7 Ide Usaha Kreatif Paling Menguntungkan di Tahun 2021

ide usaha kreatif

Tahun 2020 segera berakhir. Tahun yang menyisakan banyak cerita seru akibat adanya badai COVID-19 ini tentunya menyisakan banyak ide kreatif usaha yang tiada habisnya karena gelombang PHK terjadi di mana-mana.

Memasuki tahun 2021 ini, pastinya kamu harus lebih siap untuk mengembangkan usaha lagi, karena masih banyak industri yang belum bangkit kembali.

Bagi kamu yang menyukai dunia usaha, maka beberapa ide usaha kreatif di bawah ini, bisa menjadi penyelamat dirimu untuk bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi di tahun 2021.

7 Ide Usaha Kreatif Paling Menguntungkan 2021

Pemanfaatan Produk Daur Ulang

produk daur ulang
sumber : mesinpencacahplastik.id

Seperti yang telah diketahui, sampah telah menjadi masalah lingkungan yang sangat serius. Padahal, ada banyak jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat dikreasikan menjadi produk lain. Di antaranya adalah kaleng minuman, aneka plastik, dan potongan kain sisa produksi pakaian.

Kamu pun tidak harus mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari sebuah hasil daur ulang, kamu bisa menciptakan barang-barang baru seperti kerajinan tangan.

Katering Sehat

makanan sehat

Katering atau jasa boga adalah salah satu bentuk bisnis yang sudah ada sejak lama dan umum di masyarakat. Saking umumnya, mungkin ada beberapa dari kamu yang memiliki kerabat atau teman yang menjalankan bisnis ini.

Namun, kamu juga bisa membuka bisnis katering non-konvensional. Katering sehat adalah salah satu contohnya.

Makanan yang disediakan katering sehat biasanya disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Misalnya, seseorang yang melakukan diet mayo akan ditawarkan menu-menu dengan kandungan garam yang rendah.

Oleh karena itu, bisnis ini mengharuskan kamu untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kondisi kesehatan dan gizi makanan. Jika tidak, kamu perlu bekerjasama dengan ahli gizi.

Event Organizer

event organizer
sumber :eventplanning.com

Apakah kamu pribadi yang suka membuat konsep acara? Jika ya, membuka usaha event organizer adalah ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi, jasa ini tidak pernah sepi pelanggan, mulai dari acara kantor hingga pameran.

Bagi kamu yang memang sudah berpengalaman mengatur berbagai jenis acara, pekerjaan event organizer bahkan dapat mendatangkan omzet hingga jutaan rupiah per proyek.

Baca juga:  6 Ide Peluang Usaha Rumahan Secara Offline dan Online

Akan tetapi, bukan berarti usaha ini tidak bisa dilakukan orang-orang yang minim pengalaman. Sebagai permulaan, kamu dapat bergabung dengan tim event organizer milik orang lain.

Hal ini diperlukan agar kamu dapat lebih mudah mencari supplier suvenir, penyewaan sound system, makeup artist, dan jasa-jasa lainnya yang dibutuhkan untuk sebuah acara. Dengan melakukannya, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Meskipun terdengar rumit, tidak sedikit orang yang berhasil membawa bisnis event organizer-nya ke kesuksesan dari nol. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu memiliki kemauan untuk mendalami usaha ini.

Jasa Penyedia dan Pembuat Konten Media Sosial

pembuat konten media sosial juga salah satu ide usaha kreatif

Selain website, media sosial adalah platform yang paling berpengaruh dalam pemasaran online. Akan tetapi, tidak semua bisnis memiliki staf khusus yang bertugas untuk membuat konten bagi akun media sosialnya. Inilah alasan mengapa jasa pembuatan konten media sosial sangat laris.

Namun, tidak sembarang orang mampu melakoni ide bisnis tersebut. Selain harus mampu membuat konten visual, baik gambar maupun video, Anda juga harus memiliki beberapa kemampuan yang termasuk dalam kiat-kiat pemasaran di media sosial.

Di antaranya adalah mengenali jenis-jenis audiens dan kompetitor bisnis milik klien. Mempelajari tentang latar belakang pangsa pasar klien sangatlah penting sebagai dasar konten yang akan kamu buat. Tanpa melakukannya, kamu tidak hanya akan kesulitan dalam menentukan model konten yang sesuai, tetapi juga hasilnya tidak akan maksimal.

Di samping itu, kamu juga perlu memperhatikan jenis-jenis konten yang terdapat pada media sosial milik para kompetitor sang klien. Tujuannya untuk menghindari konten yang identik. Ditambah lagi, cara ini juga digunakan untuk melihat potensi konsep baru yang dapat diaplikasikan pada media sosial klien.

Minuman Herbal

minuman herbal yang masih dipercaya untuk kesehatan
sumber :spesialislambung.com

Banyaknya orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, maka dari itu selain makanan sehat, mereka juga menyetok beberapa vitamin atau suplemen.

Tapi, sebagai orang Indonesia, banyak dari mereka yang masih mengandalkan minuman herbal, yang berasal dari bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit, serai dan lain sebagainya.

Baca juga:  Ketahui Cara Investasi Emas Digital dengan Modal Minim

Maka dari itu, kamu bisa juga masuk ke dalam bisnis ini dan mulai merintis dengan menjual produk-produk herbal khususnya minuman seperti jamu.

Kamu bisa membeli produknya sendiri, atau bisa juga menjadi reseller/dropshipper.

Mentoring

mentoring salah satu ide usaha kreatif 2021
sumber : fmpconsulting

Ide usaha kreatif selanjutnya yang bisa kamu terapkan di tahun 2021 nanti adalah jasa mengajar atau mentoring. Tentunya, mengajar yang dimaksud di sini adalah mengajar secara online.

Ya benar, di saat pandemi berlangsung, banyak kegiatan yang dilakukan di rumah. Bahkan, banyak juga seminar-seminar yang dilakukan via zoom atau Google meet.

Nah, tidak hanya itu, karena banyak menghabiskan waktu di rumah, tidak sedikit orang yang meluangkan waktunya untuk belajar hal baru.

Maka dari itu, jika kamu memiliki kemampuan dalam suatu bidang, jangan segan untuk melakukan jasa mengajar secara online. Modal yang kamu perlukan dalam melakuan usaha ini hanyalah akses atau jaringan internet untuk membuatmu tetap online.

Banyak yang menjadikan hal ini sebagai bisnis sampingan, lho.

Influencer

influencer
sumber : adamsmediagrup

Bagi kamu yang sering berkecimpung di media sosial mungkin sudah pernah mendengar istilah influencer. Pada dasarnya, influencer media sosial merupakan figur publik di platform-platform pertemanan yang memiliki jumlah pengikut berlimpah.

Sama seperti selebritis, para influencer media sosial juga sering digaet oleh berbagai bisnis untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Oleh karena itu, banyak figur berpengaruh yang dapat memiliki penghasilan melalui media sosial.

Dengan daya tarik tersebut, kini banyak orang ingin menjadi influencer online.

Akan lebih baik lagi apabila kamu bisa mengikutsertakan mereka dalam posting-posting yang ada. Sekali-sekali, buatlah posting yang dapat memulai sebuah diskusi. Contohnya dengan memberikan pertanyaan terbuka di akhir sebuah post.

Sebenarnya, masih banyak ide usaha kreatif yang bisa kamu lakukan di tahun 2021. Beberapa contoh diatas, hanya terbatas pada jenis usaha yang mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak biaya namun bisa mendatangkan untung besar. Salam sukses!

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru