7 Aplikasi E-Commerce untuk Kamu yang Hobi Belanja!

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan primer atau utama, sekunder, hingga tersier. Sebelum perkembangan teknologi secanggih sekarang, kita harus keluar rumah dan mendatangi toko untuk berbelanja. Seiring berkembangnya zaman, saat ini sebagian besar orang lebih suka berbelanja daring lewat aplikasi e-commerce.

Tak heran platform belanja dari semakin gencar memberikan promosi dan layanan terbaik. Hal tersebut tentu membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan atau diinginkan dengan harga yang semakin terjangkau berkat promosi dan potongan harga yang diberikan. Ada beberapa e-commerce atau toko digital yang terjangkau sehingga semakin memudahkan kita untuk belanja daring murah. Apa saja? Simak 7 aplikasinya di bawah ini!

aplikasi e-commerce
Sumber: iStockPhoto

7 Aplikasi E-Commerce Terjangkau

1. Shopee

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

Shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Shopee memberikan banyak promosi dan penawaran yang cukup menggiurkan seperti bebas ongkos kirim, diskon besar-besaran, flash sale, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga menawarkan pengalaman transaksi daring yang aman dengan adanya jaminan “Garansi Shopee”. Dengan jaminan tersebut, kamu tak perlu khawatir jika barang yang dibeli tidak kunjung datang atau melewati batas waktu yang ditentukan sistem, karena dana yang telah dibayarkan akan dikembalikan langsung ke akunmu.

2. Lazada

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

Berikutnya ada Lazada yang menjadi salah satu aplikasi e-commerce yang cukup digemari di Indonesia. Salah satu kelebihan Lazada adalah konsumen bisa membeli barang dari luar negeri dengan mudah. Anak perusahaan dari Alibaba Group ini hadir di Indonesia sejak tahun 2014. Tidak mau kalah dengan kompetitornya, Lazada juga menawarkan berbagai promo menarik yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mendapatkan barang keinginan mereka dengan harga yang lebih terjangkau, salah satunya seperti Lazada Birthday Sale. Lazada juga memiliki kategori khusus yaitu LazMall yang merupakan kumpulan berbagai merek resmi dan asli yang bekerja sama menjual produknya di Lazada. Sehingga barang yang dijual sudah dipastikan asli dan dikelola langsung oleh merek yang bersangkutan.

Baca juga:  Bisnismu Terkena Dampak Inflasi? Ini 4 Tips Mengatasinya

3. Tokopedia

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

E-commerce yang identik dengan warna hijau serta ikon burung hantunya ini merupakan salah satu toko daring terbesar di Indonesia. Melalui Tokopedia, kamu bisa melakukan transaksi berbagai hal. Mulai dari bayar berbagai tagihan, pembelian voucher pulsa, hingga membeli berbagai jenis produk. Tidak berbeda jauh dengan e-commerce lainnya, Tokopedia juga cukup sering memberikan berbagai promo menarik. Salah satunya melalui campaign “Waktu Indonesia Belanja” yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2020.

4. Blibli

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

Toko daring atau e-commerce yang identik dengan warna biru ini bisa dibilang termasuk salah satu toko daring terbesar di Indonesia. Banyak fitur yang ditawarkan oleh Blibli.com seperti pilihan pembayaran dengan cicilan 0% untuk membeli berbagai barang yang diinginkan. Selain itu, Blibli.com juga memiliki kategori khusus BlibliMart yang menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari selayaknya minimarket virtual dengan pilihan pembelian secara grosir untuk barang tertentu. Sehingga selain terjamin aman, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari lebih terjangkau dengan pembelian secara grosir.

5. JD.ID

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

Aplikasi jual-beli daring ini berasal dari Tiongkok, namun cukup populer di Indonesia. Nama JD.ID memang khusus untuk pangsa pasar Indonesia. Platform ini terkenal dengan penjualan barang elektroniknya. Diantaranya adalah smartphone, komputer, laptop, smart device, tablet, televisi, peralatan kantor, dan lain-lain. JD.ID menjadi salah satu platform mobile yang banyak diakses di tanah air. Hal ini karena jaminan barang yang dijual original dan berkualitas.

Baca juga:  8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Paling Penting

6. Bukalapak

aplikasi e-commerce
Sumber: Pinterest

E-commerce ini didirikan oleh Achmad Zaky pada 10 Januari 2010. Bukalapak juga cukup dikenal dengan iklan-iklannya yang unik dan menarik. Tidak berbeda jauh dengan e-commerce lainnya, Bukalapak juga sering memberikan promo menarik seperti flash sale serta program potongan harga lainnya. Bukalapak juga memiliki kategori khusus yaitu BukaMall yang menyediakan barang-barang asli bergaransi dari berbagai merek. Selain itu, ada juga fitur BukaMart yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga serta kebutuhan sehari-hari selayaknya berbelanja di minimarket secara virtual. Dengan begitu, Bukalapak merupakan salah satu aplikasi belanja daring yang murah dan terpercaya.

7. Orami

aplikasi e-commerce
Sumber: Awanapps

Berbeda dari aplikasi e-commerce yang telah disebutkan diatas, Orami berfokus pada niche market barang-barang kebutuhan keluarga, terutama produk ibu dan anak. Namun saat ini Orami juga sudah mulai merambah ke sektor lainnya seperti produk kebutuhan rumah tangga, kesehatan, dan produk kecantikan. Tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan jual beli, namun Orami juga bisa menjadi platform bagi orang tua untuk mendapatkan tips seputar parenting.

Demikianlah 7 aplikasi e-commerce yang populer dan terjangkau di Indonesia. Meskipun banyak toko daring bermunculan, namun tidak sedikit juga masyarakat yang masih bertahan membeli barang di toko luring. Seperti pasar, minimarket, hingga supermarket.