7 Manfaat Jamu Kunyit Asam, Mulai dari Daya Tahan Tubuh Hingga Bau Badan

Kamu patut bangga jika kamu menyukai jamu kunyit asam. Karena ternyata ada sebagian orang yang tidak doyan mengkonsumsi minuman tradisional yang satu ini, lho. Padahal jamu kunyit asam sangat populer dan mudah ditemukan. Jamu kunyit asam biasanya menjadi incaran kaum hawa menjelang datang bulan.

Kombinasi dua bahan utama, yaitu kunyit dan asam jawa memang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Sehingga manfaat jamu kunyit asam bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengonsumsinya, bukan hanya perempuan saja. Yuk, intip manfaat dan info menarik lainnya seputar jamu kunyit asam di bawah ini. 

Perpaduan Kunyit dan Asam

manfaat jamu kunyit asam
Sumber: https://doktersehat.com/

Kunyit yang merupakan akar rimpang, sering digunakan sebagai obat herbal tradisional karena memiliki senyawa alami bioaktif curcuminoid, yang sangat berguna sebagai antiradang dan antioksidan. Sementara buah asam yang bentuknya berserat halus dan sering digunakan sebagai bumbu masakan ini, ternyata juga kaya akan nutrisi penting. Antara lain adalah magnesium, kalium, zat besi, kalsium dan fosfor. Selain itu, buah asam juga kaya vitamin B1, B2, dan B3. Maka ketika keduanya dipadukan, ada begitu banyak manfaatnya.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam
Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jamu kunyit asam yang paling utama adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit mengandung curcumin, sebagai imunomodulator yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk bekerja secara lebih aktif dalam melawan serangan virus dan bakteri berbahaya, termasuk kanker. Meskipun jumlahnya rendah, namun kandungan yang satu ini pada kunyit tetap mampu meningkatkan reaksi antibodi. Buah asam pun melengkapi manfaat kunyit ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Asam mengandung vitamin C dan antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi, sehingga memberi efek meningkatkan imunitas tubuh dengan baik. 

Baca juga:  Cerebral Palsy: Jenis, Gejala, hingga Pencegahannya

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Karena memiliki kandungan kurkumin, kunyit asam juga terbukti mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik, sehingga mengkonsumsi jamu kunyit asam secara rutin dapat menghindarkan dari penyakit Depresi, Alzheimer, dan penyakit yang menyerang otak lainnya. 

3. Melancarkan dan Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat kunyit asam yang lainnya adalah dapat melancarkan dan mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja untuk mengurangi hormon prostaglandin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. Bukan hanya itu saja, namun campuran kunyit dengan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh yang baik pada sistem saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim dan nyeri yang ditimbulkan bisa berkurang. Bagi para wanita, dianjurkan untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam sebelum atau sesudah haid.

4. Mencegah Penuaan Dini dan Mencerahkan Kulit

Jamu kunyit asam juga dapat dikonsumsi bagi kamu yang ingin mencegah munculnya keriput pada wajah, lho. Bukan tanpa alasan, kunyit mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, sehingga baik untuk melindungi kulit dari ancaman radikal bebas. Dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, maka bisa menjadi ramuan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini. Sementara bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, bisa secara rutin mulai mengonsumsi jamu kunyit asam untuk hasil yang maksimal.

Baca juga:  Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian dan Kondisi Psikologis Seseorang

5. Mengatasi Masalah Keputihan

Keputihan telah menjadi masalah umum yang dirasakan oleh sebagian kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa saja, namun keputihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keputihan sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim yang bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. 

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, karena kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tuba falopi, dan efektif mencegah keputihan. 

6. Mencegah jerawat

Terdapat pula manfaat kunyit asam yang baik untuk kecantikan, salah satunya adalah mencegah timbulnya jerawat. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang dapat menghambat munculnya jerawat pada wajah kamu. Bukan hanya itu saja, namun kandungan yang terdapat dalam minuman kunyit asam juga dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh masalah kulit lain seperti ruam, kurap, hingga kudis.

7. Mengatasi Masalah Bau Badan

Manfaat jamu kunyit asam yang tidak kalah menariknya adalah dapat mengatasi masalah bau badan. Bau badan memang menjadi masalah bagi sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat yang berlebihan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat diminimalisir dengan cara mengkonsumsi minuman kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat jamu kunyit asam yang perlu kamu ketahui. Karena kedua tanaman obat tersebut jika dipadukan menjadi sebuah minuman baik untuk kesehatan dan kecantikan, mulai sekarang jangan malas untuk rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam, ya.