8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan

Jika kamu mencari destinasi wisata yang sama eksotisnya dengan Bali, maka kamu harus coba wisata Lombok. Selain terkenal dengan wisata pantai, ada banyak tempat menarik di Lombok yang menarik untuk dikunjungi. Kamu wajib ke sini untuk berwisata bersama keluarga atau teman.

Pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang selalu diminati banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Saat kamu liburan dan menikmati wisata Lombok, jangan buang kesempatan untuk mengunjungi delapan tempat wisata dengan panorma terbaik di bawah ini.

1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan luas area sekitar 40.000 hektar. Wisata Lombok yang satu ini akan mengajakmu mendaki gunung dengan ketinggian 3.763 mdpl dengan puncak tertingginya bernama Puncak Dewi Anjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi dan kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Gunung Rinjani menawarkan panorama luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, maka di  Rinjani ada Segara Anak. Tak hanya itu, jika kamu Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya, kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.

Sebelum melakukan melakukan perjalanan wisata Lombok di Gunung Rinjani, sebaiknya kamu perhatikan waktu terbaik untuk mendaki. Pendakian sebaiknya dilakukan antara bulan April hingga Desember. Perlu kamu tahu, Taman Nasional Gunung Rinjani akan tutup dari bulan Januari sampai Maret saat curah hujan tinggi.

2. Pantai Tanjung Aan

Wisata Lombok dengan panorama terbaik selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan yang berada di Lombok Tengah bagian selatan. Pantai ini sangat mudah dijangkau, karena hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Mataram.

Pantai Tanjung Aan menawarkan pemandangan yang istimewa. Pasirnya putih dan halus, airnya pun jernih kebiruan. Nggak heran kalau pantai satu ini sanggup menyegarkan mata dan pikiranmu. Jangan lupa memasukkan pantai ini di daftar destinasi wisata yang harus kamu kunjungi di Lombok.

Baca juga:  Menambah Ilmu dengan Wisata Budaya di Keraton Yogyakarta

3. Gili Trawangan

Pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan “Gili T” ini memiliki pemandangan laut yang memukau. Kamu bisa naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau sewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Bagi yang memiliki bujet terbatas, kapal umum adalah moda transportasi yang paling tepat.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan, salah satunya adalah snorkeling. Pemandangan bawah lautnya akan memanjakan matamu dengan cantiknya berbagai jenis ikan dan terumbu karang berwarna-warni. Jika tak ingin bermain air, alternatifnya kamu bisa menjajaki penjual suvenir di sekitar atau mengepang rambut dengan jasa yang ditawarkan warga setempat.

4. Pantai Semeti

Jika suka bertualang mencari pantai yang belum banyak diketahui wisatawan, wisata Lombok yang satu ini cocok banget buat kamu. Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, bersebelahan dengan Pantai Mawi yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisatawan untuk menantang ombak.

Pantai Semeti memiliki karakter yang unik, hamparan pasirnya putih dan dihiasi dengan batuan dan tebing karang dengan berbagai ukuran. Jika kamu pernah menonton film Superman suasana di sekitar pantai ini mirip sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton. Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis seperti dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai mendapat julukan Pantai Krypton.

Saat air surut, kamu bisa melihat langsung biota laut yang bersembunyi di dalam batuan dan tebing karang. Jalur menuju ke Pantai Semeti cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena kamu juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter. Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti berada.

5. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi ikon sekaligus magnet utama wisata Lombok. Pantai berpasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dengan Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Sama seperti di pantai Kuta, Bali, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di sini.

Aktivitas seru dan menyenangkan seperti bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan, bisa kamu lakukan dengan leluasa di Pantai Senggigi. Kalau ke sini jangan lupa mencicipi kuliner khas di sekitar pantai Senggigi, seperti plecing kangkung dan ayam taliwang.

Baca juga:  Cermati Cara Iklan di Instagram dan 4 Tips Jitunya!

6. Gili Meno

Wisata Lombok Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Gili Meno merupakan tempat yang cocok dijadikan sebagai destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim. Tapi kalau kamu hanya ingin sekadar berlibur, tempat ini adalah tempat yan pas buat kamu.

Saat berada Gili Meno, kamu bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik atau bayi penyu, seru kan?

7. Air Terjun Benang Kelambu

Wisata Lombok tak hanya terkenal dengan pantainya yang luar biasa indah, di sini kamu pun bisa menemui air terun yang eksotis salah satunya adalah Air Terjun Benang Kelambu. Objek wisata alam ini berada di Aik Berik, Lombok Tengah yang dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Mataram.

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air terjun ini dinamakan “Benang Kelambu” karena air yang mengalir bak benang tipis berukuran kecil. Gemercik air yang terdengar pun sangat halus dan dapat menenangkan jiwa dan raga. Destinasi wisata Lombok ini cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dan memulihkan batin.

8. Desa Sade

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Desa Sade merupakan salah satu tempat wisata Lombok yang harus kamu kunjungi. Tempat wisata ini berada di Lombok Tengah. Kamu bisa melihat secara langsung kehidupan suku Sasak di Desa Sade. Bahkan, mereka juga bisa turut bergabung dan bersosialisasi dengan penduduk setempat.

Masyarakat Sasak di Desa Sade tinggal di rumah adat yang unik. Kehidupan mereka sangat sederhana dan jauh dari kesan modern. Masyarakat Sasak juga sangat kreatif dalam membuat beragam kerajinan tangan. Kamu bisa melihat proses pembuatan kain tenun Sasak, kerajinan tangan, aksesoris, dan benda-benda menarik lainnya.

Itulah tadi delapan objek wisata Lombok yang perlu kamu kunjungi ketika berlibur ke sana. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, ya! Jaga lingkungan sekitar agar destinasi wisata Lombok semakin diminati wisatawan domestik mapun mancanegara.