brand indonesia

7 Brand Indonesia Istimewa, Rasa Lokal yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam dan manusia yang luas. Karena kekayaan tersebut, maka tidak heran jika negara ini mampu menghasilkan banyak produk bermutu yang bahkan dipasarkan ke mancanegara. Ingin tahu apa saja brand Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara? Yuk cek informasinya di bawah ini. Siapa tahu ada salah satu produk favoritmu di situ.

Indomie

indomie, brand indonesia yang mendunia
sumber : IDNTimes

Selama puluhan tahun, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memproduksi aneka makanan dan minuman bergizi untuk masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak produknya, salah satu yang paling dikenal adalah Indomie.

Sejak 1972, perusahaan ini diketahui telah aktif menyuplai Indomie bahkan sampai menguasai semua pasar makanan instan. Berdasarkan survei konsumen dari lembaga asal Inggris Kantar Worldpanel, Indomie berhasil menduduki peringkat ke delapan sebagai produk bisnis makanan paling laris di dunia.

Co Donuts & Coffee

donat J.Co lezat
sumber : GenPI.co

J.CO Donuts merupakan waralaba asli Indonesia yang didirikan oleh Johny Andrean Group. Sosok yang lebih dikenal sebagai pemilik salon itu mendirikan J.Co pada tahun 2005.

Banyak yang rancu dengan merek dagang ini, lantaran secara kualitas J.Co boleh dibilang melampaui saingannya terdahulu seperti Dunkin Donuts dan Krispy Kreme.

Bahkan J.Co sempat hampir diakui oleh Malaysia, karena rasa donat produksinya yang begitu nikmat hingga menyedot banyak penggemar baru. Tidak hanya merajai negara sendiri, J.Co diketahui sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara. Antara lain Singapura, Malaysia, bahkan China. Ada 11 cabang J.Co di Malaysia, 18 di Filipina, empat di Singapura, dan 2 di Cina.

GT Radial

GT Radial, produk brand Indonesia yang mendunia
sumber : otomotifMagz.com

Bagi yang memiliki kendaraan pastinya sudah tak asing lagi dengan Brand  Indonesia untuk ban kendaraan yang satu ini, GT Radial. Brand dengan kualitas ban terbaik ini diproduksi di Indonesia dibawah naungan PT. Gajah Tunggal. PT Gajah Tunggal Tbk. adalah salah satu perusahaan pembuat ban di Indonesia.

Baca juga:  Frederich Silaban Arsitek Hebat di Balik Megahnya Istiqlal

Perusahaan PT. Gajah Tunggal didirikan pada tahun 1951 dengan memproduksi dan mendistribusikan ban luar dan ban dalam sepeda. Selanjutnya perusahaan ini berkembang memperluas produksi dengan membuat variasi produk melalui produksi ban sepeda motor tahun 1971, diikuti oleh ban bus untuk mobil penumpang dan niaga pada tahun 1981. Awal tahun 90-an, Perusahaan mulai memproduksi ban radial untuk mobil penumpang dan truk.

Saat ini PT Gajah Tunggal dengan ban GT Radial-nya sudah mengekspor berbagai jenis ban ke lebih 80 Negara di Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia (kecuali Cina), Australia dan Selandia Baru.

Buccheri

produk sepatu lokal Buccheri
sumber : Gotomalls

Menggunakan bahan kulit yang sangat bagus dan model asing pada iklannya, tak sedikit orang mengira produk Buccheri merupakan brand luar negeri yang membuka cabang di Indonesia. Rupanya brand yang memproduksi sepatu dan tas kulit ini berasal dari Indonesia.

Awalnya, brand Indonesia ini pertama kali dikenalkan oleh PT. Vigano Cipta Perdana pada tahun 1980 dengan toko kecil di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Saat ini Buccheri sudah memiliki puluhan cabang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

The Executive

the executive, produk fashion asli Indonesia
sumber : AEON Mall

Walau pada brand salah satu pakaian terkenal di tengah masyarakat ini menggunakan kata asing, nyatanya The Executive merupakan brand fashion yang berasal dari Indonesia. Brand Indonesia dalam bidang Fashion yang diproduksi di Bandung ini pertama kali didirikan oleh Johanes Farial yang bernaung di PT. Delami Garment Industries.

The Executive atau yang lebih dikenal dengan Executive 99 menyediakan berbagai pakaian resmi pria dan wanita dengan berbagai apparel pendukungnya, dengan model, potongan baju dan celana yang anggun dan menawan serta pemakaian bahan yang lembut serta nyaman di pakai. Kini, pemasaran The Executive sudah mulai merambah ke Negara Asia Tenggara, salah satunya Malaysia.

Baca juga:  Megawati Hangestri Pertiwi: Profil Singkat MVP Liga Voli Korsel

Polygon

sepeda polygon, brand Indonesia yang terkenal
sumber : Sepeda.Me

Polygon merupakan salah satu brand sepeda asli Indonesia yang sangat digandrungi masyarakat, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Brand lokal ini diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur yang memproduksi berbagai macam jenis sepeda, diantaranya sepeda gunung, sepeda mini untuk anak-anak hingga sepeda lipat dan sebagainya.

Kualitasnya yang tidak diragukan lagi membuat produk polygon sudah mendunia. Bahkan, sudah pernah dipakai atlet dunia, seperti Tim Downhill kelas dunia Hutchinson UR Team yang saat itu bertanding di UCI DH World Cup pada 2013 lalu.

Lea Jeans

lea jeans
sumber : TribunNews

Banyak dari masyarakat kita yang mengira kalau jeans yang satu ini produk asli Amerika. Apalagi nama serta logonya sendiri menggunakan bendera Amerika, ditambah lagi model iklannya yang selalu menampilkan model-model dari luar negeri. Padahal, merek Lea Jeans ini merupakan asli brand Indonesia.

Lea Jeans ini dikelola oleh PT. Lea Sanent di Tangerang, Banten sejak tahun 1976 dengan produk pakaian kasual, jeans, dan aksesoris lainnya berdesain ala Amerika. PT. Lea Sanent selalu menghasilkan produk jeans yang berkualitas terbaik, karena itu tak heran jika Lea Jeans mampu bersaing dengan brand dan merek terkenal luar negeri lainnya.

Dan sampai saat ini, Meskipun produk Lea jeans belum di ekspor ke mnacanegara. Tapi, ada pembeli dari luar negeri, seperti asal Korea Selatan, Hong Kong, Filipina, yang membeli dalam jumlah besar untuk dipasarkan di negara masing-masing. Itulah mengapa Lea jeans tetap di kenal hingga ke mancanegara

Setelah mengetahui beberapa brand Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara tersebut, adakah nama brand yang sudah kamu gunakan selama ini? Jika sudah, tetaplah mencintai produk dalam negeri. Karena, produk dalam negeri ternyata juga memiliki kualitas yang bagus dan diakui hingga mancanegara.

Share