7 Surga Tersembunyi Likupang, Elok dan Menakjubkan

Likupang, merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Nama daerah ini menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 karena Pemerintah menetapkannya sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas. Artinya, Pemerintah akan memaksimalkan pembangunan pariwisata dari berbagai aspek.

Likupang terletak di bagian paling utara Pulau Sulawesi dan berjarak 48 km dari Kota Manado. Jika menempuh dengan perjalanan darat dari Manado, dibutuhkan sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke sana.

Meski jaraknya cukup jauh dengan medan jalan yang berkelok-kelok, semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan alam bak surga. Panorama pesisir Likupang mampu memanjakan mata siapa pun yang singgah ke tempat ini.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang

Dalam konteks pembangunan ekonomi, Likupang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 84/2019. PP itu telah disahkan sejak 6 Desember 2019 dan diundangkan pada 10 Desember 2019. Dalam beleid tersebut tertuang bahwa KEK Likupang dikembangkan dalam rangka mengembangkan kegiatan perekonomian di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. KEK Likupang ditetapkan sebagai zona pariwisata dan secara spesifik terletak di atas lahan seluas 200 hektar.

KEK Likupang akan dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama dibangun sekitar 92,89 hektare pada kurun waktu tiga tahun, yaitu 2020-2023. Jadi, total target investasi sebesar Rp164 miliar untuk pembangunan kawasan KEK Likupang di tiga tahun pertama. Sedangkan, target investasi pelaku usaha dalam tiga tahun pertama adalah Rp750 miliar.

Keunggulan geoekonomi KEK Likupang bertumpu pada lokasi Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara memiliki orientasi geografis wilayah berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan pelabuhan Bitung. KEK Likupang diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp5 triliun dan dapat menyerap tenaga kerja 65.300 orang hingga 2040.

Baca juga:  7 Kuliner Khas Kintamani yang Wajib Kamu Coba di Bali!

Likupang dibangun dengan tema resor (resort) dan wisata budaya (cultural tourism) di tepi pantai. Tema tersebut didukung oleh kawasan sekitar yang memiliki pantai berpasir dan dekat dengan Wallace Conservation Center. Konsep Kawasan Ekonomi Khusus Likupang akan mengembangkan resor kelas premium dan kelas menengah (mid range resort), budaya (cultural), dan pengembangan WaIIace Conservation.

Jika belum pernah ke sana, Likupang memiliki luas sekitar 200 hektar dan memiliki kawasan pantai yang cantik. Dapat ditempuh dua jam perjalanan mobil dari Manado, rupanya ada banyak destinasi cantik di Likupang. Apa saja, ya?

1. Pulau Lihaga

likupang
Sumber: Sendy A Saputra via www.journeyofindonesia.com

Pulau Lihaga adalah destinasi pertama yang menarik buat kamu sambangi ketika berlibur di Likupang. Pulau yang terletak di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, ini terkenal dengan spot divingnya yang masih perawan. 

Selain itu, Pulau Lihaga juga dikenal dengan pantainya yang eksotis, di sini kamu bisa menjumpai pantai berwarna putih kecokelatan berpadu dengan perairan biru jernih dengan gradasi warna kehijauan.

Selain diving atau snorkeling, ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba di sini salah satunya adalah menikmat sunsetnya yang syahdu. Apalagi, luasnya yang hanya 6 hektare ini juga membuatmu tak perlu waktu lama untuk menjelajahi keindahan pulau ini. 

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pulau Lihaga kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 50 ribu untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing Rp 100 ribu.

2. Pantai dan Bukit Pulisan

likupang
Sumber: Sendy A Saputra via www.journeyofindonesia.com

Pertama-tama adalah Pantai Pulisan. Pantai ini memiliki tiga bagian yang dipisahkan oleh tebing batu menjorok ke laut. Tebing batu ini pun ada yang membentuk menyerupai gua dekat pantai, dan menjadi tempat favorit turis yang melancong. Pantainya pun memiliki hamparan pasir putih yang memesona.

Lalu ada Bukit Pulisan yang masih satu lokasi dengan Pantai Pulisan. Bukit ini menyajikan pemandangan padang rumput yang luas berpadu dengan laut biru yang indah. Kamu yang suka mendaki, pasti akan menyukai destinasi ini, Bela. Area pendakian masih terbilang cukup menantang. Namun setelah berjalan selama satu jam, lelahmu akan terbayarkan dengan panorama yang nggak bisa dinikmati di mana pun.

Baca juga:  Jenis Permainan Outbound dan 10+ Tempat Terbaiknya di Jogja

3. Pantai Paal

Sumber: Eric Yulianto via genpi.id

Pantai ini adalah terdekat dari Manado. Lokasinya berada di Desa Marinsow, Likupang Timur. Di sini, wisatawan bisa bermain di pinggir pantai dengan pasir putih sambil menyantap makanan-makanan khas Manado. Jika lapar dan haus, di sini terdapat beberapa warung.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain banana dan ufo boat. Apabila ingin snorkeling dan diving, maka harus izin pengelola setempat dan dipandu masyarakat lokal.

4. Pulau Gangga

Sumber: misteraladin.com

Selain Pulau Lihaga, destinasi lain di mana wisatawan bisa menyelam adalah Pulang Gangga. Biota alam bawah laut di pulau ini masih terjaga, dan air lautnya pun jernih. Selain itu, Pulau Gangga merupakan destinasi favorit karena kita menikmati dua hal dalam satu kali kunjungan, yakni matahari terbit dan tenggelam.

5. Ekowisata Desa Bahoi

Sumber: Ronny Adolof Buol via kompas.com

Berkelana ke Likupang Barat, kamu akan menemukan Desa Bahoi. Ini merupakan desa nelayan yang memiliki ekowisata mandiri untuk menjaga ekosistem laut. Ada berbagai terumbu karang dan ikan yang dapat kamu jumpai di bawah lautnya yang indah. Ekowisata Desa Bahoi ini pun terdiri dari hutan bakau yang berada di tepi laut.

6. Pantai Talise

Sumber: www.mongabay.co.id

Pulau dengan luas lebih dari 200 hektar di sebelah Pulau Gangga ini memiliki empat desa di dalamnya–Desa Tambun, Desa Talise, Desa Air Banoa, dan Desa Kina Bubutan.

Wisatawan juga bisa snorkeling dan diving untuk melihat kehidupan bawah laut di pantai pulau indah tersebut. Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk, tetapi perlu menyewa kapal dari Dermaga Desa Sewai untuk menuju ke Pulau Talise.

7. Bukit Larata

likupang
Sumber: linkterkini.com

Selain Bukit Pulisan, ada juga Bukit Larata yang terletak di Likupang Timur. Ini merupakan bukit savana dengan padang rumput membentang secara luas, berpadu dengan pemandangan laut lepas. Keduanya otomatis akan memanjakan matamu. Untuk mencapai puncak bukit, kamu perlu mendaki melewati medan yang agak sulit.