu ciptakan untuk usahamu. Jangan sampai melakukan penjualan di tempat yang salah hanya karena kamu merasa menjual produk yang laku dipasaran. Jangan sampai salah masuk pasar dalam berwirausaha. Risiko tidak melakukan riset pemasaran dan salah memasarkan akan menjadi faktor kegagalan wirausaha.

8. Kurang Kreatif dan Inovatif

Kehidupan berwirausaha harus selalu bergerak dan jangan sampai terdiam di tempat. Bergerak disini maksudnya adalah inovasi, jangan sampai usaha berhenti untuk berinovasi tanpa menampilkan sesuatu yang baru pada konsumen. Tanpa adanya inovasi, bisa jadi konsumen akan terus berkurang karena bosan dan jika berlangsung lebih lama sudah pasti usaha kamu akan kehabisan konsumen.

9. Laba Terlalu Besar

keuntungan terlalu banyak
Sumber : Grid.Id

Keberhasilan adalah salah hal yang dicari dalam setiap kegiatan berwirausaha. Untuk mencapainya, tidak heran banyak wirausahawan yang menetapkan margin yang besar sehingga harga produk atau jasa yang mereka tawarkan dirasa sangat mahal.

Mungkin diawalnya tidak akan ada keberatan bagi konsumen. Namun ketika ada usaha sejenis dan menawarkan harga yang lebih murah, usaha kamu akan memasuki masa darurat kehilangan konsumen terlebih jika kualitas produk yang ditawarkan mereka tidak jauh berbeda.

Baca juga:  Penerapan Strategi Pemasaran 4P, Maksimalkan Setiap Poinnya!

Solusinya, bijaklah dalam menentukan besarnya laba dalam setiap produk yang kamu jual. Karena konsumen pasti akan menghargai usaha tersebut. Jika tidak, konsumen akan pergi dari usahamu karena mereka merasa ‘dikerjai’ dengan harga yang terlalu mahal.

10. Terlalu Cepat Mengembangkan Usaha

Mungkin hal ini adalah faktor yang cukup menyenangkan diawal. Karena menandakan usaha yang kamu bangun sudah berhasil. Namun permasalahan yang muncul kemudian adalah ketika kamu terlalu terburu-buru untuk mengembangkan usaha ini tanpa memikirkan keuangan yang kamu miliki.

Tidak jarang, untuk mengembangkan usaha, dana yang digunakan adalah dana hasil usaha pertama. Sehingga jika kedua usaha tersebut tidak berjalan baik dan kekurangan dana, sudah pasti kamu akan mendapatkan kesulitan dalam memenuhinya.

11. Tidak Ada Promosi

kurang promosi

Promosi adalah rencana yang harus dimiliki diawal-awal usaha terutama pada saat melakukan launching usaha. Launching sangat penting karena bertujuan untuk memperkenalkan usaha atau produk dan jasa yang kamu miliki kepada masyarakat luas. Jika promosinya sukses, besar kemungkinan usaha kamu akan dikenal dan ramai untuk seterusnya. Namun jika promosi kamu salah, besar juga kemungkinan usaha tersebut tidak akan dikenal dan sepi pengunjung.

12. Ketidakmampuan Melakukan Transisi Kewirausahaan

Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melaksanakan perubahan,tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil. Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu.

Sebab usaha haruslah berjalan dinamis dan tidak statis. Kondisi lingkungan bisnis berfluktuasi. Ada masa-masa pertumbuhan, masa-masa booming. Ada pula kondisi jenuh hingga seorang wirausaha dapat saja berhenti beroperasi jika tidak mampu mensiasati setiap kondisi bisnis yang terjadi.

13. Pelayanan yang Buruk

Apapun jenis usahamu, pelayanan adalah hal utama yang harus diberikan kepada calon konsumen. Baik kamu bergerak dalam bidang jasa ataupun produk, pelayanan adalah kunci utama penjualan. Tanpa pelayanan yang baik, sudah pasti usaha yang kamu bangun tidak akan mendapatkan feedback positif dari pasar. Tanpa feedback positif, usaha yang kamu bangun akan sia-sia.

Itulah beberapa faktor kegagalan wirausaha yang harus kamu hindari. Dengan mengetahui faktor tersebut kamu dapat mengantisipasi terjadinya kegagalan sejak awal dan selalu siap siaga untuk terus berpikir maju. Ingatlah, bisnis selalu bersifat dinamis dan dalam bisnis kompetisi selalu terbuka lebar. Bersiap sukses dengan menghindari kegagalan adalah sebuah keharusan.

Share