Mengenal 4 Jenis Bisnis Franchise Paling Laku

Kamu ingin memiliki usaha tapi tidak tahu bagaimana memulainya? Punya banyak uang tapi tidak tahu mau usaha apa? Sekarang tidak perlu pusing lagi karena sudah ada bisnis franchise yang bisa kamu pilih.

Franchise atau bisa juga disebut sebagai waralaba dalam Bahasa Indonesia, adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama, sehingga brand-nya terlihat sangat besar dan tersebar di mana-mana (biasanya bahkan secara internasional).

Tips Memulai Bisnis Franchise

Untuk memulai bisnis franchise, kamu tidak hanya perlu mengetahui apa saja daftar bisnis franchise yang menguntungkan.

Melainkan, kamu juga perlu mengetahui apa saja tips memulai usaha franchise yang menguntungkan. Maka dari itu, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Teliti dalam Memilih Jenis Franchise

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis franchise adalah memilih jenis franchise dengan teliti. Sebab, banyak sekali penipuan-penipuan dengan kedok franchise.

Pastikan terlebih dahulu bahwa jenis dan produk franchise yang akan kamu jalani sudah terpercaya. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari informasi melalui internet atau pun ke kerabat dekat.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui usaha franchise mana saja yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Sesuaikan dengan Passion

Dalam memulai bisnis franchise, kamu memiliki kebebasan memilih jenis franchise apa saja yang ingin dijalankan. Tetapi, alangkah lebih baik jika kamu memilih jenis franchise yang sesuai dengan passion dan keahlianmu.

Hal tersebut akan memudahkanmu dalam menjalankan usaha franchise, karena bisnis tersebut adalah jenis bisnis yang kamu suka dan kuasai. Selain itu, kamu juga semakin bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika memecahkan suatu masalah.

Memilih bisnis sesuai dengan minat dan keahlian, akan meningkatkan potensi keberhasilan usaha.

Untuk itu, ketahui dahulu apa minat dan keahlianmu. Jika kamu mempunyai kemampuan memasak, maka kamu bisa menggeluti bisnis franchise makanan.

Mencari Lokasi yang Strategis

Tips memulai usaha franchise yang ketiga adalah mencari lokasi usaha yang strategis. Di mana, lokasi menjadi sebuah jalan menuju pintu kesuksesan usaha franchise-mu.

Baca juga:  Mengenal Apa itu Dropshipper, 5 Benefit, dan Cara Kerjanya

Maka dari itu, pastikan kamu memilih lokasi usaha di tempat yang ramai atau yang sering dikunjungi banyak orang, seperti di daerah sekitar universitas ataupun kostan mahasiswa.

Persiapkan Modal

Modal menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Pasalnya, modal yang dibutuhkan oleh setiap bisnis franchise sangat beragam, tergantung dari jenis franchise dan produk yang kamu ambil.

Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah modal tidak menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise.

Sebab, yang menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise adalah kreativitas dan inovasi dari pemilik bisnis tersebut.

Namun modal tetap menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Dengan catatan, bisnis yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Pelajari Calon Mitra Bisnis 

Tips memulai usaha franchise yang terakhir adalah mempelajari calon bisnis franchise yang akan kamu jalani. Di mana, asal usul, detail, sistem pembayaran, hingga sistem bisnis produk franchise menjadi hal krusial yang perlu kamu ketahui.

Sebab, setiap perusahaan penyedia franchise tentu memiliki Standard Operational Production (SOP) masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produknya agar selalu terjaga dengan baik.

4 Jenis Bisnis Franchise yang Paling Laku

Fast Food

fast food

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan bisnis franchise pertama di Indonesia yang paling terkenal justru bermula dari keberadaan fast food. Franchise semacam KFC maupun McDonald’s, terbukti telah tumbuh dan bertahan cukup lama di Indonesia.

Saat ini dengan tumbuhnya jiwa usaha pada sebagian masyarakat Indonesia, makin banyak jenis bisnis franchise di bidang fast food. Beberapa diantaranya bahkan memiliki harga yang cukup terjangkau. Ini menjadi peluang yang cukup bagus bagi kamu yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner dengan modal terbatas.

Makanan Ringan

makanan ringan

Biasanya bisnis franchise untuk jenis makanan ringan atau jajanan membutuhkan modal lebih sedikit daripada fast food. Selain itu, bisnis makanan ringan juga tidak membutuhkan banyak lahan. Cukup dengan memiliki booth dan menyewa lahan yang kecil. Kamu sudah bisa menjajakan usahamu. Harga paket yang ditawarkan pemilik franchise juga biasanya sangat terjangkau.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai mencari tahu jajanan kekinian yang sangat laris di sekitarmu. Kamu bisa mencari informasi tentang usaha tersebut di internet dan menanyakan pada orang-orang terdekat. Jika sudah menemukan satu yang cocok, segera hubungi pemilik franchise dan pelajari syarat-syaratnya.

Baca juga:  Mengenal Kelebihan Ekonomi Syariah dan Penerapannya

Farmasi

bisnis franchise farmasi
sumber : topcareer.id

Bisnis farmasi saat ini juga cukup banyak diminati. Pelopor bisnis farmasi terkenal adalah K24.

Bisnis yang satu ini merupakan jenis bisnis yang memiliki peluang keberhasilan yang cukup besar. Pasalnya, obat-obatan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang dibutuhkan kapan pun tanpa mengenal waktu.

Jika kamu tertarik, Apotek K24 yang memiliki kepanjangan Komplit 24 jam ini, membuka harga untuk franchise berkisar Rp970 juta. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan stok obat-obatan, sewa bangunan untuk satu tahun, modal kerja untuk tiga bulan, interior, renovasi bangunan, pelatihan karyawan, sistem IT, perizinan operasional, dan sebagainya.

Harga tersebut juga sudah termasuk biaya untuk franchise fee. Hanya saja, kamu perlu membayar biaya awal franchise sebesar Rp110 juta untuk enam bulan. Tentunya, biaya tersebut diluar dari biaya franchise sebesar Rp970 juta tersebut.

Toko Ritel

toko ritel franchise
sumber : MOKApos

Seiring dengan minat belanja masyarakat di tempat yang lebih nyaman, saat ini toko ritel waralaba semacam Indomaret dan Alfamart mulai banyak diminati.

Banyaknya orang yang mengambil toko ritel sebagai usaha franchise, karena menyediakan peralatan lengkap kebutuhan sehari-hari masyarakat, mulai dari sabun hingga beragam jenis makanan dan minuman.

Untuk kamu yang ingin franchise toko ritel semacam Indomaret, ada baiknya kamu mempersiapkan modal sebesar Rp394 juta. Harga tersebut merupakan modal minimal yang harus kamu miliki. Selain modal, tentu kamu juga harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Indomaret.

Beberapa syarat tersebut di antaranya, yaitu kamu selaku pemohon franchise harus berkewarganegaraan Indonesia, memiliki tujuan serta fokus yang jelas untuk mengembangkan bisnis Indomaret dan sudah mengantongi izin lokasi yang akan dijadikan tempat usaha.

Jika mengambil franchise ini, kamu tidak perlu bersusah payah melakukan promosi, sebab brand yang satu ini sudah terkenal di masyarakat.

Kesimpulan

Bisnis franchise memang menawarkan peluang usaha yang sudah memiliki system dengan baik, dan cocok bagi kamu yang tidak ingin repot. Akan tetapi, tiap sistem franchise juga memiliki syarat dan peraturan yang berbeda-beda. Pelajari aturan tersebut, jangan sampai sistem tersebut merugikanmu. Pilih juga bisnis franchise yang memiliki peluang bagus dan sesuai passion-mu. Semoga sukses!