Air Terjun Putuk Truno: Panduan dan Informasi Wisata di Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno berada di Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, akan memberikan suasana yang sangat sejuk dan juga menyegarkan. Cocok sekali untuk kamu yang hendak mencari udara segar. Melepaskan kepenatan dalam diri, atau mungkin hanya sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Konon, nama air terjun ini berasal dari beberapa mitos yang beredar di masyarakat. Selain itu, dalam artikel ini akan disampaikan tentang berbagai daya tarik dan informasi yang ada di salah satu destinasi wisata di Jawa Timur ini. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana, yuk simak panduan dan informasi dari tempat ini!

air terjun putuk truno
Sumber: Sikidang

Panduan dan Informasi Wisata Air Terjun Putuk Truno

1. Legenda Romantis Putuk Truno

Ternyata wisata air terjun ini memiliki legenda yang romantis. Kisah tersebut merupakan kisah cinta Joko Taruno kepada Sri Gading Lestari. Cintanya tersebut ternyata mendapatkan perlawanan dari sang ayah perempuan yang bernama Raden Arya Wiraraja, seorang adipati Madura. Beliau menentang keras kisah cinta mereka lantaran Joko Taruno bukanlah seorang bangsawan, namun anak selir.

Berbagai cara telah dilakukan oleh Raden Arya Wiraraja untuk memisahkan putrinya dari Joko Taruno. Salah satunya dengan menyembunyikan Sri Gading di sebuah tempat kemudian memagarinya dengan pagar gaib supaya mereka tidak pernah bertemu. Tempat tersebut kemudian dikenal dengan nama Coban Baung.

Coban artinya air terjun dan Baung berarti suara harimau. Karena konon katanya di waktu-waktu tertentu sering terdengan aungan harimau di air terjun tersebut. Dengan usaha yang gigih, akhirnyamereka dapat bertemu kembali di sebuah tempat yang saat ini bernama Air terjun Putuk Truno. Keduanya berhasil meloloskan diri menuju sebuah air terjun, dimana Joko Truno biasa bertapa di sana.

Baca juga:  Kenalan dengan 6 Jenis Tanda Rambu Lalu Lintas di Indonesia

Tempat itu kini dinamakan Air Terjun Putuk Truno atau Air Terjun Keabadian. Maka dari itu timbullah mitos atau kepercayaan barang siapa yang berendam di kolam alaminya akan mendapatkan cinta abadi seperti kisah Joko Truno dan Sri Gading.

2. Rute Menuju Lokasi

Air Terjun Putuk Truno terletak di Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya berdampingan dengan Air Terjun Kakek Bodo, yakni sekitar 2 km saja jaraknya. Dari Surabaya, kamu akan melewati Masid Cheng Ho, setelah menemukan persimpangan jalan belok ke kanan menuju Tretes. Tak jauh dari persimpangan jalan tersebut kamu akan menemukan perempatan, ambil ke arah kiri.

Setelah itu, kamu akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Prigen”. Kemudian ketika menemukan persimpangan jalan, belok ke arah kiri menuju Tretes. Tak berselang lama, kamu akan melihat papan petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Air Terjun Putuk Truno, yakni belok ke kiri.

3. Jam Operasional dan Harga Tiket

air terjun putuk truno
Sumber: Liputan6.com

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore setiap harinya. Di akhir pekan dan hari libur, wisatawan biasanya memadati objek wisata ini. Tiket masuk menuju kawasan wisata Putuk Truno dengan membayar sebesar Rp 18.000 per orang. Jika kamu membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

4. Fasilitas Tempat Wisata

Adapun fasilitas yang tersedia di objek wisata ini sudah lengkap dan memadai. Area parkirnya luas, tersedia toilet, saung, dan sejumlah warung makan yang ada di sekitar air terjun. Tersedia juga anjungan tempat swafoto yang memberikan pemandangan cantik dan cocok untuk kamu unggah di sosial media.

5. Keindahan Alam

Ketinggian air terjun ini mencapai 45 meter dengan mengalirkan air diantara tebing tinggi menuju kolam alami yang berada di bawahnya. Air yang dialirkan sangat jernih dan menyegarkan, dan membuatmu ingin sekali bermain airnya. Kolam alami yang ada tak terlalu dalam, hanya sekitar betis orang dewasa. Aliran airnya pun tak terlalu deras sehingga aman untuk kamu dekati.

Baca juga:  Kenali 5 Kegunaan Flysheet Tenda hingga Tips Memilihnya

Dari area parkir, kamu harus melangkah ke jalan setapak. Bukan jalan licin berlapis tanah merah, melainkan jalan dengan paving block yang dihiasi tanaman hias di kanan-kirinya. Jadi, jangan khawatir terpeleset saat berjalan, ya! Sisi sebelah kanan jalan merupakan hutan, sementara sisi lainnya adalah jurang. Jangan sampai lengah dan terperosok karena terpesona oleh keindahan panorama hutan dan tebing yang ada di sekitar, ya! Jika lelah, kamu bisa beristirahat di tempat-tempat yang sudah disediakan.

6. Rekomendasi Aktivitas

Beberapa aktivitas yang direkomendasikan saat kamu berkunjung ke air terjun di daerah Putuk Truno ini adalah sebagai berikut.

  1. Berburu foto. Keindahan aliran air terjun selalu menjadi spot foto para pengunjung, dimana kamu dapat mengambilnya dari atas atau tepat berada di depan Air Terjun Putuk Truno.
  2. Bersantai dan berpiknik. Kamu dan keluarga bisa bersantai di gazebo ataupun menggelar tikar di lapangan area wisata, sambil menikmati indahnya air terjun.
  3. Trekking. Berjalan di area wisata mungkin bisa menenangkan pikiranmu dari hiruk pikuk dan kebisingan kota.

7. Tips Kunjungan ke Putuk Truno

air terjun putuk truno
Sumber: Travelspromo

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar wisata ke Putuk Truno berjalan dengan lancar, seperti di bawah ini.

  1. Perhatikan kondisi cuaca ketika kamu hendak berangkat. Jangan sampai mendung atau bahkan turun hujan, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  2. Lebih baik datang ketika pagi hari, agar lebih puas menikmati alam dan menghirup udara yang masih sangat segar.
  3. Awasi anak-anak ketika menuruni jalan menuju Air Terjun dan saat bermain air.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

8. Rekomendasi Penginapan

Beberapa penginapan yang bisa kamu sewa saat mengunjungi Putuk Truno adalah sebagai berikut.

  1. Royal Senyiur Hotel dengan harga sewa permalamnya sekitar Rp 728.027. Fasilitas yang ditawarkan yakni kolam renang, spa, dan restoran.
  2. Inna Tretes Hotel dengan harga sewa sekitar Rp 241.999 per malam. Memiliki fasilitas taman, lapangan tenis dan dua buah kolam renang outdoor.
  3. Villa Utama Tretes sekitar Rp 138.889 per malamnya. Terdapat taman bermain untuk anak-anak di sekitar villa.

Nah, itulah panduan wisata Air Terjun Putuk Truno. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu melakukan kunjungan ke destinasi tersebut. Jangan lupa membawa bekal dan stamina yang cukup, ya. Selamat berwisata!