bisnis makanan

6 Ide Bisnis Makanan dan Minuman Laris di Masa Pandemi

Punya tambahan pendapatan di masa pandemi yang sulit memang menjadi impian banyak orang. Tetapi memulai usaha di saat daya beli masyarakat sedang rendah seperti ini cenderung gampang-gampang susah. Jika kamu salah menentukan produk, bukannya untung bisa-bisa kamu malah buntung. Apalagi jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis makanan dan minuman. Jenis makanan yang memiliki masa ketahanan terbatas, akan membuat kamu sangat berhati-hati jika tidak mau rugi.

Agar terhindar dari perasaan was-was saat akan memulai bisnis makanan di masa pandemi, di bawah ini akan kita bahas kuliner hits apa saja yang tetap bertahan di saat ekonomi sedang turun di masa seperti ini.

1. Lauk Siap Saji

makanan siap saji

Lauk siap santap adalah pilihan pertama dari bisnis makanan yang paling laris di tengah pandemi. Bukan tanpa alasan, deretan lauk siap santap seperti rendang, ayam sambal ijo, ayam bakar, cumi pete dan bahan olahan ikan, daging dan ayam lainnya tentu perlu waktu dan berbagai macam bumbu untuk kamu masak. Apalagi rendang, proses memasak yang membutuhkan waktu dan kesabaran membuat orang berpikir dua kali untuk melakukannya saat tak punya banyak waktu luang.

Selain siap santap, lauk yang dijajakan melalui Whatsapp Story maupun Instagram Story ini menjadi variasi orang-orang, karena ada juga yang memiliki keterbatasan waktu dan keahlian memasak, jadi tinggal pesan, buka dari bungkusnya lalu disantap. Nggak perlu lagi mikirin kurang cabai, bawang, harus beli santan, atau membagi waktu ketika sibuk bekerja dari rumah.

2. Camilan

cemilan ringan untuk bisnis makanan
sumber : okezone.com

Berdiam diri selama pandemi di rumah sering membuat seseorang lebih banyak mengonsumsi camilan atau makanan ringan untuk menemani segala aktivitas. Adanya fakta tersebut, membuat usaha camilan menjadi sebuah bisnis makanan yang paling mungkin dilakukan di saat pandemi. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ketika berbisnis makanan ringan. Diantaranya makanan ringan ini lebih tahan lama karena berbentuk kering dan karena harga cemilan biasanya lebih murah, biasanya orang membeli dalam jumlah besar.

Baca juga:  12 Tahapan Melakukan Pitching dengan Efektif

3. Minuman Herbal

sumber : kompas.com

Selain jus buah, minuman lain yang laris selama pandemi adalah minuman herbal. Jenis usaha kuliner yang paling laku ini punya banyak bentuk. Mulai dari teh herbal, jamu, hingga suplemen, kamu bisa mencoba minuman herbal ini sebagai usaha di masa pandemi.

Minuman herbal menjadi cara yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Di masa pandemi, penjualan minuman herbal makin meningkat. Minuman herbal ini bisa kamu kemas dalam bentuk cair siap minum atau racikan yang bisa diseduh sendiri oleh konsumen. Pastikan bahwa produk yang kamu jual aman dan terpercaya kualitasnya, ya.

4. Frozen Food

frozen food
sumber : bacteriality.com

Tidak bisa dipungkiri kalau frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, bakso, risoles dan lain-lain sangat praktis dan berguna untuk keluarga. Tinggal goreng dan dihidangkan dengan nasi ataupun sayur, frozen food menjadi pilihan utama keluarga apalagi ketika ingin belanja bulanan.

Selain itu, frozen food berbentuk daging khas atau daging potong tipis juga sangat laku ketika pandemi. Sebab, banyak orang yang merindukan suasana bakar-bakaran, makan steak restoran hingga hidangan korean barbeque menjadi alasan mengapa frozen food berbentuk daging asli ini menjadi usaha kuliner paling laku ketika pandemi.

5. Minuman Praktis

minuman praktis
sumber : medium.com

Mungkin sudah biasa memesan minuman seperti kopi susu kekinian, boba atau thai tea melalui jasa ojek online. Namun di tengah pandemi seperti sekarang, para pelaku bisnis minuman sudah meng-upgrade jualannya dengan menyediakan minuman berbagai rasa dengan porsi lebih besar, mulai dari 500 ml hingga 1 liter.

Baca juga:  4 Perilaku Konsumen dan Perubahannya Pasca Pandemi

Selain itu, para pelaku bisnis minuman ini juga sudah sadar bahwa pandemi ini menyadarkan kita semua akan kesehatan diri masing-masing. Oleh karenanya, tidak jarang juga yang menyediakan menu baru seperti jus sehat, jus detox untuk tubuh hingga jamu seperti empon-empon yang ampuh menyehatkan badan.

6. Dessert

bisnis makanan dessert

Dessert atau makanan penutup juga tidak kalah larisnya dengan bisnis kuliner lain. Bentuk yang cantik dan rasa yang unik membuatnya sangat nikmat dikonsumsi setelah makan. Selain itu dessert juga bisa dinikmati bersama teh maupun kopi. Ketika pandemi COVID-19, banyak pencinta dessert yang rindu dengan dessert cafe kesayangannya. Maka dari itu, bisnis jualan dessert secara online ramai diminati banyak orang.

Setelah kamu tahu jenis makanan apa saja yang berpotensi laris manis di era pandemi ini, ada baiknya juga kamu simak tips memulai bisnis makanan dan minuman di masa pandemi:

  • Pilihlah jenis makanan yang tahan lama
  • Mengingat daya beli rendah, stok produk dalam jumlah terbatas
  • Sesuaikan besar usaha dengan modal yang dimiliki
  • Hindari berutang untuk usaha
  • Bukalah usaha kuliner sesuai dengan keahlian kamu

Satu hal yang perlu dicatat, ketika kamu ingin memulai bisnis makanan dan minuman, pastikan bisnis tersebut kamu kerjakan dengan hati bahagia. Karena apapun bisa terjadi dalam menjalankan sebuah bisnis. Maka untuk meminimalisir risiko dan kerugian di kemudian hari, setidaknya kamu telah memiliki persiapan mental yang baik, agar semua yang terjadi bisa kamu nikmati sebagai bagian dari proses perkembanganmu. Salam sukses!

Share