Aktivitas dan Destinasi Favorit di Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang memiliki pesona menakjubkan. Selain karena keindahan alamnya yang memanjakan mata, Danau Toba juga dijaga keaslian khazanahnya oleh penduduk setempat yakni mulai dari kultur masyarakatnya hingga sosial budayanya.

Danau Toba merupakan danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara dengan panjang mencapai 100 kilometer. Danau ini meliputi tujuh kabupaten di Sumatera Utara, dimana salah satunya adalah Kabupaten Dairi. Dairi terkenal dengan  panorama alam yang indah berkat danau dengan limpahan daya tarik tersebut. Danau Toba yang tak pernah kehabisan pesonanya masuk dalam destinasi super prioritas di Indonesia.

Beberapa Hal yang Bisa Kamu lakukan di Danau Toba

Menikmati Keindahan Danau Toba

menikmati keindahan danau toba
sumber : beritasatu.com

Berwisata ke danau ini, wisatawan pasti akan mendapati kawasan yang sejuk. Area danau dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pegunungan. Hutan lindung, barisan pepohonan Enau dan pinus turut menambah daya tariknya.

Wisatawan dapat menikamti panorama alam danau dari atas Bukit Siadtaratas di Desa Silahisabungan. Dari tempat ini, wisatawan dapat menatap indahnya hamparan danau beserta perbukitan hijau yang memagarinya.

Pilihan lainnya, wisatawan dapat berkunjung ke Bukit Sidiangkat yang tepat berada di Desa Sidiangkat. Keunikan tempat ini yaitu wisatawan bisa berswafoto dari instalasi ala sarang burung.

Melakukan Aktivitas Olahraga Air

melakukan olahraga air di danau toba
sumber: kastara.id

Perairan Danau Toba dengan luas sekitar 1.130 km2 menawarkan beragam wahana olahraga air. Wisatawan dapat mencoba naik jetski, wahana banana boat, maupun berperahu. Puluhan wisatawan mancanegara rutin datang untuk bermain Kayak sebagai salah satu olahraga wisata air. Destinasi ini juga sering menjadi tuan rumah diselenggarakannya perlombaan perahu. Selain ikut menyaksikan kemeriahannya, wisatawan dapat turut serta memeriahkannya.

Wisata Budaya

wisata budaya di danau toba
sumber : bisniswisata.co.id

Kawasan sekitar danau merupakan wilayah yang kaya akan adat budaya yang berkarakter. Suku asli yang mendiami daerah kabupaten Dairi adalah suku Batak Pak-pak. Semakin dilestarikannya nilai adat memberikan nilai daya tarik lebih bagi wisatawan.

Wisatawan dapat juga menyaksikan tarian tradisional yang digelar, seperti Merjuma. Tari Merjuma merupakan tarian dari Dairi yang menunjukkan aktivitas bercocok tanam.

Destinasi Wisata di Danau Toba

Pantai Tao Silalahi

pantai tao silalahi
sumber : tempatlibur.blogspot

Tao Silalahi dengan sajian pemandangan menakjubkan di kabupaten Dairi menjadi domisili marga dari Silahisabungan. Hamparan pasir pantai yang indah diperkirakan bentangannya dapat mencapai 28 km. Wisata Tao Silalahi merupakan salah satu andalan kabupaten Dairi.

Baca juga:  8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan

Palung terdalam danau ini ada di kecamatan Silahisabungan merupakan yang terdalam di dunia. Kedalaman perairan kawasan ini mencapai 905 meter dari permukaan air. Area Tao Silalahi juga merupakan bagian dari Danau Toba yang paling luas.

Pantai Paropo

keindahan pantai paroppo
sumber : piknikyok.com

Paropo adalah salah satu desa di kawasan Danau Toba yang memiliki keindahan alam memukau. Berada di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Paropo juga mejadi surga bagi para pemancing.

Untuk berburu ikan di sini, wisatawan biasanya membawa sendiri perlengkapan memancingnya. Hingga saat ini belum tersedia tempat untuk penyewaan kail bagi wisatawan.

Tepi Danau Toba

camping di tepi danau toba
sumber : tourtoba.com

Menginap di kawasan Danau Toba memberikan keleluasan waktu bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya. Wisatawan dapat menangkap berbagai momen waktu serta menjelajah kawasan dengan lebih bebas.

Wisatawan dapat berkemah, mendirikan tenda di tempat-tempat camping ground yang tersedia. Bagi yang tidak suka berkemah, dapat memilih berbagai penginapan yang tersedia di sekitar kawasan. Tarif per malam disesuaikan dengan lokasi, fasilitas penginapann, dan areal pandang untuk menikmati panorama danau.

Pulau Silalahi

pulau dan danau silalahi
sumber : wisataindonesia.biz

Wisata alam berikutnya di sekitar danau Toba bisa kamu lakukan di Pulau Silalahi. Kawasan sekitar Danau Toba merupakan jajaran perbukitan yang menyuguhkan area luas untuk dijelajahi. Wisatawan dapat melakukan aktivitas hiking untuk menikmati keindahan alam yang masih asri.

Jalur hiking akan bermuara di lokasi camping ground di kawasan Pulau Silalahi. Di area ini, wisatawan dapat beristirahat ataupun menginap dengan mendirikan tenda. Kawasan pulau di tepi danau tersebut juga dikenal dengan julukan kawasan 1000 tenda.

Lembah Bakkara

lembah bakkara
sumber : dijelasin.id

Tempat ini dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran dari Raja Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda.

Bakkara terkenal dengan nama lain Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Konon menurut cerita jika seseorang terkena jenis penyakit apapun apabila orang tersebut berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka ia akan sembuh.

Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa, airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba. Bakkara juga terkenal akan bawang merahnya yang menjadi komoditas utama penduduk daerah ini, di samping padi dan kacang tanah.

Baca juga:  7 Rujak Buah Terenak di Jogja, Sudah Pernah Kemana?

Air Terjun Binangan Bolong

air terjun biangan bolong
sumber :ksmtour.com

Air terjun Binanga Bolon adalah salah satu air terjun yang ada di kabupaten simalungun, tepatnya berada di kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir.

Lokasi air terjun ini berada di sekitar pemukiman warga yang berada di dekat danau Toba. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan Danau Toba, karena sepanjang jalan menuju lokasi air terjun anda harus melintasi jalan yang berada dekat tepi Danau Toba.

Setelah sampai di desa Binanga Bolon anda harus berjalan mendaki sekitar 100 meter. Untuk perjalanan dari desa Binanga Bolon ke lokasi air terjun tidak terlalu terjal dan jalannya juga telah di perbaiki oleh masyarakat sekitar.

Bukit Indah Simarjarunjung

bukit indah sinarjarunjung
sumber : nativeindonesia.com

Setelah dibuka tahun 2016 lalu, kini wisata Bukit Indah Simarjarunjung sudah ramai dikunjungi warga.

Sesuai dengan namanya, memang bukit ini menawarkan keindahan yang nyata. Dari ketinggian, kamu dapat melihat jelas pesona keindahan Danau Toba.

Bukit Indah Simarjarunjung ini dikelola seperti wisata Kalibiru Jogjakarta, yang dibuat sedemikian rupa dengan bentuk rumah pohon.

Salah satunya rumah pohon cinta yang banyak diminati anak-anak muda. Tidak hanya pemandangan Danu Toba, tetapi masih banyak pemandangan alam lainnya yang indah, seperti hamparan perbukitan yang hijau berpadu dengan birunya langit, kawasan persawahan, dan juga perkebunan teh dan kopi.

Desa Tuktuk Siadong

desa tuktuk siadong
sumber : liburan aja.com

Pastikan kunjungan anda ke Danau Toba untuk singgah dan menginap di Desa Wisata Tuktuk Siadong; sebuah tempat indah di sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir.

Di sini, kamu bisa menikmati suasana menawan dengan panorama pinggir danau di mana sudah banyak sekali para wisatawan yang terpukau. Desa Tuktuk Siadong sendiri berlokasi di kecamatan Simanindo, kabupaten Samosir, provinsi Sumatra Utara.

Meskipun menawarkan pantai untuk olahraga air, seperti kano, jetski, waterbikes, atau berenang dan memancing; namun udara di sini sejuk karena terletak di pegunungan. Tidak heran, Tuktuk telah menjadi favorit wisatawan sehingga di sini kamu akan menemukan sejumlah hotel kelas atas yang terletak di sepanjang pinggiran danau dengan pantai eksklusif untuk tamu maupun hotel kecil dan homestay dengan tarif mulai dari Rp100.000 – Rp500.000 per malam tergantung pada tipenya.

Walaupun daerah Tuktuk Siadong penduduknya mayoritas beragama Katolik dan Kristen akan tetapi bagi kamu seorang Muslim tidak perlu khawatir mengingat cukup banyak rumah makan Muslim.

Segera Siapkan Liburanmu

Setelah membaca referensi di atas, pastinya sekarang kamu sudah punya gambaran ketika ingin berlibur ke danau Toba. Segera persiapkan rencana liburan kesana. Jangan lupa mengajak teman dan keluarga. Temukan  petualangan alam yang seru dan menyenangkan yang siap menanti kamu di sana.