Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

anti aging artinyaSumber: Freepik

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin di kulit menjadi rusak dan menyebabkan lebih rentan terhadap kerutan. Beberapa kebiasaan yang membuat penuaan terjadi lebih cepat seperti paparan sinar ultraviolet, merokok, hingga stress berlebihan. Namun dengan anti aging skincare product berbahan aktif seperti retinol dan hyaluronic acid, dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan memperbaiki penampilan kulit. Yuk pahami dahulu anti aging artinya apa, kapan harus memulainya, ingredients product yang efektif, serta contoh lifestyle untuk menunda penuaan terjadi lebih cepat. 

Anti Aging Artinya Apa?

Perawatan wajah anti aging artinya beberapa cara terbaik untuk mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan perubahan warna kulit yang ringan. Seiring bertambahnya usia, kamu dapat memilih untuk memasukkan perawatan wajah anti penuaan ini sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit Anda.

Anti aging treatment dirancang khusus untuk mengurangi munculnya kerutan, garis halus, dan kulit kendur. Perawatan ini biasanya dilakukan pada bagian tubuh yang paling rentan terhadap tanda-tanda awal penuaan, seperti wajah, leher, dan tangan.

Kapan Diperlukan Produk Anti Aging?

Sumber: Freepik

Ahli dermatologis merekomendasikan agar semua orang dewasa mengaplikasikan dua produk anti aging paling penting, yaitu pelembap dan tabir surya. Kedua produk basic skincare ini membantu melindungi kulit dari sinar UV serta membuatnya tetap halus dan kenyal. Daily moisturizing akan membantu menenangkan kulit, sementara daily sunscreen dapat melindungi kulit dari munculnya bintik-bintik penuaan.

Pada usia yang lebih awal, sekitar 20-an, kamu bisa memulai rutin menggunakan produk yang dikenal sifat anti-penuaannya, seperti hyaluronic acid, vitamin C, dan retinol.

bahan (ingredients) untuk anti aging. Namun bukan berarti pada usia menginjak 20-an, kamu harus membeli anti-wrinkle cream. Ada banyak pilihan produk skincare dengan bahan aktif yang membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit, tanpa ada label anti aging. 

Bahan (ingredients) untuk Perawatan Anti Aging

Untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan cantik adalah dengan mengikuti rekomendasi dokter kulit menggunakan bahan-bahan terbaik untuk anti aging:

1. Sunscreen

Saat berbicara tentang perawatan anti penuaan, pencegahan adalah kuncinya. Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan sejak dini adalah mulai memakai sunscreen SPF 30 atau lebih tinggi. Sunscreen adalah bahan anti penuaan utama yang kamu gunakan untuk menangkal kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, Sunscreen memberi sel kulit tampilan yang lebih baik dan beregenerasi, sehingga membantu mengurangi perkembangan kerutan dan warna kulit yang merata. 

Baca juga:  9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

2. Antioksidan seperti Vitamin C dan Asam Ferulat

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti bekerja dengan baik bersama sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas. natural ingredient vitamin C juga membantu membangun kolagen dan dapat membantu sel-sel kulit mengatasi hiperpigmentasi. Kolagen terjadi secara alami di dalam tubuh manusia dan menjadi zat penting untuk menjaga kekencangan kulit seiring usia. 

Gunakan serum vitamin C yang juga diformulasikan dengan formula asam ferulat. Tak hanya menstabilkan vitamin C, asam ferulat juga merupakan antioksidan kuat dalam dirinya sendiri. Jenis asam ini bekerja dengan menetralkan radikal bebas yang “menggerogoti” produksi kolagen ini. Berkat asam ferulat ini, maka produksi kolagen terjaga, penampilan kulit menjadi lebih mudah, serta menenangkan kulit saat dikombinasikan dengan produk retinol.

Sumber: Freepik

3. Retinol atau Retinoid

Retinol atau retinoid dianggap sebagai bahan anti aging yang utama karena bekerja lebih dalam di kolagen. Fungsinya membantu remodeling kolagen, meningkatkan pergantian sel kulit, serta memperbaiki perubahan warna kulit yang tidak merata. Penting untuk menemukan retinol yang mengandung antioksidan dan bahan menenangkan untuk memperkuat kelembapan skin barrier. Kamu juga bisa menggunakan Bakuchiol (turunan retinol) yang membantu memperkuat kelembapan kulit serta mencegah potensi iritasi dan kulit kering.

4. Epidermal Growth Factor

Growth factor adalah protein besar yang berasal dari sel manusia, sel hewan, atau sel tumbuhan yang mendorong peningkatan protein struktural seperti kolagen dan elastin, Bahan anti aging ini juga membantu perbaikan jaringan setelah cedera, seperti pasca microneedling dan laser.

Baca juga:  5 Poin Pentingnya Menghitung Harga Pokok Produksi dalam Bisnis

5. Peptide atau Peptida

Anti aging artinya kamu harus memilih bahan yang berfokus menjaga produksi kolagen. Peptida bekerja membangun blok protein dan mengirim sinyal untuk membantu membangun kolagen serta meningkatkan kelembapan di kulit. Peptida terbukti cukup efektif dalam hal anti penuaan dengan melakukan perbaikan secara signifikan pada kerutan kulit.

6. Hyaluronic Acid atau Asam Hialuronat

Untuk kulit kering, hyaluronic acid dapat memberikan efek”tap tap” langsung serta memperbaiki kulit dari waktu ke waktu. Hyaluronic acid ini adalah salah satu bahan anti penuaan terbaik yang membantu menghidrasi kulit serta mengatasi kulit kering dan kerutan.

7. Methyl Estraodiolpropanoate atau MEP Technology

Teknologi MEP membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, meratakan tekstur kulit, dan memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Bahan aktif ini bekerja secara non hormonal membantu merangsang jalur reseptor estrogen di kulit yang tidak aktif.

Contoh Lifestyle untuk Menunda Penuaan

Sumber: Freepik

Selain sinar matahari, hal-hal lain seperti lifestyle sehari-hari juga dapat membuat kulit menua lebih cepat. Untuk membantu mencegah penuaan kulit dini, terapkan beberapa contoh lifestyle untuk menunda penuaan sebagai berikut:

  • Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari
  • Jika kamu merokok, berhentilah karena menyebabkan kerutan dan kulit kusam
  • Hindari ekspresi wajah yang berulang karena bisa menimbulkan garis-garis menjadi permanen
  • Selalu makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh (air putih)
  • Berolahraga hampir setiap hari
  • Bersihkan kulit wajah dengan lembut
  • Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur
  • Oleskan pelembap wajah setiap hari

Baca juga: 5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

Anti aging artinya perawatan kulit untuk mencegah penuaan kulit terjadi lebih cepat dengan berbagai cara yang efektif. Penuaan memang menjadi bagian yang tak bisa dihindari, namun kita dapat melakukan perawatan sejak dini untuk menundanya. Investasi kulit sehat dan terawat perlu kamu lakukan sejak sekarang ya, Ladies and Gents!

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Berita Terbaru