9 Tips Presentasi Bisnis Penting yang Mudah Ditiru

Merencanakan sebuah presentasi untuk bisnis, pastinya butuh persiapan. Tanpa sebuah persiapan, kesempatan proyek yang bagus bisa saja gagal. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya butuh perencanaan yang matang. Apa saja yang kamu butuhkan agar presentasimu dapat berjalan lancar? Yuk, cek informasi tentang tips presentasi yang baik di bawah ini.

1. Pahami Tujuan Presentasi

menentukan tujuan presentasi
sumber :MRIZKY.com

Menetapkan tujuan presentasi adalah kebiasaan yang harus selalu dikembangkan dalam setiap presentasi yang kamu lakukan. Selalu tetapkan tujuan ini selagi masih di awal.

Memahami tujuan presentasi ini berarti kamu harus memulai presentasi dengan visi yang jelas. Kemudian dilanjutkan dengan proaktif untuk mengumpulkan informasi yang akurat. Kemudian mengembangkan menjadi konten yang kuat, mendesain dan menyajikannya kepada audiens.

2. Pahami Target Audiensmu

Mengenali audiens akan membantu kamu menyiapkan materi presentasi yang efektif sesuai kebutuhan mereka. Selain itu, dengan memahami target audiens, akan membantu kamu menentukan media dan pendekatan yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.

3. Buatlah Materi Presentasi yang Solid

Tips presentasi yang ke tiga adalah membuat materi yang solid. Materi yang solid maksudnya, materi harus relevan sesuai dengan kebutuhan audiens, isinya bermutu dan kredibel, strukturnya baik dan pas disampaikan dengan batas waktu yang tersedia. Ini adalah beberapa aturan pokok yang harus dijadikan pedoman untuk membuat materi presentasimu.

Baca juga:  9 Soft Skill Penting untuk Calon Pengusaha Sukses

4. Buatlah Slide yang Efektif, Menarik, dan Komunikatif

desain untuk presentasi
sumber : softonic.com

Slide yang efektif harus dibuat dengan kaidah prinsip-prinsip desain yang baik, di optimasi sedemikian rupa supaya hasil bisa memberikan dampak yang lebih kuat terhadap presentasimu.

Membuat slide memang selalu jadi tantangan bagi banyak orang. Mulai dari tidak punya kemampuan desain, tidak punya banyak waktu untuk membuat desain yang menarik dan lain sebagainya.

Tapi apapun itu, seharusnya tidak ada alasan untuk tidak bisa membuat slide yang baik. Kamu bisa mencari di internet tentang berbagai panduan untuk membuat slide. Bahkan kalau kamu tidak punya banyak waktu dan tidak punya kemampuan desain, kamu masih bisa menggunakan template presentasi profesional siap pakai yang banyak ditawarkan di playstore.

5. Buatlah Handout

buat handout sebagai salah satu tips presentasi

Sudah bukan rahasia lagi, kalau dalam presentasi sering kita jumpai seorang presenter membagikan slide sebagai handout presentasi.

Alasan kenapa mereka melakukannya mungkin antara satu presenter dengan presenter yang lain akan berbeda. Tapi apapun alasan itu, saran saya jangan lakukan itu untuk presentasi penting kamu.

Akan lebih baik jika kamu mau membuat handout secara khusus untuk audiens kamu. Hal ini penting untuk memaparkan informasi yang tidak dapat kamu sampaikan dalam presentasi dan penting sebagai referensi atau bahan kajian lanjutan bagi audiens setelah mendengarkan presentasi.

6. Perhatikan Penampilan

Meskipun penampilan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap isi presentasi kamu, tapi ini cukup penting untuk mengembangkan etos (kredibilitas) kamu sebagai presenter. Etos merupakan salah satu pilar penting dari presentasi yang berpengaruh.

Dalam aturan konvensional, mengenakan pakaian satu tingkat lebih baik dari yang dikenakan audiens adalah satu cara yang paling baik untuk menjaga penampilan kamu.

Baca juga:  6 Tips Memilih Desain Kemasan Terbaik untuk Produk

Pendapat ini baik, tapi Kamu harus  mengerti bahwa setiap situasi presentasi bisnis itu unik, maka ada banyak hal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian selain masalah pakaian yang satu tingkat lebih baik yaitu kesesuaian pakaian dan kenyamanan. Karena saat itu kamu akan menjadi pusat perhatian, maka sebagai tips presentasi, sangat dianjurkan untuk menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan.

7. Buka Presentasi dengan Cara yang Tepat

Dalam presentasi membuka pembicaraan dengan sesuatu yang berarti sangat penting dilakukan. Ini di karena secara psikologi orang lebih mudah mengingat sesuatu yang baru, yang paling awal tampil, terlihat dan terdengar oleh mereka.

Terkait dengan teknik pembukaan ini ada satu saran teknik pembukaan yang aman untuk Kamu lakukan yaitu menjelaskan maksud dan tujuan.

Jadi cukup katakan apa yang ingin Kamu katakan, katakan apa tujuan atau harapan dari presentasi kamu untuk audiens. Kemudian jelaskan poin-poin apa saja yang akan kamu sampaikan.

8. Sampaikan Alasan Kenapa Audiens Harus Mendengarkan Kamu

Ini masih lanjutan cara sebelumnya, setelah kamu membuka dengan maksud dan tujuan serta poin-poin utama yang akan kamu paparkan, sebaiknya lengkapi juga sesi pembukaan dengan alasan kenapa audiens harus mendengarkan kamu.

9. Optimalkan Pesan dengan Bahasa Verbal yang Baik dan Elegan

Bahasa verbal adalah media utama presentasi kamu. Mengerti dan tidaknya audiens, sangat ditentukan dari penggunaan bahasa verbal tersebut.

Untuk dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa verbal ini minimal ada beberapa hal yang harus kamu optimalkan, di antaranya adalah penggunaan bahasa, efisiensi penggunaan kalimat, kejelasan suara, kecepatan berbicara, variasi suara, dan jeda.

Tips presentasi diatas, pastinya akan sangat membantu jika dilakukan untuk keperluan bisnis atau usaha. Beberapa hal yang perlu diingat, agar presentasi berjalan lancar. Jangan lupa untuk datang lebih awal, melakukan latihan , membaca bahan presentasi dan memahaminya. Selamat mencoba.

Share