niki zevanya

Niki Zevanya Musisi Lokal yang Go Internasional, Ini 7 Faktanya

Niki Zefanya atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Niki merupakan penyanyi asal Indonesia yang sejak tahun 2017 bergabung dalam label musik internasional 88rising, bersama dengan musisi Indonesia lainnya, yakni Rich Brian dan Stephanie Poetri. Penyanyi dan pencipta lagu dengan nama asli Nicole Zefanya yang lahir pada tanggal 24 Januari 1999 ini, memiliki segudang prestasi yang membuatnya semakin dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Beberapa lagunya seperti See You Never, I Like You, Lowkey, Indigo, Lose, dan lainnya sukses menjadi trending di YouTube. Kesuksesan Niki tak diperoleh secara instan. Niki harus berjuang ekstra keras dan melewati tantangan yang tak mudah. Di awal kariernya Niki pernah masuk dalam daftar The Best New Artists of 2018 versi media Complex. Niki juga merupakan penyanyi wanita pertama yang menandatangani kontrak dengan 88Rising. Sebagian besar musisi yang bergabung dalam label rekaman musik 88Rising merupakan rapper pria yang berasal dari Asia seperti Joji dari Jepang dan Higher Brothers dari Cina.

niki zevanya

Kemampuannya dalam bernyanyi dan menciptakan lagu, membuat Niki makin digandrungi para penikmat musik di seluruh dunia. Tapi, apakah kamu penasaran siapa sebenarnya Niki Zevanya? Berikut ini sederet fakta tentang Niki yang sudah MyLife rangkum untuk kalian. Keep scrolling!

7 Fakta Menarik Seputar Niki Zevanya

1. Selalu Bicara Tentang Indonesia

niki zevanya

Meski karya Niki Zevanya sudah diakui dunia internasional, ia mengaku tidak pernah melepas identitasnya sebagai orang Indonesia. Tanpa segan, Niki selalu berbicara tentang Indonesia pada orang-orang di berbagai kesempatan, seperti menyebutkan asal usulnya. Bahkan, saat tampil di Head in the Clouds Festival 2019, yang berlangsung di LA State Historic Park, LA, California, Amerika Serikat, Niki membuka penampilannya dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya karena pda waktu itu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Pada saat itu, Niki menghadirkan 17 pemuda di atas panggung dengan mengenakan busana serba merah dan putih. Tak ketinggalan, bendera Merah Putih juga berkibar di atas panggung yang dipegang oleh tiga pemuda. Selain itu, muncul pula suara pembacaan naskah Proklamasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Seakan ingin memberi kejutan manis, dengan pakaian merah-putih, Niki kemudian muncul dari balik panggung dan menyanyikan lagu Newsflash.

2. Pindah ke Amerika

Meski persaingan di dunia musik global sangat ketat, Niki Zefanya menjadi salah satu penyanyi perempuan Indonesia yang berhasil menembus pasar industri musik dunia. Sebelum memutuskan untuk hijrah ke Amerika, pada tahun 2014, Niki mengawali kariernya dengan merilis sebuah singel yang berjudul “Awali Hari dengan Cinta” di bawah naungan Sony Music. Dua tahun kemudian, ia merilis singel berjudul Polaroid Boy

Baca juga:  Ketahui 5 Jenis Investasi Online dengan Profit Tinggi

Pada tahun 2017, Niki memutuskan untuk pindah ke Nashville, Amerika Serikat. Tujuannya waktu itu adalah untuk mempelajari seni musik di salah satu universitas di sana. Di sela-sela kesibukannya, Niki menekuni dunia YouTube dengan aktif membuat cover lagu dan merilis singel berjudul Anaheum di akun YouToube Myrtle Lily. Musisi yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan, Jakarta ini mengaku saat itu ia tertarik dengan musik-musik beraliran indie. Ia banyak mendengarkan musik akustik, folks, The Lumineers. Lalu Niki mulai mencoba menulis lagunya sendiri dengan format indie.  

3. Pembuka Tiga Penyanyi Dunia

niki zevanya

Perjalanan gemilang karier Niki Zefanya makin dimantapkan dengan keberadaanya sebagai opening act beberapa musisi terkenal dunia. Ia pernah menjadi artis pembuka konser Taylor Swift yang diadakan dalam rangkaian The Red Tour yang digelar di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 2014 lalu. Tak berhenti sampai di situ, pada 2018, Niki Zefanya menjadi tamu spesial dalam tur dunia penyanyi dari Amerika Serikat, Hasley, yang bertajuk Hopeless Fountain Kingdom, Halsey. Selain itu, Niki Zefanya juga pernah membuka tiga konser Rich Brian pada tahun 2018 yang digelar di Australia. Serangkaian konser tersebut merupakan bagian dari Tur Australia 2018 yang digelar Rich Brian.

4. Bersahabat dengan Lisa Blackpink

Siapa sangka Niki ternyata memiliki hubungan persahabatan dengan salah satu anggota girl group dari Korea Selatan yaitu Lisa dari Blackpink. Persahabatanya dengan Lisa terpotret jelas melalui akun media sosial keduanya. Melalui beberapa kesempatan, Lisa kerap menunjukkan kegemarannya mendengarkan lagu-lagu milik Niki, seperti Spell dan Vintage. Bahkan lewat bantuan Lisa, salah satu lagu Niki yang berjudul Spell sempat menjadi trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan.

Baca juga:  Mengenal Apa itu Thrifting dan Bagaimana Cara Melakukannya

Nama Niki Zevanya pun makin dikenal luas saat ia mengunggah foto kebersamaannya bersama Lisa. Niki menyebut Lisa turut berperan dalam kesuksesan kariernya sebagai musisi wanita yang berasal dari Asia Tenggara, yang secara jumlah masih sangat sedikit keberadaannya di industri musik dunia. Sebagai dukungan terhadap sahabatnya, Niki juga sempat datang untuk menyaksikan konser Blackpink di Amerika Serikat.

5. Sosok Pendiam dan Pemalu

Meski kerap menyanyi di atas panggung dan disaksikan jutaan pasang mata, siapa sangka ternyata Niki adalah sosok yang pendiam dan pemalu. Niki mengakui sifat yang dimilikinya tersebut membuatnya berat dalam meniti karier. Namun, Niki berhasil melewati tantangan dengan keberanian tampil di depan publik. Kini Niki Zevanya tampil semakin percaya diri dan atraktif, dengan karakternya sendiri.

6. Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Berkat kegigihannya, perjuangan Niki berbuah manis. Niki bahkan masuk daftar bergengsi 30 Under 30 Asia 2020 yang dirilis oleh Forbes. Selain Niki Zevanya, musisi berbakat dari Indonesia lainnya yang juga masuk dalam daftar tersebut adalah Isyana Sarasvati. Daftar yang dikeluarkan setahun sekali ini memilih 30 orang atau grup berusia di bawah 30 tahun yang dianggap paling berpengaruh dalam 10 kategori di Asia. Niki dan Isyana masuk dalam kategori olahraga dan hiburan, di mana dalam kategori tersebut juga terdapat nama aktris Korea Selatan Park So Dam dan girl group TWICE.

7. Menggelar Konser Virtual

Setelah merilis album pertamanya, MOONCHILD, kali ini Niki menggelar konser musikal pertamanya. Niki Zefanya mengadakan konser virtual MOONCHILD Experience yang disiarkan melalui KASKUS TV, pada 10 Oktober 2020 lalu. Niki membuka penampilannya dengan menyanyikan lagu Wide Open. Ia juga menampilkan aksi teatrikal bersama sejumlah penari. Di pengujung konser, ada 10 fans yang berkesempatan untuk melakukan tanya jawab langsung dengan Niki. 

Seelumnya, Niki telah merilis album pertamanya MOONCHILD pada 10 September 2020. Album ini merupakan persembahan yang mencerminkan perkembangan pesat dan kemampuan yang dimiliki Niki dalam industri musik. Kemampuannya dalam bercerita di album MOONCHILD merupakan sesuatu yang selama ini hanya bisa ia cita-citakan.

Thia Destiani

Share