Apa itu Double Cleansing untuk Bersihkan Wajah? Ini Manfaatnya!

Untuk mewujudkan kulit wajah sehat dan terawat, kamu perlu memulai rutinitas skincare dari step double cleansing atau pembersihan ganda. Langkah ini mungkin tampak merepotkan bagi sebagian orang, namun hanya butuh tambahan sedikit waktu, kulit wajahmu benar-benar lebih bersih! Buat kamu yang baru memulai rutinitas skincare, ketahui lebih lanjut apa itu double cleansing, manfaat, cara melakukan, hingga rekomendasi produk terbaiknya! Check sekarang. 

Apa itu Double Cleansing?

Double cleansing atau pembersihan ganda, adalah cara mencuci wajah menggunakan dua produk, diawali pembersih oil-based lalu dilanjutkan pembersih water-based. Metode pembersihan ganda ini menghilangkan kotoran, sisa make up, dan sebum yang menempel di kulit.

Langkah pertama double cleansing menghilangkan kotoran dan minyak, seperti sebum, sisa produk SPF, makeup, dan polutan. Dilanjutkan langkah kedua membersihkan keringat dan kotoran yang masih menempel. 

Manfaat Double Cleansing untuk Merawat Wajah

Apa itu manfaat double cleansing untuk perawatan kulit? Beberapa yang utama mulai dari membantu mencegah jerawat dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Adapun manfaat spesifik dari step pembersihan ganda untuk wajah di antaranya:

1. Mencegah munculnya jerawat

Penumpukan sebum menyebabkan infeksi yang menyebabkan jerawat. Pembersih oil-based sangat bagus untuk menghilangkan kotoran, sisa makeup, serta paling penting sebum berlebih di wajah yang sedang berjerawat.

Baca juga:  Alami, 5 Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

2. Meningkatkan Efektivitas Produk Skincare Berikutnya

Double cleansing di malam hari menjelang tidur dapat membantu produk skincare berikutnya meresap lebih baik. Hasilnya pori-pori kulit semakin bersih serta lebih siap menyerap serum dan pelembab. Jika kulit dibersihkan secara menyeluruh, serum dan krim pelembab akan lebih mudah meresap.

3. Bekerja Lembut di Kulit

Dua langkah pembersihan wajah akan bekerja lebih lembut di kulit dibanding kamu memakai satu formula kuat pada satu produk pembersih saja. Ini penting untuk memerangi sensitivitas dan over drying.

Cara Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit

Pembersihan ganda melibatkan dua langkah mudah dimulai dengan pembersih dengan oil-based formula dilanjutkan dengan water-based formula. 

1. Step pertama kamu dapat menggunakan cleansing oil, cleansing balm atau micellar water. Oleskan ke kulit secara merata untuk membersihkan makeup, polusi, kotoran, dan sebum di wajah. Pijat pembersih dengan lembut selama satu menit sebelum membilas dengan air hangat. Cara ini membantu meminimalkan iritasi dan kulit kering.

2. Setelah cleansing oil dibilas menggunakan air hangat, lanjutkan ke pembersih kedua yang berbahan dasar air. Step ini diperlukan untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel. Oleskan produk secara merata kemudian bilas dengan air hangat. 

Jika kulitmu kusam, tambahkan sedikit scrub wajah ke pembersih kedua. Pijat wajah dengan lembut sebelum membilas dengan air.

Cara Memilih Produk Pembersih yang Tepat

Jika kamu memiliki kulit kering, cari formula pembersih yang lembut dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit. Cleanser dengan pH netral akan memastikan kulit tidak semakin kering. Pilihlah bahan-bahan lembut seperti shea butter, jojoba oil, plant oil, madu, dan squalene.

Baca juga:  5 Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering Jadi Sehat dan Berkilau

Untuk kulit berminyak, pilihlah bahan anti inflamasi seperti vitamin E dan polyhydroxy acid yang dapat membantu melawan komedo. Jenis kulit kombinasi gunakan pembersih balancing yang mengandung ceramide untuk mempertahankan kelembapan dan mengontrol minyak berlebih.

Jika kulitmu sensitif, pilih formula ringan yang bebas pewangi. Untuk beberapa kondisi kulit sensitif yang parah, hanya perlu memakai cleansing oil atau cleansing milk yang lembut. Jadi tidak perlu melakukan double cleansing karena dapat menstimulasi kulit secara berlebih dan kondisinya makin buruk.

Rekomendasi Produk Face Cleanser Terbaik

Garnier Micellar Cleansing Water Pink

Sumber: garnier.co.id

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Tidaklah berlebihan micel cleansing water serbaguna dari Garnier ini perlu kamu miliki. Pilihan produk ini sangat ideal untuk membersihkan kotoran dan makeup sehari-hari. Serta formula Glycerin yang ada dalam komposisinya, dapat melembabkan kulit wajah. Aplikasikan dengan lembut memakai kapas dan dapatkan hasil kulit bersih, segar, bercahaya dan cerah alami. 

Cosrx Salicylic Gentle Daily Cleanser

Produk facial wash satu ini bagus untuk merawat semua jenis kulit termasuk kulit berjerawat dan berminyak. Salicylic Gentle Daily Cleanser berfungsi untuk mengurangi sebum berlebih di wajah. Memiliki tekstur ringan saat digunakan dan kulit terbebas dari kotoran. Kandungan tea tree oil membantu menenangkan jerawat, anti peradangan, dan anti bakteri. Bebas paraben dan sodium lauryl sulfate sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Double cleansing adalah teknik mencuci muka yang bermanfaat untuk perawatan kulit paling optimal. Proses dua langkah ini membantu menghilangkan kotoran, makeup, dan sebum yang menempel seharian di kulit wajah. Double cleansing memastikan kulitmu benar-benar bersih, sehingga serum dan pelembab lebih mudah diserap lebih dalam. 

Baca juga: 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

Sekarang kamu telah mengetahui apa itu double cleansing beserta manfaatnya untuk wajah bersih dan terawat. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, pastikan kamu menerapkan double cleansing dengan benar. Yuk, mulai terapkan rutinitas skincare harian yang berurutan untuk wajah bersih dan glowing.