5 Aplikasi Edit Video Terbaik, Cocok untuk YouTuber Pemula!

Salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang YouTuber adalah mengoperasikan aplikasi edit video. Kemampuan mengedit video memang menjadi modal utama yang perlu kamu punya sebagai seorang YouTuber. Untuk itu, berikut ini adalah 5 aplikasi edit video yang cocok untuk para YouTuber sepertimu. Kalau kamu kesulitan untuk mengingatnya, kamu bisa mencatatnya, ya! Simak baik-baik ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Aplikasi Edit Video untuk YouTuber Pemula

aplikasi edit video

Rata-rata, kebanyakan orang akan menggunakan software Adobe Premiere Pro untuk mengedit video. Software ini memang memiliki fitur yang lengkap untuk mendukung aktivitas editing. Namun sayangnya Adobe Premiere Pro ini bukanlah aplikasi yang gratis. Namun kamu tidak perlu khawatir. Sebagai pemula, kamu bisa mencoba aplikasi edit video di bawah ini:

1. Corel Video Photo

Aplikasi ini memang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro, dan memang tidak memiliki fitur yang lengkap. Namun aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang belajar dan memulai mengedit video. Corel sudah menyediakan banyak template yang bisa kamu gunakan untuk mendukung pengeditan video yang kamu lakukan. Mulai dari video transisi, template untuk video opening (intro), filter, hingga background musik.

2. Lightworks

Kalau kamu mau edit video dengan aplikasi gratis, aplikasi edit video yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Aplikasi ini wajib kamu coba untuk belajar edit video tanpa harus mengeluarkan dana untuk install aplikasinya. Ukuran file pada aplikasi ini cukup besar. Namun tenang saja, karena kamu akan tetap mendapatkan hasil akhir editing yang maksimal. 

Baca juga:  Tebing Breksi, Tempat Wisata Alam Terbaik di Jogja

3. KineMaster

Kalau kamu ingin edit video tanpa harus menggunakan PC, aplikasi ini dapat kamu unduh di smartphone iPhone maupun Android. Sehingga aktivitas edit video pun akan semakin mudah kamu lakukan. Tenang saja, KineMaster ini sangat cocok untuk pemula karena memiliki fitur yang lengkap dan hasil akhir video kamu pun akan terlihat profesional. Fitur yang disajikan pada aplikasi ini di antaranya adalah multilayer untuk video, mengatur audio, menambahkan gambar, stiker, dan tulisan tangan dalam klip video.

4. Movie Maker Filmmaker

Aplikasi yang satu ini juga tidak berbayar alias gratis. Karena aplikasi ini gratis, maka akan banyak iklan bermunculan yang cukup mengganggu. Tapi, tenang saja karena fitur yang disuguhkan cukup lengkap dan sangat mudah untuk dioperasikan. Fitur-fiturnya mencakup efek video langsung, efek animasi teks, musik slideshow, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat berguna untuk membuat video pendek.

5. VivaVideo

The last but not least, banyak orang yang menggunakan aplikasi VivaVideo untuk mengedit video di smartphone dan tentunya dapat diunduh di Android dan iPhone. Aplikasi ini dapat memotong dan menggabungkan klip, serta dapat menyediakan ratusan efek dari stiker dan filter. VivaVideo juga menyediakan fitur slow motion, lho

Cukup banyak kan aplikasi edit video yang dapat kamu gunakan? Jadi, tidak ada penghalang lagi untuk kamu memulai karir sebagai seorang YouTuber.

Baca juga:  Komplain dari Customer Baik untuk Kemajuan Perusahaan, Kok Bisa?

Tips Menjadi YouTuber Sukses

aplikasi edit video

Bagaimana sih tipsnya supaya bisa menjadi seorang YouTuber sukses? Ada beberapa cara untuk menjadi YouTuber sukses dan menghasilkan banyak uang yang harus kamu ikuti. Tapi perlu diingat, ya! Bahwa kunci utama untuk sukses itu adalah berusaha dan berdoa. 

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat channel YouTube. Sebenarnya ada cara mudah yang bisa kamu coba, yaitu membuka akun gmail dan mensinkronkannya dengan YouTube. Maka secara otomatis kamu sudah membuat akun YouTube kamu sendiri. 
  • Selanjutnya, kalau kamu mau mendapatkan uang dari video-video yang kamu upload di YouTube, kamu juga harus membuat akun Google AdSense. Kamu hanya diperbolehkan mempunyai satu akun adsense, untuk memudahkan pembayaran nantinya. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense ini, setidaknya kamu membutuhkan 3 video original yang sudah di upload.
  • Pikirkan secara matang soal konten apa yang akan kamu buat. Apakah tujuannya adalah untuk menghibur orang, memberikan edukasi lewat tips dan trik, atau lainnya. 
  • Buatlah konten yang menarik dan berkualitas, dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Tujuannya adalah supaya para penonton tidak cepat bosan. 
  • Beli beberapa kebutuhan videografi dan editing yang diperlukan. 
  • Jangan asal upload video, karena ada beberapa yang perlu diperhatikan. Seperti judul, thumbnail, deskripsi, tag, hingga memastikan koneksi internet yang stabil. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar dapat menjadi seorang YouTuber yang sukses. Pastikan kamu mengusahakan semaksimal mungkin dan konsisten, ya. Kalau kamu merasa masih noob soal edit video, kamu harus ingat bahwa tidak ada hasil yang instan. Semakin sering kamu rajin mengasah dan belajar cara mengedit video, maka dijamin kamu akan bisa dan terbiasa. Tetap semangat, ya!