Bahas Tuntas Analisis Data, Ini Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

analisis dataSumber: freepik.com

Salah satu hal yang selalu dilibatkan dalam pengelolaan bisnis kekinian adalah terkait dengan analisis data. Hal ini karena hampir setiap hal yang ada di dunia industri kini telah mengalami digitalisasi, sehingga kata ‘data’ menjadi bagian penting dari perkembangan dan analisa.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan analisis data itu sendiri?

Pada artikel ini akan dibahas secara mendetail, mulai dari arti, kemudian bahasan perbedaannya dengan business analyst, tujuan dari proses analisis data, cara menerapkannya, hingga contoh analisis yang bisa dilakukan.

Tanpa berlama-lama lagi, simak masing-masing poinnya di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Investasi Berhasil? Yuk Berkenalan dengan Saham Blue Chip

Definisi dari Analisis Data

analisis data

Secara umum, analisis data ada proses pemeriksaan dan pengelolaan untuk mengubahnya menjadi informasi yang bermanfaat. Informasi ini kemudian digunakan untuk menarik kesimpulan dan membantu banyak pertimbangan bisnis strategis yang akan dibuat.

Data-data ini diperoleh dari penelitian mendalam dan pengumpulan data dari platform yang ada. Media sosial misalnya, atau penelitian secara konvensional yang dilakukan, akan memberikan Anda gambaran mengenai kondisi bisnis yang ada saat ini secara riil.

Tujuan Penerapannya dalam Bisnis dan Perusahaan

Ada beberapa tujuan dan fungsi dari penggunaan analisis data di dalam pengelolaan bisnis. Fungsi dan tujuan ini yang menjadikan penerapanan analisis pada berbagai jenis data semakin relevan, terlebih di era yang sudah serba modern.

  • Pertama, dapat digunakan sebagai bahan untuk menentukan sebuah keputusan terkait pengelolaan bisnis
  • Kedua, dapat menjadi acuan pada berbagai kegiatan bisnis yang dilaksanakan
  • Ketiga, digunakan untuk memberikan solusi pada masalah yang terjadi dan tengah dihadapi
  • Keempat, bahan evaluasi guna memperbaiki kualitas bisnis. Hal ini berlaku untuk produk maupun pelayanan, bahkan hingga efisiensi operasional internal perusahaan
  • Kelima, digunakan untuk melakukan perencanaan bisnis di masa yang akan datang
Baca juga:  Komplain dari Customer Baik untuk Kemajuan Perusahaan, Kok Bisa?

Terkait dengan Business Analyst, Berikut Perbedaannya

analisis data

Dalam pengelolaan perusahaan yang berkaitan dengan data, kemudian ada pula bagian yang disebut dengan business analyst. Meski sama-sama bertugas melakukan analisa pada sekumpulan data, namun kedua bidang kerja ini memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Dari Sisi Tanggung Jawab

Data analyst akan memiliki tugas melakukan analisis data guna menunjukkan tren atau informasi penting yang relevan untuk bisnis. Hasil analisisnya kemudian diterjemahkan dalam satu paparan yang dapat dimengerti oleh pihak terkait.

Business analyst, di sisi lain, bertugas untuk menganalisis data dalam orientasinya untuk menunjang keputusan bisnis yang akan diambil.

Dari Sisi Skill Set yang Dibutuhkan

Untuk bidang data analyst, kemampuan yang dibutuhkan mulai dari analisis data, kemudian SQL atau Structured Query Language, Tableau, Phyton, serta manajemen dan menjaga kualitas data.

Pada business analyst, kemampuan yang diperlukan adalah analisis bisnis, proses bisnis, manajemen proyek, SQL, dan pemecahan masalah.

Cukup jelas bukan perbedaannya?

Poin Keempat, Cara Menerapkan Analisis Data pada Bisnis

Untuk langkah penerapannya sendiri akan terbagi ke dalam 6 poin berbeda. Mulai dari mengumpulkan data, melakukan editing pada data, identifikasi dan klasifikasi data, pengujian, deskripsi data, lalu melakukan uji hipotesis pada pernyataan data yang diperoleh.

1. Pengumpulan Data

Menjadi tahap pertama dalam analisis data, yakni dengan mengumpulkan data yang diperlukan. Metode pengumpulan dilakukan dengan riset, baik secara tradisional atau menggunakan alat modern untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

2. Proses Editing Data

Pemeriksaan pada kejelasan atau kelengkapan data dilakukan di tahap kedua ini. Data yang dikumpulkan harus sudah memenuhi kriteria, dan bisa diolah menjadi informasi yang diperlukan. Jika belum, maka harus dilakukan proses ulang guna memenuhi kriteria data tersebut.

Baca juga:  Lebih Dalam Memahami Profit Margin dan 5 Cara Meningkatkannya

3. Melakukan Identifikasi dan Klasifikasi Data

Ketiga adalah tahapan identifikasi dan klasifikasi data. Data yang diperoleh akan diartikan guna membentuk informasi yang dapat digunakan dalam menjalankan bisnis.

4. Pengujian Data

Dari sisi reliabilitas dan validitas instrumen, data wajib dipastikan keabsahannya. Dengan demikian segala keputusan yang diambil berdasarkan data tersebut bisa menjadi keputusan yang relevan dan memiliki dasar kuat.

5. Deskripsi Data

Proses kelima dalam analisis data adalah melakukan pendeskripsian data. Proses ini adalah proses dimana data disajikan dalam bentuk diagram atau sajian visual, sehingga dapat dipahami dan dicerna oleh pihak dan divisi terkait.

6. Menguji Hipotesis

Tahap terakhir akan berujung pada pengujian hipotesis data. Hipotesis akan dilakukan untuk melihat apakah pernyataan data sudah layak, atau justru membutuhkan perbaikan lebih lanjut. Pada tahap akhir ini, perusahaan Anda dapat mengambil kesimpulan dan keputusan terkait apa yang akan dilakukan pada bisnis Anda.

Ilustrasi Analisis Data untuk Bisnis

analisis data

Diadakan sebuah penelitian untuk mencari data mengenai penggunaan media sosial dari konsumen produk A. Maka hal yang harus dipersiapkan adalah tools dan metode pengumpulan datanya terlebih dahulu. Bisa dengan kuesioner, atau melihat karakteristik pembagian user media sosial, misalnya Instagram.

Selanjutnya data yang telah dikumpulkan melalui tahap editing dan disesuaikan dengan kriteria data yang akan digunakan. Masuk pada tahap ketiga, data kemudian dikelompokkan berdasarkan nilai tertentu, untuk menjadi serangkaian informasi yang berguna untuk pengembangan dan pemasaran produk A.

Data kemudian diuji dan dipastikan reliabilitasnya agar bisa menjadi dasar pertimbangan yang baik. Setelah selesai, data disajikan pada pihak terkait untuk dicerna, dan diolah lagi sehingga pada akhirnya menghasilkan keputusan bisnis yang matang.

Baca Juga:  Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia dan 8 Fungsinya

Sekilas mengenai analisis data di atas semoga bisa menjadi bahasan yang berguna untuk membantu pengelolaan bisnis Anda. Terus ikuti artikel menarik lainnya di mylife.id dan semoga bisnis Anda terus berkembang!

Tags: , ,

Berita Terbaru