9 Tips Manajemen Waktu untuk Membantumu Tetap Produktif

manajemen waktu

Masih merasa sering mengerjakan tugas melebihi target waktu? Banyak pekerjaan yang tidak bisa terselesaikan dengan baik? Merasa tidak memiliki waktu istirahat yang cukup? Mudah stres? Coba lihat bagaimana cara kamu melakukan manajemen waktu selama ini.

Apa itu Manajemen Waktu?

pengertian mengatur waktu

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Cara ini juga melibatkan tindakan menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hobi, minat pribadi, dan komitmen dengan keterbatasan waktu.

Menggunakan waktu dengan efektif memberi seseorang kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan mereka sendiri. Manajemen waktu biasanya selalu didukung oleh berbagai keterampilan, alat serta teknik yang digunakan untuk mengatur waktu ketika menyelesaikan tugas, proyek dan tujuan tertentu sesuai dengan tanggal deadline.

Manfaat dan Fungsi Manajemen Waktu

manfaat manajemen waktu

Kemampuan seseorang dalam mengatur waktunya secara efektif akan sangat berperan penting dalam segala hal karena penggunaan waktu yang baik akan membawa pada peningkatan efisiensi serta produktivitas yang sesuai target dengan lebih sedikit stres ataupun beban yang tidak penting. Berikut ini adalah manfaat dalam manajemen waktu yang benar:

1. Meningkatkan Produktivitas dalam Pekerjaan

Sebuah manajemen waktu yang baik akan mampu membawa fokus dan perhatian pada target pencapaian. Kamu tidak lagi kebingungan dalam menentukan prioritas jika mempunyai manajemen waktu yang tersusun baik.

2. Meningkatkan Kepuasan Pekerjaan dan Peningkatan Peluang

Pekerjaan yang selesai tepat waktu dan sesuai tentu akan menambah rasa puas secara pribadi dan memberi kamu lebih banyak kelebihan waktu serta peluang untuk mengeksplorasi peluang- peluang lain yang ada.

3. Mengurangi Kadar Stres dan Tekanan

Dengan tercapainya target pekerjaan dan ketepatan waktu dapat mengurangi beban kerja, stress juga tekanan. Disamping itu kamu juga berpeluang untuk merevisi pekerjaan yang kamu rasa kurang memadai dengan lebih cermat tanpa khawatir.

Baca juga:  6 Tips Manajemen Waktu Agar Produktif Mengelola Bisnis

4. Mencapai Target dan Tujuan

Target yang diinginkan akan lebih cepat terealisasi dan sasaran yang hendak dituju menjadi jelas serta terselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Tips Manajemen Waktu

tips mengatur waktu

Membuat Daftar

Hal pertama untuk memiliki manajemen waktu yang baik yaitu membuat suatu daftar kegiatan. Daftar tersebut bisa berisikan tentang berbagai poin-poin penting mengenai tugas yang harus dilakukan dan selesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.

Dengan memiliki daftar kegiatan, kamu akan mengetahui berapa banyak waktu yang kamu miliki untuk menyelesaikan suatu project. Daftar ini juga akan menjadi pengingat yang baik jika kamu mulai malas mengerjakan tugas dan menundanya.

Mengatur Prioritas Utama

Banyak hal yang ingin dikerjakan setiap orang dalam hidupnya. Akan tetapi tidak semua hal tersebut penting. Maka cobalah membuat skala prioritas.

Agar waktu yang digunakan produktif, kamu bisa mengatur apa yang menjadi prioritas utama dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Misalnya saja, lebih baik mendahulukan mengerjakan tugas kantor dibandingkan menonton film kesukaan.

Mengenali Waktu Produktif

Beberapa orang merasa bersemangat jika mengerjakan tugas di pagi hari. Tapi sebagian yang lain merasa malam hari adalah waktu produktif mereka. Tiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda.

Kenali waktu produktifmu. Gunakan waktu produktif tersebut untuk mengerjakan prioritas utama dan hal-hal tersulit yang membutuhkan fokus lebih.

Dengan mengenali waktu produktif, kamu bisa lebih maksimal mengerjakan tugas yang berarti akan membuat banyak prioritasmu  terselesaikan lebih cepat dan mudah.

Mengerjakan Sesuai Rencana

Orang-orang sukses selalu memiliki banyak rencana dalam hidupnya. Karena hal tersebut, maka menunda-nunda sebuah pekerjaan tidak termasuk dalam rencana mereka.

Baca juga:  Ingin Pengajuan Kredit Diterima? Perhatikan BI Checking

Waktu sangat berharga dalam hidup, jadi jangan pernah ditunda-tunda. Tugas yang seharusnya kamu lakukan, lakukanlah sekarang. Jangan biarkan waktumu terbuang dengan sia-sia saja.

Fokus

Jika waktu telah terbagi dengan baik maka kamu harus fokus terhadap apa yang telah menjadi prioritas utama dan daftar agenda yang telah kamu buat. Lakukanlah itu sebaik mungkin step by step.

Buat Tujuan yang Jelas

Apa tujuan kamu dari pekerjaan ini? Buatlah tujuan yang jelas. Jika kamu sudah paham kerangka tujuan dari pekerjaan, maka hal tersebut akan lebih mudah buat diselesaikan. Karena, kamu tidak perlu bingung mengenai apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini adalah kunci manajemen waktu.

Hindari Stres

Ketika kamu merasa bahwa apa yang kamu kerjakan begitu berat, maka saat itu juga kamu akan kesulitan mengatur waktu untuk bekerja. Untuk itu, hindarilah stres dan jangan lupa melakukan relaksasi dengan mengerjakan apa yang kamu suka.

Beri Jeda Istirahat

Menunda memang bukan hal yang baik. Namun, terus menerus bekerja tanpa jeda akan menjadi sebuah hal yang merusak tubuh dan menurunkan konsentrasi. Berilah jeda lima belas sampai dengan tiga puluh menit untuk sekadar tiduran atau melakukan hobi.

Tidur yang Cukup

Begadang akan membuat kamu menjadi mudah lelah dan juga sulit untuk konsentrasi. Tidurlah yang cukup setiap malam, jangan paksa diri untuk lembur hingga tidak tidur. Manajemen waktu terhadap waktu istirahat ataupun tidur adalah hal penting karena kesehatan merupakan aset paling berharga.

Setelah memahami beberpa tips manajemen waktu diatas, tentunya sekarang kamu telah siap untuk sukses dengan segala aktifitas dan rencana yang kamu miliki. Tetap semangat!

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru