6 Tips Sukses Bisnis dari Michael Bambang Hartono

Beberapa waktu lalu, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Sepuluh besar orang terkaya RI tahun ini masih dihiasi wajah yang sama seperti tahun lalu, tetapi ada perubahan peringkat. Namun, meski banyak mengalami perubahan peringkat, anehnya orang terkaya di Indonesia selama 11 tahun berturut turut, masih ditempati orang yang sama yaitu Michael Bambang Hartono dan saudaranya Robert Budi Hartono dengan total kekayaan sebesar 522,2 triliun.

Siapa Michael Bambang Hartono?

michael Bambang hartono adalah orang terkaya di Indonesia
sumber : Grid.ID

Michael Bambang Hartono merupakan bos Djarum. Ia merupakan pemilik perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia. Sebelumnya pada 2018, Bambang Hartono pun sudah masuk jajaran konglongmerat di Indonesia.

Sumber kekayaannya tentu saja berasal dari asetnya yang tersebar. Daftar aset tersebut jika disusun akan terdiri dari kepemilikan saham, keuangan yang diperoleh dari keluarga, individu, bursa efek, dan laporan tahunan.

Seperti diketahui ayah dari Bambang Hartono, Oei Wie Gwan adalah pendiri PT Djarum. Oei Wie Gwan merupakan pengusaha keturunan Indonesia-Tionghoa yang membeli NV Murup, bakal produk dari merek Djarum. Oei Wie Gwan mewariskan hartanya kepada anak-anaknya, termasuk pada Bambang Hartono dan kakaknya sebagai penerusnya.

Selain bisnis industri rokok, Bambang Hartono juga merupakan pemegang saham di Bank Central Asia (BCA). Ia tercatat memiliki 51 persen saham di BCA. Adapula diketahui Bambang dan kakaknya Robert juga memiliki saham dalam bisnis properti berupa mal megah di Jakarta, yaitu Grand Indonesia. Kemudian, juga memiliki perusahaan elektronik, yaitu Polytron.

Baca juga:  5 Fakta Unik Amanda Cole, Pebisnis Muda yang Tangguh

Di sektor perkebunan, Bambang juga memiliki perkebunan sawit di Kalimantan Barat. Perkebunan sawit itu pun terbentang seluas 65 ribu hektare.

Dengan pencapaian dan kepemilikannya kekayaan yang meraksasa itu maka tidak heran jika Michael Bambang Hartono diakui sebagai orang terkaya tak tergantikan pada lebih dari satu dekade.

Tips Sukses Bisnis Michael Bambang Hartono

michael bambang hartono orang terkaya di indonesia
sumber : tribunnews.com

Terus Berinovasi

Bersama sang adik, Bambang Hartono berhasil mengubah usaha kecil yang hampir bangkrut menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Untuk membuat perusahaan keluarganya bangkit dari keterpukuran, Bambang dan Budi Hartono melakukan inovasi besar-besaran dengan memodernisasikan seluruh peralatan di pabrik rokoknya.

Perubahan tersebut berhasil membuat Djarum mengekspor produknya ke berbagai negara di luar negeri. Ini membuat Djarum sebagai salah satu perusahaan rokok di Indonesia penyumbang cukai tertinggi bagi APBN Indonesia.

Disiplin dan Pantang Menyerah

Bambang mengaku sering alami kegagalan baik dalam berbisnis maupun dalam beraksi di bidang bridge. Tapi kegagalan tak menghambat upayanya untuk bangkit kembali. Menurutnya, selama berusaha, risiko gagal dapat diminimalisasi.

Di sisi lain, Bambang meyakini tak ada keberhasilan tanpa sikap disiplin. Ia mengaku saat ingin berhasil, ia bisa membaca lebih dari lima buku dalam satu minggu. Mulai dari buku hobi hingga ekonomi.

Lakukan Diversifikasi Bisnis

Tips diversifikasi bisnis ini hampir dilakukan oleh semua pengusaha sukses. Kamu harus ingat, bahwa bisnis memiliki risiko. Dengan memiliki bisnis di banyak bidang atau diversifikasi, kamu dapat mengandalkan bisnis yang lain saat bisnis utamamu mengalami masalah. Atau kamu juga bisa mengandalkan bisnis yang lain untuk mendukung bisnis utamamu.

Baca juga:  Mengenal Nadiem Makarim, Pendiri Startup Sukses dan Menteri Termuda

Jadikan Uang Penghasil Uang

Bersama Budi Hartono, Bambang menguasai lebih dari setengah saham BCA. Mereka juga memiliki perkebunan sawit seluas 65 ribu hektare di Kalimantan Barat, serta sejumlah properti, termasuk di antaranya Grand Indonesia.

Tidak cukup tanam saham di Indonesia, Bambang juga memasuki dunia bisnis di luar negeri. Ia menjadi salah satu pemegang saham Razer Inc., perusahaan perangkat game asal San Fransisco, Amerika Serikat.

Gemar Beramal

Saat mengikuti pertandingan bridge, Bambang telah berjanji akan menyumbangkan hadiah yang ia terima jika berhasil mendapat medali. Menurutnya uang tersebut dapat digunakan untuk pembinaan olah raga di Tanah Air yang terbilang mahal.

Keluarga Hartono memang terkenal gemar beramal. Melalui Djarum Foundation, Hartono telah menyelenggarakan sederet kegiatan sosial mulai dari donor darah, beasiswa pendidikan, hingga penggalangan operasi katarak gratis.

Gigih Perjuangkan Visi

Selain teguh dalam berusaha, Michael Bambang Hartono juga teguh dalam memperjuangkan visi apapun dalam hidupnya. Salah satunya dalam mempertahankan cabang olahraga yang digemarinya. Seperti yang kita tahu, Michael adalah salah satu atlet bridge. Selain sebagai peserta turnamen bridge, Bambang juga menjadi tokoh yang memperjuangkan cabang olahraga tersebut dilombakan di Asian Games. Sudah sejak lama ia mencoba menepis anggapan miring bridge yang sering diasosiasikan sebagai judi.

Padahal, menurut Bambang, bridge dapat menjadi latihan ideal untuk meningkatkan kemampuan memori otak serta melatih pengambilan keputusan yang tepat untuk diaplikasikan dalam berbagai bidang, termasuk dunia bisnis.

Setelah tembus Asian Games, Bambang juga berhasil meyakinkan Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Sheik Ahmed Al-Fahad Al-Sabah untuk menyertakan bridge pada ajang Olimpiade.

Itulah rahasia sukses Michael Bambang Hartono. Meski usianya sudah tidak muda lagi, semangatnya berbisnis maupun berolahraga patut diacungi jempol. Semoga menginspirasi!