5 Fakta Unik Amanda Cole, Pebisnis Muda yang Tangguh

Amanda Cole dikenal sebagai salah satu sosok wanita muda yang kreatif dan inspiratif. Saat ini, di usia yang masih menginjak 30 tahun, pemilik nama lengkap Amanda Susanti Cole itu telah sukses membuka peluang bisnis baru yang tak terpikirkan oleh banyak orang sebelumnya.

Amanda bersama dengan startup-nya mengupayakan para petani yang ada di Indonesia untuk menjual hasil panennya berupa sayur-sayuran serta buah-buahan secara digital. Sebab, saat ini masyarakat lebih memilih untuk membeli berbagai kebutuhannya secara online.

Ingin berkenalan lebih dekat dengan Amanda Cole? Ingin tahu apa saja fakta unik yang dimilikinya? Yuk kepoin inspirasinya di bawah ini.

Profil Amanda Cole 

Amanda Susanti Cole lahir di Jakarta, 22 Juni 1990. Sebagai leader wanita di perusahaan teknologi yang punya hobi berkebun, diketahui sebelumnya Amanda Susanti menyelesaikan studinya untuk jenjang sekolah menengah di The British International School, Jakarta dan lulus pada tahun 2008. Usai lulus, dia kembali melanjutkan studi sarjananya di The University Manchester dengan jurusan Management and Finance pada tahun 2008 dan berhasil lulus pada tahun 2011.

Tentang Sayurbox

amanda cole
Sumber: Fimela

Gagasan mendirikan Sayurbox berawal dari hobi Amanda yang gemar berkebun. Setelah menunaikan kuliah Manajemen dan Keuangan di Universitas Manchester, Inggris, Amanda pulang ke Jakarta. Ia sempat bekerja selama dua tahun untuk sebuah perusahaan swasta bidang real estate.

Baca juga:  Mengenal Nadiem Makarim, Pendiri Startup Sukses dan Menteri Termuda

Hingga suatu waktu ia bertandang ke lahan kebun keluarganya di Parung Kuda, Sukabumi. Di sana, ia menemukan kondisi petani lokal yang sering kali kesulitan untuk menjual hasil panennya. Dari situlah Amanda tergerak untuk membuat platform yang dapat menjembatani petani lokal atau produsen agar dapat bertransaksi langsung dengan konsumen.

Sayurbox hadir hasil dari Amanda melihat kesulitan petani dalam menjual produknya, terutama dalam logistik dan pendistribusian. Oleh karena itu, Amanda ingin memecahkan rantai distribusi tersebut dengan menciptakan platform Sayurbox, hingga para petani dapat menemukan pasarnya sendiri.

Nama sayurbox sendiri tercipta dari sayur, dan box sebagai pengirimannya. “Jadi memang awalnya kita mulainya dengan sayur dan kita kirimnya pakai box, jadi di situlah mulai dengan namanya Sayurbox,” jelas Amanda di akun Youtube Sayurbox pada Juni 2020.

Sayurbox kini sudah meluaskan produknya hingga buah dan daging. Fokus dari Sayurbox sendiri adalah memberikan bahan yang segar dan sehat.

Baca Juga: 7 Fakta Jerome Polin, si Jenius yang Pernah Benci Matematika

Fakta Unik Amanda Cole

Amanda Cole
Sumber: Pixabay

1. Lulusan The University Manchester dan Menjadi Guru Les

Perempuan kelahir 22 Juni 1990 ini sebelumnya menyelesaikan sekolah sarjananya di The University Manchester dengan jurusan Management and Finance pada 2011. Amanda sempat menjadi guru les bahas asing. Dia juga pernah menjadi penulis konten sukarelawan di organisasi nirlaba kecil yang turut berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, citra budaya, dan kuliner Nusantara.

2. Pernah Menjadi Pengurus Kebun Keluarga

Amanda lalu mengurus kebun milik keluarga di daerah Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. Pertanian milik keluarganya yang juga menjadi cikal bakal terbentuknya Sayurbox. Pada 2017, Amanda Susanti memulai langkah besar dengan mendirikan bisnis yang bernama Sayurbox. Perjalanan karier Amanda Susanti  cukup panjang. Bahkan, melansir dari Forbes, dia rela mengundurkan diri dari pekerjaanya hanya untuk mewujudkan cita-citanya untuk bertani dan mendirikan Sayurbox.

Baca juga:  Fenomena Tulisan Bak Truk yang Bikin Gagal Fokus dan Menghibur

Dia kemudian mempelajari berbagai ilmu bisnis strategi, penjualan, strategi pemasaran, inovasi produk, kewirausahaan, riset pasar, hingga teknologi. Berkat kegigihannya, Amanda berhasil menjadi sembilan pengusaha Indonesia yang lulus dari program hasil kerja sama antara United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan Alibaba Business School. 

3. Memiliki Ratusan Mitra

Sayurbox kini mampu bermitra dengan 300 peternakan sekaligus melayani 50 ribu pelanggan dan melakukan 1.000 pengiriman sehari. Hal itu menjadikan dirinya sebagai Seedstars Indonesia Winner pada 2018. Seedstars merupakan sebuah kompetisi startup dan meraih pendanaan lebih dari US$2 juta atau berkisar Rp31 miliar.

4. Mendapat Penghargaan Her World Women of the Year

Amanda Cole juga berhasil mendapatkan penghargaan di Her World Woman of the Year, sebuah acara tahunan sebagai bentuk penghargaan kepada para perempuan yang punya konsistensi yang kuat dalam karier dan karya mereka dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

5. Masuk dalam Jajaran Forbes Under 30

Tak hanya itu, Amanda juga turut masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia pada 2019. Dua tahun berselang, dirinya menjadi salah satu calon kandidat terpilih dalam Woman of The Future, sebuah penghargaan bagi para pemimpin wanita yang sukses menginspirasi di berbagai sektor di Asia Tenggara. Bahkan, dirinya juga berhasil mendapatkan pendanaan senilai US$5 juta dari PT Astra Digital International atau berkisar Rp 78 juta untuk bisnis yang dia kembangkan.

Baca Juga: Vina Muliana, dari TikTok hingga 30 Under 30 Forbes Asia

Meskipun telah sukses di usia yang cukup muda, faktanya Amanda Cole memiliki perjuangan panjang untuk mensukseskan bisnisnya. Jadi buat kamu yang saat ini masih berjuang untuk sukses dan mendapatkan mimpimu, jangan pernah menyerah yha.