6 Ide Peluang Usaha Rumahan Secara Offline dan Online

Setiap orang pasti punya keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Akan tetapi masih banyak orang yang mungkin belum menemukan ide yang tepat dan cocok untuk dijadikan peluang usaha. Terutama untuk sebuah usaha yang mudah dijalankan baik secara online maupun offline.

Sebenarnya, ada begitu banyak pilihan ide usaha yang bisa kamu pilih karena kini jumlah peluang usaha yang ada pun semakin bertambah. Peluang usaha rumahan misalnya. Walaupun usaha rumahan, namun sudah banyak pengusaha sukses yang mampu keluar dari masalah finansial dan mampu mencapai kesuksesan dengan membangun usaha rumahan ini.

Jadi, jika kamu menjadi salah satu orang yang ingin mulai merasakan nikmatnya memiliki usaha maupun bisnis rumahan, jangan ragu untuk memulainya. Lalu, apa saja sih peluang usaha rumahan yang patut dicoba? Berikut peluang usaha rumahan secara offline dan online yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Berjualan Makanan atau Camilan

camilan kekinian

Berjualan makanan atau camilan adalah salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan, karena usaha di bidang kuliner memang nggak akan pernah ada habisnya. Malah akan berkembang semakin pesat. Apalagi kalau kamu punya keahlian memasak yang baik.

Karena cemilan cenderung berbentuk kering, kamu bisa membuat usaha ini dalam dua versi, yaitu online dan offline. Dengan potensi yang besar ini tentu kamu perlu melakukan sedikit riset agar usaha yang kamu jalankan di rumah ini bisa berjalan dengan lancar. Misalnya dengan mengetahui jenis cemilan kekinian yang sangat digemari oleh anak muda.

Jika ternyata kamu memiliki bakat untuk membuat cemilan basah semacam brownis atau cheese cake kekinian, kamu tetap bisa memasarkannya secara online. Kamu hanya perlu membuatanya secara terbatas, atau membuka sistem pre order, agar terhindar dari kerugian.

Baca juga:  Mengenal Kelebihan Ekonomi Syariah dan Penerapannya

2. Membuka Warung di Rumah

membuka kelontong di rumah

Ketika mendengar peluang usaha yang satu ini, mungkin terkenal sangat tradisional. Namun tahukah kamu, saat ini, usaha warung bahkan bisa dijalankan secara online. Kamu cukup menginformasikan warung kamu di social media, menampilkan daftar harga, sekaligus memberikan layanan delivery. Mudah bukan?

3. Membuka Kursus

kursus online sebagai peluang usaha

Jika kamu salah satu millenial yang ingin mengandalkan pengetahuan sebagai peluang usaha  kamu, maka online course (teaching) adalah bisnis yang cocok. Kamu bisa membuka usaha dan berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan serta tertarik untuk belajar.

Kamu bisa memberikan kelas offline di rumah maupun online dengan subjek pelajaran yang bervariasi. Mulai dari kelas bisnis, bahasa asing, hingga kelas soft/hard skills seperti Microsoft Office, atau Photoshop.

Bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan karena tidak sedikit orang yang ingin mempelajari pengetahuan atau skill tertentu. Akan tetapi, sebagian dari mereka tidak ingin repot keluar rumah dan internet adalah jalan pintas mereka.

4. Grup Maupun Privat Trainer

private trainer sebagai peluang usaha

Kesehatan sudah menjadi prioritas bagi beberapa kalangan masyarakat dan olahraga selalu menjadi kunci bagi mereka untuk menjalani hidup sehat. Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai kesehatan, diet yang tepat, serta hal-hal lain tentang olahraga, maka usaha ini akan sangat pas untuk di tekuni. 

Kamu bisa menjadi seorang guru atau trainer olahraga seperti aerobic maupun zumba secara online maupun offline. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi virtual online yang memungkinkan untuk penayangan materi olahraga yang kamu ajarkan secara langsung.

5. Make Up Artist

make up artist

Sudah sering mendengar istilah MUA atau Makeup Artist, bukan? Ya, bisnis ini sekarang menjadi incaran banyak orang, terutama wanita, yang ingin mengembangkan bakatnya dalam merias wajah.

Baca juga:  8 Rekomendasi Sumber Passive Income dengan Modal Kecil

Bagi kamu yang sangat gemar berdandan atau bahkan membantu merias wajah teman. Ini saatnya mengembangkan hobi tersebut menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu bisa memulai usaha Makeup Artist secara rumahan.  

Kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram untuk sarana memasarkan jasa kamu. Selain skill merias yang dibutuhkan, kamu juga harus pandai-pandai memilih alat-alat makeup yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan kamu nantinya. Bisnis bisa menjadi sangat menyenangkan terutama bagi kamu si makeup junkie! 

Di satu sisi, jika kamu tertarik untuk membagi keterampilan merias diri kamu secara online. Kamu bisa membuat banyak video tutorial untuk mendapatkan peghasilan melalui Youtube atau media sosial lain.

6. Blogging

blogging

Peluang usaha rumahan lainnya yang bisa kamu geluti adalah blogging. Blogging atau nge-blog ini adalah cara yang paling simpel buat menghasilkan uang di dunia maya. Potensi blogging untuk menghasilkan uang bisa dibilang sangat signifikan. Kalau kamu rajin dan dapat banyak viewers, tentu saja penghasilan yang kamu terima juga nggak sedikit. Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari advertisement atau iklan.

Buat menjadi seorang blogger, kamu nggak perlu mempunyai skill jurnalis yang handal cukup artikel yang kamu tulis bisa dipahami orang-orang.

Setelah kamu membeli domain dan server di situs web terpercaya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah fokus pada pembuatan konten yang bermanfaat. Konten yang kamu tulis tergantung pada topik yang kamu pilih. Rahasia blogger sukses fokus dalam satu hal. Misalnya kamu akan fokus untuk mereview film yang lagi hype nih, atau kamu akan fokus memberikan resep-resep makanan. Selain itu, kunci dari membuat konten adalah manfaat. Apapun konten yang akan kamu pilih nantinya harus ada manfaatnya juga ya.

Itulah beberapa peluang usaha rumahan yang bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba.