9 Soft Skill Penting untuk Calon Pengusaha Sukses

Soft Skill adalah kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Soft skill yang kamu miliki memperlihatkan bagaimana kamu dapat berinteraksi dengan lingkungan di sekitarmu.

Jika hard skill merupakan sesuatu yang bisa diraih dan dipelajari, soft skill merupakan atribut ‘bawaan’ kita sebagai individu. Hal ini mungkin bisa dipelajari, namun tidak dengan cara belajar layaknya mengenyam bangku kuliah, namun dengan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain serta melatih kepekaan terhadap lingkungan. Dari sini, kita bisa mengimplikasikannya pada perilaku dan berimbas pada soft skill.

Soft skill tidak terlihat dibandingkan kemampuan teknis, dan untuk memperolehnya kamu tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan. Kamu dapat memperoleh soft skill melalui pengalaman di sekolah, pengalaman hidup, dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni. Pengalaman tersebut merupakan sebuah pembelajaran sangat berharga sehingga kamu dapat menjalani peran sebagai seorang profesional yang tidak hanya dalam urusan teknis, namun sangat lihai berhubungan dengan orang lain.

Berikut ini sembilan soft skill yang pelu kamu ketahui untuk menjadi pengusaha sukses.

1. Berpikir Analitis

analisis kritis

Pertama, seorang pengusaha harus mampu berpikir secara analitis. Maksudnya, pengusaha harus pintar dalam membaca situasi yang sedang terjadi, dan memprediksi apa yang akan terjadi di depan. Bukan sebagai peramal, soft skill ini bisa terasah dari pengalaman yang kamu miliki.

Semakin banyak kesalahan yang kamu hadapi, akan semakin terasah pula soft skill tersebut. Dengan soft skill ini, segala kebijakan yang kamu keluarkan akan lebih terstruktur dan lebih terencana.

2. Menyelesaikan Masalah dengan Tepat

Selanjutnya, kamu harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Bukan dengan cara asal-asalan ya, tapi dengan langkah yang tepat. Keahlian yang satu ini mungkin akan berjalan seiringan dengan kemampuan berpikir analisis. Berpikir analisis memungkinkan kamu mendapatkan beragam ide-ide terbaik.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Blogger Sukses dalam Sekejap

Jika seorang pengusaha memiliki kemampuan ini, otomatis masalah yang sedang dihadapi akan dengan mudah menemukan jalan keluarnya.

3. Komunikasi

soft skill komunikasi

Kemampuan berkomunikasi adalah hal yang paling penting di setiap dunia profesional, termasuk dunia usaha. Pasalnya, komunikasi adalah sarana terpenting untuk mencapai tujuan-tujuan berbisnis.

Jaringan bisnis tentu hanya bisa dilakukan melalui komunikasi. Jadi kalau mau sukses ya harus bisa berkomunikasi dengan baik.

4. Kemampuan Bernegosiasi

Nah, soft skill keempat ini enggak kalah penting dari ketiga lainnya, yakni kemampuan bernegosiasi. Pengusaha harus pkamui dalam hal negosiasi dengan klien. Dengan kemampuan ini, kamu akan dengan mudah mendapatkan kesepakatan yang sama-sama menuai untung.

5. Manajemen Waktu

manajemen waktu

Bukan rahasia umum kalau pengusaha adalah orang yang sibuk. Meskipun memiliki fleksibilitas waktu, pengusaha harus mampu mengaturnya.

Kehidupan para pengusaha tak selamanya berada di kantor atau lokasi usaha, karena mereka harus menjalin hubungan dengan calon klien atau mengurusi tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan proses bisnis.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk memiliki soft skill manajemen waktu yang baik. Harus mahir memrpioritaskan mana yang paling penting lebih dulu agar tidak keteteran nantinya.

6. Percaya Diri

percaya diri

Coba ingat-ingat pengusaha paling sukses yang menginspirasi kamu. Apakah mereka tampak seperti seseorang yang meragukan kemampuan atau bakat mereka? Tidak. Mereka tahu bahwa mereka layak untuk sukses sebab itulah yang diperlukan untuk menjadi sukses. Kamu tidak hanya harus percaya pada perusahaan dan visi Kamu, tetapi kamu harus percaya pada diri aamu sendiri.

7. Kemampuan untuk Mendengarkan

Kamu tidak bisa mengelola tim yang hebat atau menjalankan menyediakan layanan pelanggan yang hebat jika kamu bukan komunikator yang efektif. Komunikasi adalah jalan dua arah. Untuk berkomunikasi secara lahiriah secara efektif, Kamu harus memperhatikan motivasi orang lain, minat, dan banyak lagi. Kamu juga harus menyadari isyarat non-verbal, seperti bahasa tubuh.

Baca juga:  Memahami Apa Itu CS, Bagian Penting ‘Wajah’ Perusahaan

Hindari bersikap sombong, tidak mempedulikan orang lain, atau mengutamakan kepentingan diri sendiri. Sebaliknya, berusahalah untuk menunjukkan bahwa kamu bermanfaat dan tertarik pada orang lain. Sikap ini dapat membuka ruang untuk kolaborasi, dan membuat orang lain tertarik dengan visi kamu.

8. Kreativitas Tanpa Batas

Jika kamu selalu melakukan hal yang sama, kemungkinan besar kamu tidak akan menikmati hasil yang lebih baik. Kamu harus mencoba hal-hal baru untuk menemukan yang terbaik. Kamu juga perlu memperkaya hidup kamu dengan pengalaman baru secara teratur.

Salah satu soft kill yang harus dimiliki oleh pengusaha sukses adalah memiliki kreativitas tanpa batas. Dengan kreativitas maka kamu tidak akan pernah berhenti untuk melakukan inovasi. Selain itu, melalui kreativitas dan inovasi, kamu akan selalu menjadi yang terdepan dalam usaha yang kamu jalani.

9. Keuletan

Kegigihan atau keuletan perlu kamu tanamkan dalam benak, bahkan dalam menghadapi kesulitan. Keuletan merupakan skill atau keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki. Coba kita pikirkan, kegagalan tertentu tidak bisa kamu dihindari, kamu tentu akan membuat kesalahan.

Meskipun begitu, pengusaha yang baik perlu tahu bagaimana menanganinya. Kesabaran adalah aspek vital dari kegigihan. Tidak ada yang namanya sukses dalam semalam.

Tentu saja, akan ada kemunduran dalam usaha kamu. Namun, pengusaha yang baik tahu bagaimana bertahan dan tetap percaya diri apapun yang terjadi. Bagaimanapun, optimisme dan ketekunan diperlukan untuk kesuksesan.

Soft skill yang harus dimiliki pengusaha ini tentu tidak bisa muncul tiba-tiba. Kamu perlu belajar dan terus menanamkannya dalam diri kamu. Pengalaman-pengalaman yang akan datang, baik atau buruk, akan membantu kamu untuk memiliki skill tersebut. Lambat laun, kamu akan belajar dan akhirnya benar-benar menjadi seorang pengusaha yang sukses.