9 Superhero Indonesia yang Tak Kalah dengan Jagoan Hollywood

Saat ini tak hanya superhero Hollywood saja yang merajai dunia, superhero Indonesia pun layak diperhitungkan. Kamu pasti cukup familier dengan karakter pahlawan super dari Marvel dan DC seperti Captain America, Thor, Superman, atau Batman. Nah, kalau dari dalam negeri siapa saja pahlawan super yang kamu kenal? Selain Gundala, ternyata Indonesia punya banyak sekali seperhero yang tak kalah jago dengan buatan mancanegara, lho!

Tokoh superhero Indonesia sudah ada sejak tahun 1970-an. Tak hanya satu atau dua superhero yang dimiliki Indonesia, tapi ada puluhan superhero yang menjadi tokoh komik. Saat itu, superhero ini tampil dalam komik hitam putih maupun warna. Tapi, sampai saat ini tidak banyak tokoh yang ditampilkan dalam film. Sama halnya seperti superhero yang kalian kenal di Marvel atau DC, superhero Indonesia ini masing-masing memiliki kekuatan khas, dari kekuatan petir, terbang, kekuatan medan magnet-listrik, dan masih banyak lagi.

Daftar Superhero Indonesia

Setelah Gundala sukses berkiprah di layar lebar, sepertinya para pecinta superhero Indonesia perlu tahu tokoh-tokoh pahlawan super lainnya. Bukan tidak mungkin, tokoh pahlawan-pahlawan super asli Indonesia ini jika dikemas menjadi tontonan yang menarik, akan bisa bersaing dengan superhero Hollywood.

Nah, biar kamu makin kenal dengan superhero Indonesia, lebih baik kita langsung ulas tokoh-tokohnya di bawah ini.

1. Sembrani

Sembrani merupakan pahlawan super ciptaan Hasmi dan muncul pertama kali pada tahun 1974 dalam serial Gundala 1000 Pendekar. Kelahiran Sembrani terjadi ketika seorang pria bernama Tangguh tidak sengaja menemukan pesawat luar angkasa di kawah gunung Dieng. Di sanalah ia bertemu dengan Otohrb, seorang panglima perang yang memberinya kalung sakti.

Baca juga:  Tips Jualan Online Laris di Tengah Persaingan Bisnis

Kalung sakti tersebut membuat Tangguh dapat berubah menjadi pahlawan super bernama Sembrani. Selain bisa terbang, Sembrani juga mempunyai kemampuan menetralisir medan magnet, listrik, hingga racun. Namun, emas adalah kelemahan Sembrani. Benda ini dapat melumpuhkannya hingga satu minggu lamanya.

2. Caroq

Caroq adalah superhero Indonesia ciptaan Ahmad Thoriq yang muncul perdana pada tahun 1992. Awalnya, Caroq adalah seorang supir taksi bernama Ongko yang bisa berubah menjadi pahlawan super karena sebuah peristiwa tertentu.

Caroq memiliki dua bilah celurit sakti yang panjang. Ia merupakan seorang ahli beladiri dan memiliki kemampuan sihir untuk menghadapi musuh bebuyatannya yaitu Si Tangan Empat dan Si Bengis.

3. Pangeran Mlaar

Pangeran Mlaar diciptakan oleh Hasyim dan pertama kali muncul pada serial Gundala: Perhitungan di Planet Covox (1969). Seperti namanya, kekuatan Pangeran Mlaar adalah ia memiliki tubuh elastis yan memungkinnya memelarkan tubuhnya hingga batas-batas tertentu. 

Kekuataan Pangeran Mlaar didapat melalui campur tangan pamannya yang seorang ilmuwan. Saat itu Mlaar yang merupakan putra mahkota kerajaan planet Covox harus disembunyikan oleh pamannya karena Mlaar menjadi incaran musuh sejak ayahnya dibunuh oleh Menteri Telern dan Putri Kepala Perak.

4. Zantoro

Penampilan Zantoro sekilas terlihat seperti Villain atau Anti-Hero, tetapi sebenarnya Zantoro merupakan seorang pahlawan super yang sangat benci dengan ketidakadilan. Ia akan membasmi segala kejahatan yang terjadi di sekitarnya.

Zantoro merupakan seorang yang ahli dalam memainkan senjata tajam, tidak hanya ahli sebagai pengguna, Zantoro juga ahli membuat senjata. Kemampuan ini diwarisi oleh Ayahnya yang merupakan ahli pembuat pedang.

5. Volt

Volt adalah superhero Indonesia asli yang komiknya masih diperbarui hingga sekarang. Kekuatan Volt adalah mampu menyerap energi listrik di sekitarnya lalu mengubahnya menjadi serangan atau menggunakannya untuk bertahan.

Baca juga:  Komplain dari Customer Baik untuk Kemajuan Perusahaan, Kok Bisa?

Bagi kamu yang ingin melihat komik Volt, kamu bisa mengunjungi Skylar Comics Facebook Fanspage dan untuk mengetahui update informasi terbaru dari komik volt kamu bisa mengunjungi web resmi mereka di www.skylarcomics.net.

6. Kalong (Calong)

Kalong juga merupakan salah satu tokoh komik buatan Hasmi. Kalong muncul pertama kali pada Komik Calong Anak Kelelawar (1972). Superhero Indonesia ini memiliki kemampuan kebal peluru dan senjata tajam, bisa terbang, dan dapat berkomunikasi dengan hewan. Kemampuan kalong berasal dari sebuah benda ajaib yang didapat dari seorang raja bernama Xamfereet yang ditemuinya di ujung Gua.

7. Merpati

Merpati merupakan salah satu karakter komik buatan Harya Suryawinata. Merpati pertama kali muncul pada tahun 1977. Memiliki nama asli Sedhah Esti Wulan, ia bekerja sebagai seorang jurnalis yang cerdas dan tegas. Diceritakan juga, Merpati adalah Istri dari Gundala sang Putra Petir.

Kekuatan Merpati adalah dapat terbang dan mencari arah, Merpati juga memiliki kemampuan beladiri yang sangat baik. Kemampuan Merpati berasal dari ramuan ajaib yang dibuat oleh Ratu Merpati.

8. Maza

Maza sang Penakluk juga karakter komik superhero Indonesia ciptaan Hasmi. Penampilan Maza seperti Tarzan dan punya kekuatan super. Bernama asli Kanigara, Maza punya sahabat seorang jin bernama Kartubi yang selalu siap menemani dan melindunginya. Kartubi bisa dipanggil lewat pisau belati Maza.

9. Kapten Surya

Tokoh superhero Indonesia ciptaan Dwianto Setyawan dan Keo ini menggunakan kostum berwarna cerah dengan jubah sayap di belakang punggungnya. Penampilannya mirip Black Panther di komiknya saat memakai jubah. Bedanya, kekuatan Kapten Surya berasal dari alien dari planet asing.

Selain kekuatan super, Kapten Surya bisa terbang dan kebal peluru. Sesuai namanya, dia juga punya kekuatan Matahari. Kapten Surya bisa menjatuhkan meteor-meteor dari langit untuk menghancurkan musuh.

Nah, itu tadi sembilan superhero Indonesia yang siap diadu dengan superhero buatan luar negeri. Di anatara superhero tadi, manakah yang jadi favoritmu?