5 Orang Terkaya di Dunia dan Kalimat Inspiratifnya

Pada bulan April, Forbes telah merilis daftar beberapa orang terkaya di dunia pada tahun 2020. Dari beberapa nama yang di tampilkan, sebagian sudah tidak asing dan menjadi langganan dalam daftar tersebut.

Menjadi orang terkaya di dunia pastinya membutuhkan usaha yang tidak biasa dan semangat yang tinggi. Bagi kamu yang sedang menggeluti dunia bisnis, pastinya juga ingin sukses seperti mereka. Siapa saja pemilik daftar orang terkaya di dunia? Apa inspirasi yang bisa kita dapat dari keyakinan mereka untuk sukses? Simak kisahnya di bawah ini.

5 Daftar Orang Terkaya di Dunia dan Kalimat Inspiratifnya

Jeff Bezos

jeff bezos sebagai salah atu orang terkaya di dunia

Pada tahun 2020 ini, Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang paling kaya sejagat raya. Kekayaannya mencapai 113 miliar dolar AS. Kekayaannya ini berasal dari perusahaan teknologi terbesar Amazon.

Selain itu, Jeff Bezos juga memiliki saham di surat kabar Washington Post. Sebagai orang kaya, ia juga menginvestasikan kekayaannya di Blue Origin, perusahaan pembuat roket untuk kepentingan komersil.

Jeff Bezos memiliki sebuah inspirasi  unik yang mengatakan bahwa

“If you don’t understand the details of your business you are going to fail.”

Bezos berkeyakinan  bahwa seseorang yang tidak memahami bisnisnya , tidak akan bisa membangun sebuah usaha yang sukses di masa mendatang.

Sebagai contoh, jika kamu sedang menjalankan sebuah bisnis. Namun, tidak paham bagaimana caranya mengembangkan produk, memanfaatkan teknologi dan tidak mengerti bagaimana membuat SOP bisnis, dan seterusnya. Besar kemungkinan bisnismu akan mengalami kegagalan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu harus membuka diri untuk belajar mengenai bisnis, mulai dari hal terkecil sekalipun. Dengan demikian, kamu akan tahu ke mana membawa bisnis lebih jauh.

Bill Gates

Bill Gates orang terkaya di dunia no 2
sumber : baomoi.com

Saat ini Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia nomor dua setelah Jeff Bezos. Pendiri Microsoft itu memiliki kekayaan mencapai US$ 110,7 miliar. Pria berusia 65 tahun ini juga tercatat sebagai filantropis.

Baca juga:  Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Lulusan ITB Fisika Nuklir

Seorang Bill Gates memiliki sebuah kata-kata inspirasi cukup terkenal  yaitu “Jika Anda Terlahir Miskin, itu Bukan Kesalahan Anda. Tetapi Jika Anda Mati dalam Keadaan Miskin, itu Kesalahan Anda”.

Dari pernyataan tersebut, Bill Gates ingin mengajarkan bahwa kita tidak boleh hanya menyalahkan keadaan. Ketika Tuhan menciptakan manusia, manusia tidak bisa memilih di mana ia lahir, apakah di tempat yang baik dengan keluarga harmonis, dengan kekayaan yang cukup, atau dengan pendidikan keluarga yang tinggi. Tetapi dalam hidup, setiap manusia bisa mengusahakan yang terbaik untuk bisa memberikan tempat terbaik bagi keturunannya kelak.

Bernard Arnault

bernard Arnault
sumber : loveinc.com

Pada urutan ketiga, ada Bernard Arnault dan keluarga dengan kekayaan bersih US$ 109,8 miliar. Kekayaan itu diperoleh dari perusahaan Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH). Perusahaan ini memegang 70 brand di dunia seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Pelajaran bisnis dan hal inspiratif daru Bernard Arnault yang adalah ubah ide menjadi sebuah aksi. Bernard Arnault pernah mengungkapkan hal berikut,

when something has to be done, do it! In France we are full of good ideas, but we rarely put them into practice.

Menurut Bernard Arnault, biasanya, banyak orang yang memiliki ide inovatif dan menjanjikan tapi hanya sedikit orang mampu untuk merealisasikannya. Padahal, sebuah ide hebat tidak akan bermanfaat kalau hanya ada di dalam pikiran tanpa aksi.

Maka dari itu, buatlah rencana dan realisasikan ide bisnis kamu. Kamu pasti tidak mau jika orang lain sukses dengan ide yang sama, lebih awal, hanya karena kamu terlambat memulainya.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg orang terkaya ke 4 di dunia
sumber : mediaguna.com

Posisi keempat, diduduki oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dengan kekayaan bersih US$ 90 miliar. Facebook juga tercatat sebagai pemilik media sosial kenamaan WhatsApp dan Instagram. Media sosial ini semakin populer digunakan dalam berkomunikasi di tengah pandemi.

Baca juga:  Mengenang Sastrawan 'Hujan Bulan Juni' Sapardi Djoko Damono

Bagi seorang Mark Zuckerberg, risiko terbesar dalam hidup yang bisa dialami manusia adalah tidak mengambil risiko sama sekali. Dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko. 

Manusia wajib mencoba peluang apapun untuk sukses. Meskipun peluang tersebut mungkin akan berakhir gagal. Jika tidak pernah mencoba apapun karena takut mengambil risiko gagal, maka kamu tidak akan sampai pada pencapaian apapun.

Steve Ballmer

Steve Ballmer masuk dalam daftar orang terkaya di dunia no 5
sumber : Bloomberg.com

Nama Steve Ballmer tercatat sebagai orang terkaya di dunia nomor lima. Mantan CEO Microsoft ini memiliki kekayaan bersih senilai US$74,5 miliar. Ia sempat membeli NBA Los Angeles Clippers seharga $2 miliar.

Steve Ballmer lahir di Detroit dari pasangan Michigan Frederic dan Beatrice Ballmer. Dia terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Namun hal itu tidak membuatnya berpuas diri dan tetap mau bekerja keras.

Kata kata inspiratif dari Ballmer yang legendaris adalah “jatuh itu biasa, bangkit itu lebih penting “. Dalam kepemimpinan Steve Ballmer, Microsoft sempat meluncurkan OS baru yang sempat gagal.

Bukannya berhasil menggantikan Windows XP yang sukses besar di pasaran, Microsoft justru meluncurkan Windows Vista yang menjadi sasaran kritik banyak orang. Banyak hinaan diterima oleh Ballmer gara-gara Windows Vista ini. Apakah Ballmer dan Microsoft menyerah? Tidak, mereka berani mengakui bahwa Vista memang produk gagal dan membuat Windows 7 dan Windows 8 sebagai gantinya.

Kini gabungan dari Windows 7, Windows 8, dan Windows XP masih menjadi OS terbanyak yang dipakai sedunia. Pelajaran yang dapat kita petik adalah meskipun kita sempat membuat kesalahan besar, kita harus tetap bangkit dan membayar kesalahan tersebut dengan prestasi yang hebat.

Dari beberapa kisah inspiratif orang terkaya di dunia di atas, kita mengetahui bahwa kadang jalan menuju sukses itu sangat terjal. Tapi jalan yang terjal itu bukan tidak mungkin kamu lalui jika kamu punya semangat sukses yang sama denga mereka. Selamat mencoba.