Pilihan Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Bisa Diunduh Gratis

Disadari atau tidak, nyatanya sekarang ini foto telah menjadi salah satu elemen andalan di berbagai media. Hal tersebut juga didorong dengan kemajuan dunia sosial media yang sangat pesat. Hampir semua orang seolah berbondong-bondong untuk menghasilkan foto yang cantik dan menarik untuk dipamerkan. Tidak hanya seorang fotografer saja, namun saat ini siapa saja bisa menghasilkan foto yang indah. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi edit foto terbaik.

Kenapa Perlu Menggunakan Aplikasi Edit Foto?

aplikasi edit foto terbaik

Meskipun sekarang ini smartphone sudah memiliki fitur kamera yang memungkinkan kamu untuk dapatkan hasil foto yang bagus. Namun terkadang, foto yang dihasilkan dari tangan sendiri bisa kurang sempurna, entah itu dari angle atau tingkat kecerahannya. Itulah mengapa, penggunaan aplikasi edit foto terbaik di smartphone, baik itu Android maupun iOS sangat diperlukan.

Dengan bantuan aplikasi edit foto terbaik ini, kamu bisa menambahkan filter warna, menggabungkan, bahkan memotong foto yang sesuai dengan selera. Penasaran kan, apa saja pilihan aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Aplikasi Edit Foto Terbaik

aplikasi edit foto terbaik

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah pilihan aplikasi edit foto terbaik di smartphone yang bisa kamu coba:

  1. Prisma Photo Editor, adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang banyak dipilih para pengguna smartphone, baik itu Android maupun iOS. Aplikasi yang satu ini memiliki hasil filter yang sangat baik dan mampu mendeteksi objek di foto. Hanya saja, untuk menggunakan Prisma Photo Editor ini, kamu harus memastikan koneksi internetmu lancar.
  2. Aplikasi edit foto VSCO atau VSCO Cam juga menjadi favorit banyak orang. Setelah mengedit di VSCO, maka tampilan fotomu akan terlihat lebih keren, artistik, dan seperti diambil dengan kamera analog. Selain praktis dan mudah digunakan, VSCO hadir untuk pengguna iOS dan Android. Kamu bisa mengunduhnya langsung di Google Play Store atau Apple Store.
  3. PicsArt, adalah aplikasi edit foto yang memiliki desain baik dan berbagai fitur canggih, mulai dari kolase foto, bingkai, hingga stiker lucu. PicsArt bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Hanya saja, ada beberapa fitur di dalamnya yang berbayar.
  4. Aplikasi Snapseed juga bisa diandalkan untuk mengedit dan mengolah foto dengan beragam fitur seperti crop, tune image, tonal contrast, dan vignette. Hanya dengan aplikasi Snapseed ini, kamu akan mendapatkan hasil foto terbaik sesuai yang kamu inginkan.
  5. Adobe Lightroom, adalah aplikasi edit foto yang fitur-fiturnya mirip seperti  versi komputernya. Karena itu pula, edit foto dengan Adobe Lightroom ini akan lebih detail dan cukup rumit dibandingkan aplikasi lainnya. Tentu, kerumitan itu sesuai pula dengan hasil foto yang dihasilkan. Aplikasi Adobe Lightroom ini sebenarnya versi sederhana dari Adobe Photoshop, lho.
  6. Pixlr, juga memiliki banyak fitur seperti brightness, contrast, menyisipkan teks, sticker, effect, border, overlay, dan image quality. Aplikasi edit foto Pixlr ini dapat dinikmati bagi para pengguna Android dan iOS.
Baca juga:  Kamera Polaroid: Rekomendasi dan Tips Menghasilkan Foto Menarik

Tips dan Trik Edit Foto 

aplikasi edit foto terbaik

Setelah mengetahui pilihan aplikasi edit foto terbaik seperti yang telah dijelaskan di atas, lalu bagaimana langkah mengedit foto agar lebih menarik? Kamu harus simak tips dan trik singkat di bawah ini!

  • Langkah pertama, kamu bisa menggunakan teknik cropping untuk memilah bagian foto mana yang harus dimasukkan ataupun dibuang. Untuk menerapkannya, kamu bisa mengikuti aturan rule of third yang bisa menjadi acuan komposisi dalam foto. Garis-garis rule of third ini akan muncul saat kamu memulai proses cropping. Dengan bantuan garis tersebut, maka kamu bisa melihat perbandingan sisi foto agar terlihat lebih proporsional. 
  • Jika foto yang dihasilkan miring, kamu bisa mengatasi kendala tersebut dengan mudah. Yaitu melalui teknik level atau straighten saat editing foto. Sudah banyak aplikasi edit foto terbaik yang menampilkan garis horizon yang cukup jelas, sehingga akan memudahkan kamu untuk meluruskan posisi foto.
  • Melalui proses editing, kamu juga bisa mengatur tingkat kecerahan atau exposure dan perbedaan cahaya atau contrast pada foto. Tingkat kecerahan pun bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan. Namun, ingatlah untuk tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek noise saat tingkat kecerahan terlalu tinggi.
  • Untuk mengangkat area yang cukup gelap atau berbayang, kamu bisa mengatur bagian shadow. Sebaliknya, saat ingin mengurangi cahaya di area yang terlalu terang, maka kamu bisa mengatur tingkat highlight-nya. 
  • Kamu juga bisa menggunakan teknik healing saat ingin menghilangkan objek yang mengganggu.
Baca juga:  Benarkah Smartphone Layar AMOLED Lebih Baik dari IPS LCD?

Itulah beberapa pilihan aplikasi edit foto terbaik dan teknik editing yang dapat mempercantik hasil foto. Meskipun dapat memperindah tampilan foto, kamu tetap perlu memahami teknik fotografi, ya. Karena proses editing akan kurang maksimal jika foto yang dihasilkan kurang bagus. Oleh karena itu, pastikan komposisi serta cahaya saat memotret sudah seimbang, ya!