pijat perineum untuk bumil

6 Tips Manajemen Waktu Agar Produktif Mengelola Bisnis

Dalam mengelola bisnis tentunya diperlukan manajemen waktu yang baik agar bisa tetap terjaga produktivitasnya. Karena salah satu kemampuan penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah manajemen waktu yang baik. Mereka yang bisa lebih produktif dalam bekerja adalah yang tahu cara mengatur waktu. Tanpa adanya pengaturan waktu dengan baik, akan sulit bagi kamu untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Manajemen waktu akan sulit diterapkan kalau kamu tidak menghargai waktu sama sekali. Apalagi kalau bisnis kamu semakin besar. Jika manajemen waktumu buruk, maka kamu sendiri juga yang akan kesulitan dalam mengelola bisnis tersebut.

Lalu bagaimana sih tips manajemen waktu yang baik? Berikut ini ada enam tips penting buat kamu.

1. Menetapkan Tujuan

menetapkan tujuan

Menetapkan tujuan adalah salah satu tips manajemen waktu yang baik agar kamu bisa lebih produktif dalam mengelola bisnis. Pilihlah  tujuan jangka panjang yang proporsional dalam menjalankan bisnis. Kalau kamu tidak menetapkan sasaran dan tujuan dengan cara yang benar, maka kamu tidak akan memiliki target yang tepat untuk fokus pada hal tersebut.

Gunakan metode pengaturan sasaran secara tepat demi membantu kamu melihat semua target dan tujuan ke depan. Ketika kamu mau menetapkan tujuan-tujuan itu, pastikan kamu memiliki alasan yang kuat untuk mencapainya.

2. Membuat Daftar Perencanaan

manajemen waktu dengan perencanaan

Mengerjakan sesuatu tanpa perencanaan hanya akan membuat waktu kamu terbuang sia-sia. Kamu jadi tidak efektif dalam bekerja dan hanya akan membuang energi tanpa hasil karena kamu pasti akan kebingungan dengan apa yang harus dikerjakan saat itu. Biasakan diri dengan menyusun daftar apa yang harus dikerjakan keesokan harinya. Susun daftar perencanaan ini pada malam harinya. Buatlah juga daftar kegiatan untuk satu atau beberapa bulan ke depan. Gunakan aplikasi reminder yang banyak tersedia di smartphone. Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu mengingatkan kamu tentang apa yang harus dikerjakan dalam waktu dekat.

Baca juga:  Tips Kerja Cerdas untuk Kesuksesan Bisnis

3. Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas juga sangat penting nih demi manajemen waktu yang baik. Kamu harus menentukan mana yang menjadi prioritas utama dan mana yang bisa dikesampingkan dulu. Saat kamu sudah menentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritas, itu artinya kamu harus segera melakukannya. Jangan pernah menunda pekerjaan yang sudah menjadi prioritas.

Kalau kamu sudah menandai sebuah pekerjaan sebagai prioritas, maka nggak boleh ada hal lain yang bisa membuat pekerjaan tersebut menjadi tertunda. Abaikan semua gangguan yang datang sampai pekerjaan prioritas terselesaikan.

4. Menentukan Batas Waktu

manajemen waktu

Setiap pekerjaan yang kamu lakukan harus punya batas waktu yang pasti. Hal ini hanya untuk memastikan kalau kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat pada waktunya. Menentukan batas waktu juga bisa melatih kamu untuk lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Aturlah batas waktu di setiap pekerjaan dan berilah jeda sebelum melakukan pekerjaan berikutnya. Jeda waktu ini bertujuan untuk memberi kamu kesempatan melakukan evaluasi, apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai atau harus direvisi. Mengabaikan batas waktu yang sudah kamu tentukan hanya akan membuat pekerjaan kamu menjadi kurang efektif dan produktif.

5. Fokus pada Pekerjaan

Salah satu tips manajemen waktu yang baik agar produktivitas kamu dalam mengelola bisnis bisa terjaga adalah dengan fokus pada pekerjaan. Supaya kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan selesai tepat waktu, kamu harus selalu fokus pada pekerjaan tersebut. Tinggalkan semua hal yang bisa berpotensi memunculkan gangguan terhadap proses kerja kamu. Dengan fokus menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas selanjutnya, tentunya kamu akan mendapatkan manajemen waktu yang lebih efektif. Inilah cara mengatur waktu agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara tuntas.

Baca juga:  Cara Cerdas Menjalankan Bisnis Properti Bagi Pemula

6. Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup untuk menunjang produktifitas

Setelah melakukan banyak pekerjaan dalam mengelola bisnis kamu ini, jangan lupa buat istirahat yang cukup, ya. Dalam manajemen waktu tentu saja istirahat yang cukup sangat penting demi menjaga produktivitas. Setiap menyelesaikan satu pekerjaan, beri kesempatan tubuh dan otak kamu buat beristirahat. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. Gunakan waktu istirahat untuk sekadar meregangkan otot badan yang kaku atau menghirup udara segar agar hasil pekerjaan kamu juga bisa maksimal, karena terus menerus bekerja tanpa jeda juga bisa menurunkan konsentrasi kamu.

Selain itu, tidur yang cukup juga bisa menjadi sarana beristirahat dari semua kativitas bisnismu. Dengan tidur, maka otak akan terhindar dari rasa lelah berlebihan yang berpotensi menimbulkan penyakit serius di kemudian hari.

Manajemen waktu akan lebih mudah dilakukan kalau kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas. Semakin pintar kamu mengatur waktu, maka akan semakin dekat pula kamu meraih kesuksesan. Ingat ya waktu tidak akan bisa diulang, jadi selalu manfaatkan waktu yang kamu miliki dengan baik dan benar. Salam sukses.

Share