alpha arbutin
Sumber: Freepik

Inilah Alpha Arbutin, Brightening Agent yang Aman untuk Kulit

Tak hanya masalah kerutan pada kulit, sebagian besar orang juga mengkhawatirkan warna kulit tidak merata. Age spot dan tekstur kulit berwarna kemerahan dapat membuat penampilanmu lebih tua. Meskipun kini telah banyak produk menjanjikan untuk mencerahkan, mengencangkan, dan meningkatkan kilau alami kulit, namun terkadang formulanya terlalu keras. Untuk itulah, mari kita mengenal lebih dekat dengan alpha arbutin atau arbutin sebagai agen pencerah kulit yang aman untuk semua jenis kulit ini. Terus baca untuk mengetahui mengapa bahan ini bisa meningkatkan penampilan kulit lebih cerah, sehat, dan awet muda.

Apa itu Alpha Arbutin?

Dilansir dari laman Byrdie.com, alpha arbutin adalah molekul yang diekstraksi dari tanaman bearberry, mulberry, dan pomegranate untuk mencerahkan kulit wajah. Arbutin termasuk dalam bahan pencerah lembut yang aman untuk semua jenis kulit. Peran arbutin yang bersifat stabil ini adalah memblokir tirosinase dan mencegah bintik hitam. Apa itu tirosinase? Bintik coklat yang dialami sebagian orang berasa; dari pigmen yang diproduksi dalam sel melanosit, yang mengandung enzim tirosinase. Biasanya kamu dapat menemukan arbutin dalam berbagai produk skincare, termasuk toner, serum, pelembap, dan masker.

Manfaat Pemakaian Produk Arbutin untuk Wajah

Sumber: Freepik
  • Sun Protector: Bahan alami ini dapat membantu mengurangi tingkat penggelapan kulit akibat sinar matahari dengan memblokir produksi enzim tirosinase.
  • Lembut pada kulit: Arbutin tidak terlalu mengeringkan dan mengiritasi dibanding agen pencerah lainnya. Alpha arbutin melepaskan komponen aktifnya secara perlahan, sehingga iritasinya bisa berkurang dan aman untuk pemilik kulit sensitif.
  • Meratakan warna kulit: Zat aktif ini dapat mencegah bintik hitam dan memudarkannya. Hal ini karena mampu memblokir tirosinase, yaitu enzim yang membantu produksi melanin. Hasil aplikasinya membantu meratakan tampilan warna kulit.
  • Aman dibanding idrokuinon: Untuk saat ini, hidrokuinon adalah bahan pencerah kulit “ajaib” (bila diminum secara oral, bukan dioleskan kulit). Cara kerja hydroquinone yaitu membunuh sel-sel penghasil pigmentasi dan melanin. Sementara arbutin lebih aman karena cukup memblokir tirosinase yang merangsang pigmentasi.
  • Menyamarkan bekas luka: Arbutin juga bagus dalam memudarkan bekas jerawat, bekas luka, dan kemerahan.
  • Mencerahkan kulit: Manfaat arbutin mencegah pembentukan bintik hitam (dark spots).

Adakah Efek Samping Arbutin?

Sifat arbutin cenderung lebih lembut dan tidak terlalu mengiritasi kulit dibanding dengan brightening agent lainnya. Produk arbutin memiliki keunggulan karena aman digunakan untuk kulit sensitif. Selalu pastikan lakukan spot-test sebelum memakai produk baru ke wajah. Adapun potensi efek samping dari pemakaian arbutin adalah dermatitis, yaitu iritasi kulit yang disebabkan oleh kontak dengan alergen. Beberapa gejala yang harus diperhatikan seperti kemerahan, gatal, kering, melepuh, dan ruam.

Baca juga:  Eksfoliasi Wajah itu Penting, Pilih Physical atau Chemical Exfoliator?

Produk Arbutin Aman Dicampur dengan Apa?

Sumber: Freepik

Hingga saat ini, belum diketahui apakah ada interaksi negatif produk arbutin dengan bahan skincare lainnya. Namun yang pasti, paparan panas dapat menurunkan keefektifan arbutin, sehingga pastikan untuk menyimpan produk arbutin di tempat yang sejuk dan kering. 

Alpha arbutin bekerja optimal bersama dengan vitamin C, AHA, azelaic acid, kojic acid, niacinamide sebagai agen pencerah. Saat mengaplikasikannya, ikuti petunjuk dari setiap produk untuk hasil yang maksimal.

Cara Tepat Memakai Produk Arbutin

Kamu bisa memakai active ingredient ini dua kali sehari saat rutinitas pagi dan malam hari. Zat aktif ini harus diaplikasikan setelah pembersihan wajah dan sebelum moisturizer. Produk arbutin bisa digunakan saat cuaca panas sekalipun, karena tidak membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Arbutin aman dan cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan acne-prone. Lakukan spot-test untuk setiap produk baru yang akan kamu gunakan untuk memastikan tidak terjadi reaksi negatif pada kulit.

Rekomendasi Produk Alpha Arbutin Terbaik untuk Wajah

1. Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed 30 ml

Sumber: avoskinbeauty.com

Aplikasikan serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed Advanced Glow untuk mencerahkan kulit sekaligus menjaga kulit sehat berkat antioksidan yang tinggi. Kulit semakin cerah dan noda bekas jerawat memudar. Formula brightening agent aman untuk kulit. Teksturnya cepat meresap dan tidak lengket di kulit.

Baca juga:  10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

2. Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Sumber: somethinc.com

Serum wajah yang diinfus dengan 3 Superstar Brightening Agent, yaitu Arbutin, SabiWhite & Bakuchiol yang mencerahkan dan meratakan warna kulit tanpa side effect! Bakuchiol mampu melindungi kulit dari paparan polusi dan radikal bebas, hiperpigmentasi disamarkan, dan menghambat penuaan dini. 

3. The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Sumber: theordinary.com

Water-based serum yang dirancang untuk menargetkan warna kulit tidak merata. Dikombinasikan dari konsentrasi tinggi purified arbutin sebagai sin-brightening ingredient. DItambah hyaluronic acid yang bekerja sama mengatasi dark spot dan warna kulit tidak merata serta menembus kulit lebih cepat. 

Baca juga: 5 Kandungan Serum Wajah Glowing Ternampol, Ini Rekomendasi Produknya!

Tak cukup mengandalkan bahan pencerah kulit ini, kamu juga perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari penyebab hiperpigmentasi. Selain memakai produk alpha arbutin, gunakan sunscreen SPF 50 untuk perlindungan ekstra. Konsultasikan dengan dokter kulit terpercaya untuk mendapatkan rutinitas terbaik yang menggabungkan bahan aktif untuk masalah kulitmu.

Share