15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Membeli oleh-oleh khas Jogja adalah hal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota ini. Yogyakarta atau Jogja begitu populer di kalangan wisatawan. Di sini semuanya tersedia, harganya pun relatif terjangkau. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam, semuanya ada di Yogyakarta. Saking lengkapnya, mungkin kamu masih bingung mencari oleh-oleh apa.

Jogja termasuk kota besar di Indonesia yang terkenal menjadi destinasi wisata bagi para pelancong. Reputasinya yang kaya akan jajanan ringan dan harganya yang pas di kantong membuat liburan jadi lebih menyenangkan. Buat kamu yang sedang berlibur ke Jogja, ada banyak sekali kuliner khas di kota ini. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang nanti.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja

1. Gudeg

oleh oleh khas jogja

Gudeg adalah kuliner khas Jogja yang namanya sangat familier. Gudeg sendiri terdiri dari tiga jenis yakni gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Buat kamu yang ingin menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh, kamu bisa beli yang kering karena lebih tahan lama.

2. Bakpia Pathok

Ini dia oleh-oleh yang selalu diburu dan dipesan oleh kerabat. Bakpia yang berbentuk bulat mungil ini berisikan banyak varian mulai dari yang tradisional seperti kacang hijau, hingga berisi keju. Bakpia Pathok yang kering bisa tahan cukup lama sehingga bisa untuk oleh-oleh jika rumah kamu cukup jauh. Mencarinya juga mudah karena sekitaran Malioboro banyak yang menjualnya misalnya Bakpia Pathok 25.

3. Cokelat Monggo

Cokelat asli Kota Pelajar ini merupakan buah karya Thiery Detournay. Monggo menggunakan cokelat asli Indonesia dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya tak kalah dengan cokelat lezat khas Belgia.

Ada begitu banyak variasi rasa yang bisa kamu cipipi. Di antaranya seperti, durian, mangga, mangga, cabai merah, cokelat putih, cokelat hitam, dan sebagainya. Keunikan dari Cokelat Monggo adalah bahannya yang menggunakan premium dark chocolate hingga 69 persen.

Baca juga:  Berburu Sunset dan Keindahan Alam di Puncak Becici

4. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Salah satu bakpia kekinian yang sedang naik daun adalah bakpia kukus Tugu Jogja. Kamu bisa menemukannya di Jalan Kaliurang KM 5, Nomor 10 A. Toko buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00.

Satu kotaknya berisi 10 buah, dibanderol mulai Rp25ribu untuk rasa kacang hijau dan kacang merah. Sedangkan, untuk rasa keju dan cokelat dibanderol Rp30ribu. Dibandingkan pathok, bakpia Tugu Jogja memiliki tekstur yang lembut luar dan dalam.

5. Belalang Goreng

Kreativitas tanpa batas, begitulah kebudayaan masyarakat lokal Yogyakarta. Apa saja bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jika diolah masyarakat Jogja, bahkan belalang saja menjadi cemilan unik khas Jogjakarta. Tenang, belalang goreng punya rasa asin dari garam dan tekstur renyah yang kaya protein. Jika kamu ingin mencoba hal unik yang belum pernah kamu coba sebelumnya, cobalah belalang goreng sebagai oleh oleh khas Jogja!

6. Geplak

Jajanan yang berwarna-warni ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh. Apalagi untuk mendapatkannya juga tidaklah susah. Malioboro hingga Pasar Beringharjo menyediakan jajanan yang memiliki rasa manis ini. Karena makanan yang terbuat dari ketan dan campuran kelapa ini juga tahan lama sehingga bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Jogja.

7. Jadah Tempe

Jadah atau makanan khas Jogja ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan. Kemudian dilengkapi dengan tempe atau tahu bacem dan bisa dengan cabe hijau jika suka pedas. Meskipun bentuknya sederhana tapi makanan ini adalah majanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh dan membelinya langsung ke Jl. Kaliurang Km 12.5 dengan merk Jadah Tempe Mbah Carik.

8. Salak Pondoh

Kelezatan salak pondoh atau salak super Sleman ini gak perlu diragukan lagi. Bahkan salak ini sudah diekspor hingga ke Selandia Baru. Salak yang biasanya tumbuh di lereng Gunung Merapi ini memiliki rasa manis segar.

Kalau kamu pengin belanja sekaligus berwisata, datanglah ke Kampung Gandung. Berada di kawasan Sleman, kawasan ini menyediakan perkebunan salak dilengkapi taman bermain.

Baca juga:  Resep Serabi Solo Buatan Rumah, Serasa Serabi Notosuman!

9. Yangko

Yangko adalah makanan khas Jogja yang dijual di toko oleh-oleh. Yangko berbentuk seperti kotak, bertekstur lembut serta kenyal.

Untuk rasanya manis dan gurih karena ada taburan tepung di dalamnya. Yangko bisa dijadikan salah satu oleh-oleh saat kamu pulang dari Jogja.

10. Wedang Uwuh

Dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Namun, minuman wedang uwuh memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan punya rasa yang unik. Dinamakan demikian karena ampas dari oleh-oleh khas Jogja tersebut tampak seperti tumpukan sampah.

11. Peyek Mbok Tumpuk

Dari tahun 1975, Mbok Tumpuk telah menjadi cemilan kesukaan masyarakat Jogja. Kini, peyek mbok Tumpuk menjadi makanan khas Yogyakarta yang sering dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

12. Kerajinan Perak

Selain makanan, oleh-oleh dari Jogja juga bisa berupa kerajinan perak yang sangat cantik. Kamu bisa singgah sebentar di Kotagede untuk menemukan souvenir ini. Perak di sini akan dimodel dengan berbagai benda seperti bros, perhiasan, hingga pajangan dengan motif yang unik. Apalagi kerajinan Kotagede Jogja ini juga sudah terkenal hingga mancanegara.

13. Gerabah Kasongan

Jika kamu mencari untuk pajangan rumah atau alat dapur dari gerabah, kamu bisa langsung mengunjungi sentra kerajinannya. Berada di Jl. Kasongan No. 223 Kajen, Bangunjiwo, Bantul, kamu bisa mendapatkan aneka kerajinan gabah yang berkualitas. Kombinasi dari tanah liat dan rotan membuat kualitasnya tak diragukan lagi.

14. Blangkon

Tutup kepala yang terbuat dari kain batik bernama Blangkon ini juga bisa menjadi oleh-oleh ketika ke Jogja. Blangkon khas Jogja diberi nama dengan blangkon Mondolan karena ada bulatan besar di belakangnya. Untuk berburu blangkon ini anda bisa langsung menuju Malioboro. Kamu bisa memberikan kepada ayah atau sahabat laki-laki kamu.

15. Tahu Susu Bakso

Kalau kota Semarang punya Tahu Bakso, Kota Yogyakarta punya Tahu ‘Susu’ Bakso. Perbedaannya adalah tahu susu bakso memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang tahu bakso biasanya dan bisa tahan hingga 6 bulan tanpa pengawet. Oleh-oleh khas Jogja ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya memiliki wisata yang memukau, Jogja juga menjadi destinasi wajib para pelancong. Ketika ke Jogja kamu juga bisa membeli berbagai oleh-oleh khas mulai dari makanan hingga souvenir. Apalagi tempat tempat seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, dan sejumlah tempat lain menyediakan beragam kebutuhan oleh-oleh. Sambil jalan-jalan juga bisa berburu oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah.