cara menghemat uang

9 Cara Menghemat Uang Paling Ampuh Agar Kamu Cepat Kaya

Menjadi kaya terutama di usia muda merupakan cita-cita hampir semua orang. Tetapi untuk menjadi kaya ternyata membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Terutama dalam masalah mengatur keuangan. Mengetahui cara menghemat uang, bagi sebagian orang dianggap cukup perlu jika ingin segera kaya.

Penasaran apa saja caranya? Yuk kita bahas di bawah ini.

9 Cara Menghemat Uang Agar Cepat Kaya

Membawa Bekal Makanan dari Rumah

membawa bekal

Membawa bekal dari rumah baik ketika berangkat kerja maupun untuk aktivitas luar rumah lainnya adalah salah satu cara menghemat uang. Biasakan membawa bekal dari rumah agar kamu bisa berhemat. Buang jauh-jauh perasaan malu menjadi bahan tertawa oleh rekan kerja karena dianggap pelit atau seperti anak-anak.

Justru hal ini bisa mencerminkan bahwa kamu merupakan orang yang memiliki kebiasaan hidup sehat. Dengan membeli makan di luar seperti kafe, restoran, atau warung, tentu kamu akan lebih boros karena harganya yang lebih tinggi daripada masak sendiri. Selain itu, kebersihannya juga tidak terjamin. Bagi kamu yang sedang menjalankan diet, membawa bekal dari rumah juga akan sangat berguna.

Bijak dalam Berbelanja 

perilaku konsumtif

Berbelanja adalah salah satu kebutuhan hidup. Tapi jika tidak melakukannya dengan bijak maka berbelanja merupakan salah satu faktor yang menyebabkan keadaan finansial kamu akan semakin terpuruk.

Selain menahan godaan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, sebaiknya kamu juga berlaku bijak ketika berbelanja. Kamu tidak harus selalu membeli barang-barang kebutuhan di mal, swalayan, supermarket, atau hypermart. Cobalah untuk berbelanja di pasar tradisional yang biasanya menawarkan harga lebih rendah.

Baca juga:  Penting! Mengapa Perlu Mempersiapkan Dana Pensiun

Tidak Perlu Menggunakan Kartu Kredit

Kegunaan kartu kredit sama halnya dengan memberi utang untuk kamu manfaatkan. Jika tidak bijak, kartu kredit justru akan membuat pengeluaranmu semakin besar. Dengan tidak menggunakan kartu kredit, kamu akan berpikir untuk menghabiskan sejumlah uang yang kamu miliki saja. Jika terpaksa memiliki kartu kredit untuk urusan kerja, maka gunakanlah secara bijaksana.

Mencatat Pengeluaran

Walaupun terkesan rumit, mencatat pengeluaran sangat banyak manfaatnya. Dengan mencatat, kamu akan mengetahui berapa uang yang masih kamu miliki dan berapa yang telah kamu belanjakan. Secara tidak langsung, mencatat pengeluaran juga akan membuatmu berhati-hati jika angka pengeluaran sudah melebihi kemampuan finansialmu.

Menjaga Kesehatan

menjaga kesehatan merupakan salah satu cara menghemat uang menjaga dari sakit

Menjaga kesehatan adalah salah satu cara menghemat uang. Ingatlah, sakit itu mahal. Selain itu, jika sakit, maka semua produktivitasmu untuk bekerja dan menghasilkan uang juga akan ikut tertunda. Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu perlu menjaga kesehatan. Berolahraga secara teratur dan makan-makanan bergizi akan membantumu tetap sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Membuat Skala Prioritas

Dalam hidup ini tidak semua hal itu penting. Membuat skala prioritas merupakan salah satu cara untuk mengetahui bahwa ada beberapa hal yang tidak perlu kamu miliki. Jika menyangkut masalah finansial, membuat skala prioritas berarti hanya membeli apa yang diperlukan saja.

Kamu bisa membiasakan untuk mencatat kebutuhan dalam satu bulan. Kemudian kamu pertimbangkan lagi kebutuhan apa yang sangat mendesak dan harus kamu beli. Hilangkan beberapa hal yang sekiranya tidak penting untuk dibeli. Biasakan untuk membuat prioritas agar kondisi keuanganmu aman.

Baca juga:  Memahami IPO, Cara Memperoleh Modal Tanpa Utang Bank

Buat Rekening Alternatif

Sebenarnya, tidak begitu sulit untuk menyembunyikan uang. Cukup membuat rekening tabungan alternatif tanpa akses kartu ATM. Setiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif atau aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tidak repot kirim manual.

Supaya uang di tabungan alternatif tidak terpakai sama sekali, lakukan print buku tabungan setiap 4-5 bulan sekali. Setiap kali menerima bonus, segera setor langsung  dan jika pendapatan bulanan naik, berarti nominal yang disetor harus naik pula.

Bayar Tunai

bayar tunai

Masih terkait dengan penggunaan kartu kredit. Sebenarnya dampak positif kehadiran kartu kredit yaitu tak perlu bawa uang banyak ketika berbelanja. Akan tetapi dampak negatif bagi si pemilik kartu yaitu utang menumpuk akibat pemakaian tidak terkendali.

Agar finansial aman bebas dari virus kartu kredit, lebih baik jangan taruh di dompet dan bayar segala sesuatu dengan uang tunai.

Berinvestasilah untuk Masa Depan

Pendapatan yang kamu miliki tidak akan bertumbuh dengan optimal, jika hanya disimpan di dalam tabungan saja. Bahkan nilainya akan terus tergerus akibat tingkat inflasi yang terjadi sepanjang tahun. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyisihkan sebagai pendapatan untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Jangan berpikiran bahwa investasi membutuhkan modal yang besar, sebab saat ini investasi sudah bisa dilakukan hanya dengan modal uang Rp 100.000 saja. Cukup sisihkan pendapatan yang dimiliki minimal Rp 100.000 setiap bulannya dan kamu sudah bisa mendapatkan potensi bagi hasil mulai dari 18% secara efektif per tahun.

Itulah sembilan cara menghemat uang agar kamu bisa menjadi orang kaya meskipun dengan gaji yang tidak terlalu besar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu.

Share