8 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Kamu Coba

kuliner jakarta

Pergi berkunjung ke suatu tempat tentunya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitu juga ketika kamu harus berkunjung ke Jakarta, rasanya belum lengkap jika belum mencoba kuliner Jakarta yang legendaris.

Selain menawarkan cita rasa yang kaya, kuliner Jakarta juga memiliki rasa yang khas dan berbeda. Ingin tahu apa saja kuliner Jakarta legendaris yang bisa kamu coba selama berkunjung ke sana? Yuk, kepoin artikel di bawah ini.

8 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Kamu Coba

Sate dan Sop Kambing H. Mansyur

sate H. Mansyur
sumber : pethaubychain.com

Kuliner legendaris Jakarta yang pertama yang bisa kamu coba adalah Sate dan Sop Kambing H. Mansyur. Sate ini terkenal akan bumbunya yang begitu gurih dengan daging sate yang empuk dan lembut.

Maka tidak heran jika Sate dan Sop Kambing H. Mansyur ini masuk dalam daftar menu kuliner legendaris dari Jakarta yang wajib untuk kamu coba.

Jika kurang suka sama sate kambing, kamu tidak usah khawatir karena di sini juga menjual sate ayam. Untuk satu porsi sate kambing atau sate ayam berisi 10 tusuk dengan bumbu khas H. Mansyur yang gurih dan nikmat.

Untuk membuktikan kelezatan sate H. Mansyur ini kamu bisa datang ke tempat makan ini pada pagi hari karena belum ramai oleh pengunjung.

Biasanya tempat makan ini akan ramai dikunjungi pembeli pada jam makan siang dan pukul 6 sore.

Untuk satu porsi sate kambing dibanderol dengan harga Rp40.000, sedangkan sate ayam dibanderol dengan harga Rp35.000. untuk semangkok sop kambing dihargai sebesar Rp35.000.

Roti Bakar Eddy

roti bakar eddy
sumber : traveloka.com

Camilan pun bisa menjadi kuliner yang legendaris apabila rasa dan kualitasnya bisa terus dijaga selama beberapa dekade. Salah satunya adalah roti bakar Eddy.

Berdiri sejak 1971 di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, almarhum Eddy Supardi sukses menjadikan bisnisnya berkembang sedemikian rupa dan menjadi salah satu tempat makan paling ngehits sampai saat ini. Warungnya sudah dibuka di beberapa cabang di Jakarta dan sekitarnya, yang menegaskan bahwa sajian yang dihidangkan memang memiliki kualitas tersendiri.

Yang menjadikan roti bakar Eddy melegenda adalah roti yang memang spesial. Dibuat secara khusus, dan juga merupakan roti buatan sendiri, membuat cita rasa yang tidak bisa tertandingi. Menu yang terkenal adalah roti bakar coklat keju.

Baca juga:  Berpetualang di 5 Pesona Keindahan Gili Trawangan

Gado-Gado Cemara

gado-gado cemara salah satu kuliner jakarta
sumber : rumahmakanjawabali.com

Kuliner legendaris dari Jakarta ini letaknya berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat, yaitu Gado-Gado Cemara.

Tentu tempat ini masuk dalam salah satu kuliner legendaris Jakarta, mengingat tempat makan ini telah ada sejak 1947.

Restoran gado-gado ini sudah berusia lebih dari 70 tahun dan terkenal dengan gado-gadonya yang dibalut bumbu saus kacang mede yang gurih dan kental.

Selain gado-gado, kamu juga bisa menemukan hidangan lain yang juga disajikan dengan bumbu kacang yang begitu nikmat. Menu makanan lainnya yang tidak kalah lezat adalah ketoprak.

Kamu juga bisa mencoba menu nasi goreng dan pesmol ikan tenggiri yang juga menjadi menu andalan di tempat makan ini.

Restoran legendaris ini buka mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore. Menu makanannya pun dibanderol mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp70.000,00.

Laksa Betawi Asirot, Kebun Jeruk

laksa betawi sebagai salah satu kuliner legendaris
sumber : jawaramasak.blogspot.com

Kuliner lokal khas Jakarta yang layak dicoba karena popularitasnya adalah laksa betawi Asirot. Kualitas yang terjaga membuat kuliner ini bisa bertahan di jajaran atas sejak tahun 1978.

Kuah laksa dengan rasa rempah yang kuat memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Gabungan bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon memberikan cita rasa yang khas. Apalagi tambahan santan memunculkan sensasi gurih yang mengesankan.

Isian laksa, seperti tahu, telur hingga daging semur, yang dihidangkan bersama ketupat, daun kucai, tauge dan bawang goreng menjadikan kuliner khas Jakarta ini begitu sensasional dalam hal rasa. Tidak salah jika kemudian sajian ini menjadikan tempat makan yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan itu menjadi melegenda.

Martabak Pecenongan 65A

martabak pacenongan
sumber : manual.co.id

Apakah kamu pecinta makanan manis? Jika iya, kuliner legendaris dari Jakarta ini bisa jadi menu pilihan kamu saat di Jakarta.

Wanginya yang khas bercampur dengan coklat, keju, dan kacang mede membuat kamu sulit untuk menolak mencoba kuliner legendaris satu ini.

Martabak Pecenongan 65A ini berdiri di Jl. Pecenongan dan menjadi awal mula berdirinya seluruh cabang kedai martabak di seluruh Jakarta. Maka tidak heran jika martabak ini disebut sebagai salah satu kuliner legendaris kota Jakarta.

Kamu juga bisa memilih varian rasa martabak untuk kamu nikmati seperti red velvet, oreo, dan nutella. Selain martabak manis, kamu juga bisa mencoba martabak telor yang memiliki cita rasa gurih.

Baca juga:  Jangan Malas! Yuk, Terapkan Gaya Hidup Sehat di Era Pandemi

Kedai Martabak Pecenongan 65A ini buka dari hari senin sampai jumat jam 6 malam hingga setengah 1 dini hari.

Sementara di hari sabtu dan minggu kedai martabak ini buka mulai pukul 6 malam sampai pukul 1 dini hari. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp90.000,00 sampai Rp130.000,00.

Ketan Susu Kemayoran

ketan susu kemayoran
sumber : garnesia.com

Berlokasi di Jl. Garuda No.16, RT.12/RW.8, Jakarta Pusat ini sudah ada sejak 1958 dan dikenal banyak masyarakat setempat yang menyajikan ketan susu pulen dan nikmat pengganti nasi, yaitu Ketan Susu Kemayoran.

Ketan susu biasanya disantap dengan beberapa hidangan lainnya seperti tempe goreng, singkong, ubi, dan pisang yang menjadi lauk utamanya. Ketan yang legit bercampur dengan parutan kelapa yang dicampur dengan susu membuat kuliner ini menjadi terasa sangat manis dan juga gurih.

Untuk sepotong ketan susu, kamu cukup membayar sebesar Rp 5.000 dan Rp 1.000 untuk satu gorengan.

Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika didampingi dengan segelas teh manis sebesar Rp 2.000 dan untuk teh poci sebesar Rp 6.000. Sangat terjangkau sekali, bukan?

Mi Ayam Gondangdia

sumber : bakmiclub.com

Bingung cari kuliner malam di Jakarta Pusat yang cocok disantap saat musim hujan, mi ayam Gondangdia bisa jadi solusinya.

Kamu dapat menyantap kuliner berkuah ini dengan tambahan gorengan yang renyah. Seporsi mi ayam juga dapat kamu pesan dengan toping bakso agar lebih menggugah selera.

Selain menu mie ayam sebagai andalan, disini kamu juga bisa mencoba menu lain seperti nasi goreng atau kwetiauw.

Soto Betawi Haji Ma’ruf

soto betawi H.Ma'ruf
sumber : reservasiku.com

Kuliner legendaris Jakarta yang terakhir adalah tempat special buat kamu yang suka dengan wisata kuliner.

Soto Betawi Haji Ma’ruf telah ada sejak zaman penjajahan elBanda dan berhasil bertahan hingga saat ini.

Tempat makan ini berada di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki dan buka mulai jam 10 pagi sampai jam 1 siang. Makanan yang ada di sini dibanderol dengan harga Rp 25.000.

Nah, itulah beberapa Kuliner Jakarta yang legendaris dan menarik untuk kamu coba. Dari beberapa kuliner di atas, menu manakah yang menarik perhatian kamu? Jangan lupa siapkan budget yang cukup agar wisata kulinermu di Jakarta semakin menyenangkan.

Tags: , , , , , , , , ,

Berita Terbaru