6 Rahasia Marketing Sukses Ala Produk Supreme

supreme

Bisa dibilang, Supreme adalah salah satu merek yang lagi digandrungi para remaja, enggak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Ada banyak alasan kenapa Supreme laku banget di dunia, salah satunya karena bisnis tersebut sering melakukan inovasi lewat produk-produk terbarunya.

Didirikan pada tahun 1994 oleh James Jebbia, Supreme pertama kali mengeluarkan produknya di pusat kota Manhattan dan berhasil menarik perhatian seluruh dunia mulai dari Skaters, Artist, bahkan Kolektor barang branded. Supreme juga dikenal karena kolaborasi yang luas, contohnya dengan Visvim, Comme des Garons, Stussy, Nike, Vans. bahkan pada tahun 2017 sempat bekerja sama dengan brand nomor 1 di dunia Louis Vuitton dalam merilis Supreme x Louis Vuitton logo box hoodies, yang dibandrol dengan harga retail $860 USD dan harga resell mencapai $25.000 USD, perbandingan harga yang sangat-sangat fantastis tentunya.

Ingin tahu apa saja yang bisa membuat produk Supreme terkenal dan laku keras? Apa saja tehnik marketing yang digunakan? Yuk, kita simak di bawah ini.

Rahasia Marketing Sukses Produk Supreme

Mengambil Gaya Kaum Urban

supreme selalu mengadopsi gaya kaum urban
sumber : NewYorker

Ketimbang membuat gaya fashion yang rumit dan hanya bisa digunakan untuk event tertentu. Supreme lebih memilih gaya kaum urban dengan kualitas istimewa. Sehingga sesuai digunakan oleh siapa saja. Brand yang terinspirasi dari gaya khas berpakaian kaum muda urban Amerika ini, memang terkenal sebagai brand yang banyak diinginkan dan selalu berhasil menjual habis produknya.

Bahkan setiap kali Supreme merilis produk baru, selalu saja ada antrean panjang yang menunggu produk-produknya. tidak hanya itu, ada juga beberapa pembeli yang rela menunggu sejak satu hari sebelum toko dibuka. Alhasil, lalu lintas di sekitar toko selalu terganggu akibat antrean sepanjang dua blok ini.

Baca juga:  Mengenal Bong Joon Ho dan Rekomendasi 5 Film Suksesnya

Hanya Menjual dalam Jumlah Terbatas

produk supreme selalu dibuat dalam jumlah terbatas

Kamu pasti heran, kan, kenapa produk Supreme selalu mahal? Ternyata, Jebbia sang pendiri memiliki strategi khusus dalam menjual produknya. Strategi tersebut adalah membuat produknya ‘langka’ atau eksklusif.

“Jika kami bisa menjualnya 600 buah, kami akan memproduksinya 400 buah, begitulah cara kami,” tutur James Jebbia.

Tidak hanya itu, Supreme juga memposisikan dirinya untuk sulit didapat. Meskipun terdapat permintaan yang besar, mereka tetap konsisten untuk memproduksi produknya dalam jumlah yang terbatas. Jadi, satu buah desain dari satu produk itu hanya akan diproduksi dan dijual dalam satu kali rilis. Karena produknya sulit didapat, secara tidak langsung kesan ekslusif juga muncul pada brand tersebut.

Menggunakan Ketenaran sebagai Peluang

supreme bahakan pernah menjual batu bata
sumber : highsnobiety

Tidak hanya fashion item seperti t-shirt, jaket, sepatu, celana dalam, dan kaus kaki, Supreme juga pernah menjual barang-barang yang cukup aneh, beberapa di antaranya adalah palu sampai linggis.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu mereka pernah menggegerkan publik karena menjual batu bata dengan harga 30 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp400 ribu. Faktanya, banyak banget orang yang rela merogoh kocek sebesar itu dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Jika kamu menengok halaman eBay, kamu pasti bisa melihat harga jual tertinggi batu bata tersebut yang mencapai angka 1.000 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 13 juta. Wow!

Menjadikan para Selebriti sebagai Brand Ambassador

anak kanye west juga menggunaan supreme
sumber : hypebeast

Alih-alih mengadakan acara fashion show secara rutin dan terbatas, Supreme menjadikan para selebritis sebagai brand ambassadornya.

Baca juga:  Mengenal Kisah Inspiratif 5 Orang Terkaya di Indonesia

Ini juga menjadi alasan lain yang membuat brand ini begitu populer, karena banyaknya selebriti-selebriti dunia yang memakai produk-produk Supreme. Kalau kamu perhatikan saat ajang Paris Fashion Week terakhir, Kanye West tampak memakai jaket hijau bermotif loreng dari Supreme.

Tidak mau kalah dari ayahnya, North West, putri Kanye West dan Kim Kardashian juga terlihat pernah tampil gaya dengan t-shirt yang sama.

Sering Berkolaborasi dengan Merek Terkenal

supreme bekerjasama dengan nike untuk produk limited edition
sumber : higsnobiety

Tidak hanya memproduksi item sendiri, Supreme juga sering berkolaborsi dengan merek-merek terkenal seperti Nike, Clarks, dan Vans. Tak ketinggalan, mereka juga pernah berkolaborasi dengan merek terkenal Commes des Garcos untuk jaket dan A.P.C untuk celana jeans. Keren, ya!

Menggunakan Pengaruh Hypebeast

sneaker supreme banyak diburu
sumber : medina theatre

Salah satu faktor yang membuat Supreme sangat terkenal adalah pengaruh komunitas hypebeast atau komunitas pencinta sneakers. Selain mengeluarkan produk sneakersnya sendiri, Supreme juga berkolaborasi dengan Nike, Vans dan banyak lagi. 

Berkat perkembangan yang masif dari para pencinta sneakers dengan kemampuan beli yang sangat tinggi ini, dua kata ajaib yakni ‘limited edition’ menjadi alasan mengapa Supreme sangat diburu untuk dimiliki.

Itulah beberapa strategi marketing unik bagaimana brand Supreme memasarkan produknya. Sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa brand ini begitu populer? Selain dari ke enam strategi di atas, ternyata popularitas brand tersebut juga didukung dari publikasi berbagai media fashion terkemuka, lho. Misalnya, majalah GQ Style yang pernah menobatkannya sebagai “streetwear brand paling keren di dunia saat ini”.

Tags: , , ,

Berita Terbaru