5 Ide Makanan Kekinian Paling Favorit untuk Anak Muda

makanan kekinian

Perkembangan bisnis makanan kekinian terbilang sangat pesat. Meskipun persaingan sangat kuat namun banyak pula orang yang sukses menjalankan usaha ini. Kamu pun bisa menjadi salah satunya.

Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa membuat produk makanan kekinian yang unik dan diburu pembeli. Tak sedikit pebisnis makanan yang telah sukses dengan omzet jutaan rupiah. Makin banyaknya orang yang melek internet juga ikut mendongkrak penjualan bisnis makanan ini secara online.

Nah, jika kamu sedang bingung memilih jualan makanan apa yang laris namun menguntungkan, ada banyak pilihan yang direkomendasikan. Berikut ini ide usaha makanan kekinian paling laris di internet yang bisa kamu pilih.

5 Ide Makanan Kekinian Paling Favorit

1. Sandwich dan Roti Panggang

sandwich sebagai ide makanan kekinian

Sandwich yang dikemas menarik dengan isian beragam dan punya tampilan Instagramable juga mulai semakin banyak dicari. Dengan konsep simpel tetapi mengenyangkan, sandwich, dan roti panggang akan menjadi ide bisnis tentang makanan kekinian yang layak untuk di coba.

Ada beberapa keuntungan membuka bisnis sandwich atau roti panggang. Salah satunya adalah bisnis ini tidak membutuhkan tempat pengolahan yang besar. Dengan booth kecil berukuran 2 x 2 meter kamu sudah bisa menjalankan bisnis tersebut. Karena hanya menggunakan booth kecil, otomatis kamu tidak perlu menyewa lahan besar yang akan menguras pengeluaran usaha.

2. Nasi Kulit Ayam

nasi kulit ayam, murah enak dan makanan kekinian
sumber : DetikFood.com

Makan kekinian ini meskipun terdengar simpel tapi ternyata memiliki banyak penggemar. Siapa sih yang tidak sering memperebutkan kulit ayam saat makan bareng teman? Sekarang, kamu bisa mencoba membuka bisnis kuliner khusus menu kulit ayam yang gurih dan renyah! Dengan menu khusus yang di buat untuk pelanggan. Mereka sudah tidak perlu lagi menunggu sisa kulit ayam teman ataupun saudara untuk menikmati sepuasnya.

Baca juga:  Parfum Pria Terbaik: Inilah Berbagai Pilihan Aroma yang Disukai Wanita

Perpaduan nasi panas, kulit ayam yang kriuk, bumbu rempah, dan sambal bisa menjadi alternatif kuliner dengan harga terjangkau yang akan disukai oleh anak muda kekinian.

3. Katering Makanan Sehat

makanan sehat

Sehat memang bukan hanya datang dari faktor olahraga saja. Faktor lainnya yang juga penting dalam menjaga kesehatan tentu saja datang dari makanan.

Dengan semakin meningkatnya kepedulian mengenai kesehatan tentu saja memicu pertumbuhan katering yang memfokuskan diri pada makanan sehat. Berbagai macam pilihan menu makanan sehat bisa kamu temukan di berbagai kota. 

Ada beragam varian jenis katering diet yang diprediksi menjadi tren bisnis kuliner yang booming di tahun 2020 seperti diet OCD, diet Paleo, diet Ketofastosis, diet rendah lemak, dan lain sebagainya.

Harga yang ditawarkan juga beragam, berkisar dari Rp60 ribu per porsi sampai Rp150 ribu. Terlihat menjanjikan, bukan?

4. Roti John

Roti John sebagai usaha makanan kekinian
sumber : BisnisFun.com

Roti lapis dengan isian telur dadar biasa dikenal dengan nama Roti John ini sudah terkenal sejak akhir 2019. Camilan ini merupakan masakan melayu di Singapura selama masa kolonial Inggris. Kini, Roti John sudah populer di Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam.

Roti John bisa dibilang jajanan kekinian yang tengah naik daun alias populer di kalangan penggemar kuliner Indonesia.

Makanan ini pertama kali populer di Indonesia, lebih tepatnya di kota Surabaya berkat kehadirannya di kios Roti John Surabaya.

Muncul memberikan variasi roti terbaru, sajian ini menjadi jajanan favorit arek-arek Suroboyo, hingga akhirnya kini menjalar ke kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, dan masih banyak lagi.

4. Ayam Geprek

ayam geprek
sumber : HStore.com

Masih belum puas dengan tren bisnis makanan kekinian di atas? Tenang, masih ada banyak pilihan untuk. Salah satunya adalah ayam geprek.

Baca juga:  10 Film Korea Terbaik Ini Cocok untuk Maraton Seharian

Hidangan ayam geprek pada awalnya berasal dari warung makan sederhana di Yogyakarta. Ayam goreng tepung yang kemudian digeprek atau dihancurkan berbarengan dengan sambal bawang yang tingkat kepedasannya disesuaikan dengan pelanggan ini mendadak jadi primadona terutama di kalangan mahasiswa. 

Tren hidangan ayam geprek tidak hanya berhenti di Yogyakarta. Tren hidangan ini akhirnya menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan mendapat banyak penyesuaian terutama untuk sambal yang digunakan.

Hasilnya, sekarang bisa ditemukan berbagai ayam geprek dengan ragam sambal yang bervariasi seperti sambal matah, rica-rica bahkan hingga bulgogi. Kamu berniat untuk membuka bisnis kuliner dengan hidangan ini?

5. Martabak Aneka Topping

martabak aneka topping
sumber : Uprint.id

Salah satu camilan klasik Indonesia yang tak lekang oleh waktu adalah martabak. Martabak sendiri terdiri dari dua jenis yaitu martabak manis atau biasa juga disebut terang bulan di beberapa daerah dan martabak telur.

Karena tidak pernah sepi peminat, inovasi martabak pun menjadi semakin beragam. Misalnya saja seperti menambahkan beragam topping seperti bermacam-macam varian cokelat, biskuit hingga berbagai selai premium untuk martabak manis.

Martabak telur juga tidak luput dari inovasi yang tidak kalah popularitasnya. Bahkan agar tetap relevan dengan generasi milenial dan Gen Z yang sedang gandrung akan budaya Korea Selatan, martabak telur  dapat dikolaborasikan dengan Samyang, yang memiliki cita rasa bumbu khas Korea Selatan.

Masih Bingung?

Jangan bingung, mulai saja dulu. Ide bisnis kuliner akan selalu berubah seiring waktu. Usaha makanan kekinian yang kamu jalani saat ini bisa saja mengalami inovasi lain esok hari. Hal penting yang harus kamu pahami,  bahwa berani mencoba dan merealisasikan ide untuk segera sukses selagi muda itu perlu. Selamat mencoba.

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru