Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Simak 7 Tips Ampuh Memudarkannya

stretch markSumber: Freepik

Dalam jangka waktu yang tak sebentar, banyak dari kita yang memiliki stretch mark karena berbagai penyebab. Mulai dari pubertas, kehamilan, berat badan yang naik atau turun secara drastis, dan faktor genetika. Sebagian besar orang bertanya-tanya apakah stretch mark bisa hilang dan bagaimana caranya? Namun perlu dipahami, stretch mark sangat umum terjadi dan benar-benar alami. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mencoba berbagai perawatan untuk mengurangi munculnya stretch mark. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang?

Stretch mark adalah robekan pada collagen fabric di lapisan dermis dan terjadi setiap kali kulit “meregang” melampaui batasan. Kondisi seperti bekas luka lurik ini biasanya terjadi di daerah perut pada ibu hamil atau di daerah pinggul dan kaki akibat berat badan naik drastis. Stretch mark juga dapat terjadi selama masa remaja karena perubahan hormonal di kulit. Apakah stretch mark bisa hilang dan tak kembali lagi? Jawabannya memang tidak akan hilang 100%. Namun kondisi kulit ini bisa dipudarkan tergantung pada perawatan seperti apa yang kamu ambil. Intinya jangan merasa insecure atas kemunculan stretchmark karena ini adalah kondisi yang alamiah.

Sumber: Freepik

Perawatan untuk Mengurangi Tampilan Stretch Mark

1. Mengoleskan Produk Retinol

Retinol menjadi pilihan formula yang luar biasa untuk perawatan stretch mark. Bahan aktif retinol akan meningkatkan tekstur kulit dengan merangsang pembaruan epidermis, mendorong produksi kolagen, bahkan meratakan warna kulit. Pengaplikasian retinol membantu menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit kasar. Selain memudarkan tampilan stretch mark, retinol juga berfungsi mengembalikan fungsi skin barrier dengan menghidrasi kulit. Pada akhirnya, retinol akan membantu kulit kembali tampak sehat dan mencegah kerusakan baru.

Baca juga:  Eau de Toilette Beda dengan Eau de Parfum, Pahami Sebelum Beli Parfum Baru!

2. Dapatkan Manfaat dari Resep Tretinoin

Jika produk retinol tidak menunjukkan hasil, kamu bisa mencoba resep tretinoin. Tretinoin merupakan turunan sintesis vitamin A yang hanya diperbolehkan dengan resep dokter. Bahan aktif ini digunakan untuk meremajakan kulit, meningkatkan regenerasi sel baru, dan mendorong produksi kolagen. Namun karena agresivitasnya, tretinoin ini tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif. Saat mengoleskan tretinoin, oleskan sunscreen minimal SPF 30 dan hindari paparan sinar matahari. 

3. Cobalah Dry Brushing

Sumber: Freepik

Pengelupasan fisik tidak akan membuat stretch mark hilang begitu saja. Namun, kamu bisa mencoba metode eksfoliasi untuk membuat krim retinol bekerja lebih baik. Dry brushing membantu melonggarkan dan mengangkat sel-sel kulit mati yang mungkin menghalangi formula retinol. Teknik dry brushing atau menyikat kering dilakukan dengan cara menyikat dengan lembut kulit yang benar-benar kering khususnya pada area stretchmark sebelum mandi. Cara ini adalah pilihan yang bagus untuk jenis kulit “normal”. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, eksim, atau rosacea, jangan lakukan dry brushing.

4. Menghidrasi Kulit untuk Pencegahan

Kunci untuk mencegah stretchmark adalah memahami bahwa kulit memerlukan hidrasi. Kulit yang rusak perlu perbaikan untuk menjaga vitalitas kulit tetap optimal, lembut, dan kenyal. Pilihlah produk body care yang mengandung antioxidant-rich dengan tekstur buttery cream. Setelah penggunaan rutin, hasilnya warna kulit menjadi lebih rata dan kulit terhidrasi.

Baca juga:  Cobalah 7 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah Ini, Tepat dan Konsisten!

5. Rebuild Skin Cells dengan Microneedling

Apakah stretch mark bisa hilang dengan prosedur kecantikan? Ya, kamu bisa mencoba pilihan microneedling yang bagus untuk membantu menghilangkan stretchmark. Ketika kulit meregang atau menyusut terlalu cepat, kolagen dan elastin pecah, sehingga stretchmark menjadi terlihat. Prosedur microneedling ini memakai alat dengan banyak jarum kecil yang menembus kulit dan mengakibatkan mikro-trauma pada kulit. Langkah ini bertujuan merangsang kolagen dan elastin untuk rebuild skin cell.

6. Perawatan Laser untuk Tingkatkan Kolagen

Sumber: Freepik

Coba serangkaian perawatan laser untuk memudarkan stretchmark. Kita tahu sebenarnya stretchmark terjadi di area kulit yang mengalami kerusakan kolagen. Nah, perawatan laser ini dilakukan untuk memperbaiki stretch mark dengan membangun kembali kolagen di area bekas luka. Prosedur laser biasanya berlangsung selama 15 hingga 30 menit pada area yang ditargetkan dan dilakukan beberapa kali dalam jangka waktu tertentu.

7. Menutrisi Kulit dengan Oil Product

Kamu bisa pakai oil product yang bagus untuk menutrisi kulit menjadi lebih sehat dari waktu ke waktu. Pilihlah kandungan alami seperti tea tree oil, jojoba oil, grapeseed yang dikombinasikan dengan vitamin A dan E. Cari bahan anti inflamasi yang tak hanya menenangkan, namun juga mengurangi peradangan kulit. Aplikasikan oil product secara rutin dan rasakan hasil kulit yang kenyal dan terhidrasi.

Baca juga: Agen Eksfoliasi, Ini Fungsi AHA BHA untuk Hasil Kulit Sehat dan Kenyal

Apakah stretch mark bisa hilang dari tubuh? Jawabannya, iya. Tergantung pada jenis perawatan seperti apa yang kamu lakukan. Dengan perawatan yang tepat dan aman, secara bertahap kulit kamu akan kembali lebih kencang dan bekas luka memudar. Jadi, pastikan kamu pilih perawatan stretch mark berdasarkan rekomendasi dokter kulit masing-masing.

Tags: , , , , , , , , , ,

Berita Terbaru