15 Makanan Khas Makassar Menggugah Selera, Wajib Coba!

Makanan khas Makassar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota kelahiran Sultan Hassanudin ini. Banyak kuliner khas Makassar yang menjadi ikon kota dan bahkan terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar dinobatkan sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Tak heran, banyak turis yang berdatangan untuk menikmati liburan di Kota ini. Kota yang disebut juga sebagai Kota Anging Mammiri ini ternyata menyimpan kekayaan makanan khas Makassar yang berlimpah mulai dari makanan berat, ringan, hingga minuman segar dan menyehatkan.

Berbagai macam olahan makanan tersebut bisa kamu temui di Makassar, dan tentunya bisa kamu cicipi hingga dibawa pulang untuk oleh-oleh saat berwisata ke sana. Berikut ini adalah daftar 15 makanan khas Makassar yang wajib dicoba.

1. Coto Makassar

makanan khas makassar
Sumber: reddoorz.com

Ada yang kurang kalau kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat renyah’ dan akan memberikan kesan mendalam kepada siapa pun yang menikmatinya.

2. Sup Saudara

Sumber: merahputih.com

Sup sudara terbuat dari daging sapi, bihun, bola-bola kentang goreng, serta paru sapi goreng lengkap dengan kuah campur telur bebek. Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, serta telur rebus. Ada pula tambahan lain yaitu sambal kacang dan irisan timun. Sup saudara ini berawal dari Kabupaten Pangkep yang jaraknya sekitar 50 kilometer dari Makassar.

3. Jalangkote

Sumber: tribunnews.com

Banyak orang yang menyebutkan jika makanan khas Makassar yang satu ini sangat mirip dengan pastel. Namun ternyata berbeda, perbedaanya terletak di kulit pastel yang lebih tebal dibandingkan dengan jalangkote. Sehingga, tekstur kulit dari makanan yang satu ini cukup garing atau renyah. Jika pada umumnya pastel berisi bihun dan sayur wortel, jalangkote ini sedikit berbeda.

Baca juga:  Bouldering vs Rock Climbing, Apa Manfaatnya?

4. Barongko

makanan khas makassar
Sumber: cookpad.com

Barongko yaitu makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar berbentuk kue pisang yang sangat lembut. Pisang sebagai bahan baku utamanya diproses sedemikian rupa. Daging pisang dihaluskan bersama bahan lain seperti telur, gula, garam, serta susu bubuk, lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

5. Pallu Basa

Sumber: merahputih.com

Pallu Basa adalah makanan khas Makassar yang penyajiannya mirip dengan Coto Makassar. Pallu Basa juga menggunakan jeroan serta daging sapi  atau kerbau sebagai bahan utamanya. Perbedaannya adalah bumbu dapur khusus yang digunakan pada kuliner khas Pallu Basa ini.

6. Pisang Epe

Sumber: food.detik.com

Pisang memang buah yang bisa dikreasikan dengan banyak cara, mulai dari digoreng, dibakar, hingga direbus menjadi kolak. Di Kota Makassar ada makanan khas dari olahan pisang yang dikenal dengan pisang epe. Pisang ini dimasak dengan cara dibakar setengah matang yang kemudian ditekan hingga pipih. Pisang epe kemudian disiram dengan saus gula merah dengan aneka topping yang menggoda.

7. Pallumara

Sumber: blog.misteraladin.com

Lebih tertarik untuk menikmati seafood di Makassar, kamu bisa mencoba Palumara, makanan berbahan dasar ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini mirip dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah menjadi bahan dasarnya, dengan tongkol atau bandeng menjadi pengganti. Cara terbaik menikmati Palumara adalah dengan nasi hangat, ditemani dengan minuman dingin.

8. Es Pisang Ijo

Sumber: orami.co.id

Jika tadi beberapa makanan khas Makassar yang cukup berat, es pisang Ijo adalah salah satu makanan khas Makassar yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan dahaga. Es pisang ijo terbuat dari bahan utama berupa pisang yang masih segar kemudian dibalur dengan adonan khusus berwarna hijau. Setelah itu adonan pisang ini di potong dan disajikan dengan bubur sumsum, es batu, kental manis, dan sirup.

9. Juku Pallu Ce’la

Sumber: palapanews.com

Juku Pallu Ce’la adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar ikan cakalang, ikan layang, ikan bolu, atau ikan sibula. Juku Pallu Ce’la dibuat dengan bumbu masak yang sederhana, namun dengan teknik memasak khusus sehingga tercipta makanan khas Makassar yang lezat.

Baca juga:  12 Tips Liburan Murah yang Seru dan Nyaman

10. Gogoso

Sumber: kompas.com

Gogoso yaitu salah satu makanan khas Bugis Makassar yang begitu disukai di Sulawesi Selatan saat lebaran, selain ketupat lebaran. Gogoso juga ikut meramaikan bersama dengan bermacam masakan lainya pada hari-hari biasa. Gogoso ini terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam bungkusan daun pisang, umumnya di hidangkan bersama dengan telur asin.

11. Mi Titi

Sumber: food.detik.com

Olahan mi memang tak bisa dilewatkan begitu saja, begitu juga dengan mi titi khas dari Makassar. Mi titi ini sangat populer dan wajib kamu cicipi ketika sedang di Makassar. Mi titi ini mirip dengan mi lidi yang biasanya dijadikan jajanan namun ukurannya lebih tebal. Mi kriuk ini juga dilengkapi dengan bakso ikan, ayam, udang, dan sawi yang membuatnya makin mantap.

12. Buras

makanan khas makassar
Sumber: pegipegi.com

Buras atau burasa’ punya bentuk mirip seperti lontong yang dibuat dari beras tetapi dengan bentuk yang berbeda. Buras bentuknya lebih halus dengan balutan bungkus daun pisang muda. Penyajiannya dihidangankan dengan taburan bumbu kelapa kering, gula, garam, dan cabai.

13. Bebek Palekko

Sumber: cookpad.com

Itik, adalah bahan baku utama dari masakan nasu palekko. Kuliner ini begitu mudah dijumpai di beberapa Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, seperti Kabupaten Pinrang, Sidrap, Pangkajene, dan Kabupaten Wajo. Jika berkunjung ke sana beberapa pemilik warung dengan setia selalu menanti kehadiranmu.

14. Kapurung

Sumber: berandasulsel.com

Makanan ini adalah makanan tradisional Makassar terutama pada masyarakat Luwu. Kapurung terbuat dari sari atau tepung sagu. Kapurung biasa dimasak dengan bahan tambahan seperti ikan atau daging ayam serta bermacam sayuran.

15. Songkolo Bagadang

makanan khas makassar
Sumber: ksmtour.com

Makanan satu ini seperti makanan wajib jika singgah di kota Makassar. Songkolo atau yang sering disebut sokko ini merupakan ketan hitam yang ditaburi dengan serundeng. Kadang kala juga ada yang menggunakan ketan berwarna putih dalam praktiknya. Untuk lauk Songkolo bisa berupa teri, sambal kuning dan telur. Kamu bisa menemukan kuliner satu ini di warung kopi yang buka dari subuh. Songkolo umumnya dijual dengan harga mulai Rp5.000 tergantung dari lauknya.