6 Tips Meraih Self Improvement Secara Mudah

Self improvement atau pengembangan diri adalah segala bentuk tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, kemampuan, keterampilan bahkan kualitas hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengembangan diri bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa mengembangkan diri atau melakukan self improvement melalui bantuan dari mentor, coach, konsultan, manajer, pembimbing atau siapapun yang kamu anggap ahli dalam bidang tersebut.

Pengembangan diri atau self improvement adalah sesuatu yang menjadi tanggung jawab bagi diri kamu sendiri. Bisa dikatakan, pengembangan diri adalah hal yang sangat penting di dalam kehidupan kamu. Ini perlu dilakukan oleh semua orang, tidak peduli siapapun dia, berapapun usianya, atau bagaimanapun keadaan dia saat ini, pengembangan diri atau self-improvement akan membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tips Meraih Self Improvement

Kenali Diri Kamu

kenali dirimu
sumber : satujam.com

Hal pertama atau paling utama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi ahli dalam pengembangan diri atau self improvement adalah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kamu sendiri dengan baik. Tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal diri kamu lebih baik daripada diri kamu sendiri.

Sebagai contoh, Kamu mendapat tugas untuk berbicara di depan umum dan ditatap ribuan pasang mata. Hal ini membuat kamu merasa sangat nervous dan takut. Kamu takut melakukan kesalahan yang memalukan, kamu nervous karena harus disorot oleh kamera, dan lain sebagainya. Pada saat berbicara, kamu mencoba untuk menyampaikan poin-poin penting dengan kekhawatiran yang begitu besar di dalam hati. Tapi, bisa saja orang-orang tidak tahu bahwa kamu nervous. Mungkin mereka menganggap bahwa pidato kamu sangatlah bagus dan kamu sangat menyukainya. Padahal, berbicara di depan publik adalah salah satu kelemahan kamu.

Baca juga:  Cara Tepat Melakukan Perhitungan Lembur Karyawan

Dari contoh ini, kamu bisa melihat bahwa hanya diri kamu sendiri lah yang memahami kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, bukan orang lain.

Mengenal Tujuan Hidup Kamu dengan Pasti

kenali tujuan hidupmu
sumber : okezone.com

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, cara kedua yang perlu kamu lakukan untuk menjadi ahli dalam pengembangan diri atau self improvement adalah mengetahui secara pasti tentang apa saja yang ingin kamu raih di dalam kehidupan ini. Dengan kata lain, tujuan hidup yang terarah adalah hal yang sangat perlu kamu pikirkan. Tujuan hidup yang terarah akan membimbing kamu dalam mengambil langkah-langkah yang benar sampai kamu bisa meraih tujuan hidup yang diinginkan.

Sebagai contoh, misalnya kamu sangat ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Memiliki banyak usaha menjadi tujuan hidup kamu. Dikarenakan kamu sudah memiliki tujuan hidup yang matang, maka kamu memutuskan untuk ikut dalam beberapa kegiatan pengembangan diri atau self improvement seperti, mengikuti kelas pelatihan usaha, aktif melihat peluang usaha, mengembangkan relasi, bahkan berkuliah di jurusan ekonomi atau pemasaran dan sebagainya.

Tidak Pernah Berhenti Belajar

belajar sebagai sarana pengembangan diri
sumber : hohero.com

Belajar adalah proses tiada akhir. Meskipun kamu sudah tidak duduk di bangku sekolah lagi, tapi bukan berarti proses belajar akan terhenti. Para individu yang tidak pernah berhenti belajar adalah orang-orang yang selalu melakukan pengembangan diri. Kualitas diri mereka tidak pernah menurun, bahkan selalu meningkat. Belajar merupakan salah satu cara utama agar kamu bisa menjadi seorang yang ahli dalam pengembangan diri atau self improvement. Mengapa? Karena ketika kamu melakukan proses pengembangan diri atau self improvement, akan ada serangkaian hal baru yang perlu kamu pelajari.

Baca juga:  Tidak Punya Biaya? Yuk Kuliah Online Gratis Saja

Meningkatkan Daya Tahan Diri

meningkatkan daya tahan diri

Pengembangan diri tidak mampu mencegah datangnya hal-hal buruk dan sesuatu yang tidak diinginkan. Karena hal tersebut sudah menjadi menjadi hukum alam.

Namun, seseorang yang senantiasa mengembangkan diri tidak akan pernah menyerah dalam menghadapi keadaan sesulit apapun, karena dia memiliki daya tahan yang luar biasa. Dia memiliki keyakinan sekaligus keterampilan interpersonal untuk menerima segala pemberian dari alam.

Karena itu, untuk dapat mengembangkan diri secara maksimal, kamu harus memiliki ketahanan diri secara baik.

Belajar dengan Ahlinya

belajar dari ahlinya

Jika kamu masih merasa kurang percaya diri dan kurang maksimal dalam melakukan pengembangan diri. Maka satu-satunya cara untuk menjadi seorang yang ahli dalam pengembangan diri adalah belajar langsung dari para ahlinya. Sebagai contoh, kamu bisa mencari mentor, coach atau pembimbing khusus yang bisa membantu kamu secara intens untuk melakukan pengembangan diri. Ini bisa menjadi cara ampuh bagi semua rekan-rekan Career Advice yang benar-benar ingin berhasil dalam proses pengembangan dirinya.

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung dan Positif

lingkungan kerja yang positif akan mendukung self improvement

Self improvement sebagai bentuk menghargai diri sendiri dengan menggali potensi dan mengasahnya menjadi kemampuan yang membuat percaya diri dalam mencapai tujuan hidup. Tentu saja tujuan hidup masing-masing orang berbeda, namun secara umum pasti sama, yaitu memperoleh kenyamanan dan ingin semua impian dapat terwujud.

Cari teman yang mendukung dan batasi berinteraksi dengan teman yang menghambat mimpimu. Karena dalam proses peningkatan diri, pasti sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekamur, karena dukungan akan sangat berpengaruh pada sikap maupun emosi.

Dengan adanya self improvement atau pengembangan diri maka kamu akan siap dengan kesuksesan mimpi mu dimasa depan. Salam sukses.