Aplikasi Laptop Windows 10 yang Cocok Digunakan Sehari-hari

Tahukah kamu bahwa aplikasi laptop Windows 10 yang mengadopsi Universal Windows Platform (UWP) kini semakin bertambah? Bahkan kamu bisa menemukan hingga ratusan ribu aplikasi dan game di Store Windows 10. Satu hal yang menarik dari Windows 10 saat ini adalah, aplikasi-aplikasi yang tersedia di Store Windows 10 juga bisa digunakan di Windows 10 mobile. Dengan catatan, aplikasi-aplikasi tersebut sudah mengadopsi UWP.

Rekomendasi Aplikasi Laptop Windows 10

aplikasi laptop

Dari banyaknya aplikasi yang bisa diunduh melalui Store, setidaknya ada 7 aplikasi laptop Windows 10 yang menjadi favorit kebanyakan orang. Kenapa aplikasi ini menjadi favorit kebanyakan orang? Karena aplikasi ini digunakan hampir setiap hari, baik di PC maupun di ponsel yang sudah mengadopsi UWP. Dan inilah ulasan aplikasi laptop Windows 10 tersebut:

1. Adobe Reader

Meskipun Microsoft juga membuat aplikasi pembaca dokumen pdf, namun sebagian orang ternyata lebih nyaman menggunakan Adobe Reader. Fitur-fiturnya dianggap lebih banyak, apalagi kalau kamu adalah pelanggan Adobe Creative Cloud

2. Audible

Aplikasi yang satu ini menyediakan ratusan ribu buku suara, sehingga cukup menarik perhatian kebanyakan orang. Aplikasi ini bisa kamu gunakan jika tidak ingin mendengarkan lagu saat menemani dalam waktu-waktu tertentu. Hanya saja, buku suara yang ada di Audible ini semuanya berbahasa Inggris. Bagi kamu yang mencari koleksi buku suara berbahasa Indonesia, kamu bisa mengunduh aplikasi Android bernama Listeno.

Baca juga:  Kamu Harus Coba! Game Indonesia yang Menarik untuk Dimainkan

3. Adobe Photoshop Express

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto instan buatan Adobe. Lain halnya dengan Photoshop biasa, Adobe Photoshop Express ini lebih memberikan kemudahan dalam mengolah foto melalui ponsel maupun PC. Jadi, kamu tinggal memilih filter, mengatur exposure, dan lain sebagainya.

4. Font Candy

Kalau kamu suka membuat quote atau kata-kata indah, maka aplikasi laptop yang satu ini cocok untuk digunakan. Banyak koleksi template dan font yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan foto-foto indah dengan kata-kata mutiara yang membuat semangat.

5. LastPass

Aplikasi yang satu ini berguna untuk menyimpan password dan bisa sinkronisasi antar perangkat. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki terlalu banyak akun dan tidak bisa dihapal. Jadi dengan aplikasi ini, kamu bisa menghindari fitur “forgot password” yang ada di setiap layanan internet. Sangat menarik, ya?

6. Trakter

Aplikasi UWP yang satu ini menjadi favorit kebanyakan orang karena tidak ditemukan di Android. Aplikasi ini sangat berguna untuk mencatat film atau serial televisi yang kamu suka dan menandai episode yang sudah ditonton. Dengan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah untuk mengatur jadwal nonton, lho. Menariknya lagi, kamu bisa juga berinteraksi dengan sesama pengguna Trakter. Untuk login, kamu harus punya akun TraktTV terlebih dahulu.

7. Money Lover

Money Lover ini merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan yang terbaik di Windows 10. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menulis dan membuat laporan keuangan agar bisa lebih bijak dalam menggunakan uang.

Baca juga:  Spesifikasi Apa yang Bisa Didapatkan di HP 2 Jutaan?

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

aplikasi laptop
Sumber: https://urbandigital.id/

Produk ciptaan Microsoft ini mulai diperkenalkan pada tahun 2015 yang lalu. Kesuksesan Microsoft dalam mengembangkan produk ini memang membawa banyak peminat yang sudah tidak terhitung jumlahnya hingga saat ini. Kalau kamu penasaran, berikut ini ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Windows 10.

Salah satu kelebihan Windows 10 yaitu dari segi kompatibilitas, di mana sistem operasi keluaran Microsoft ini tidak hanya bisa dijalankan di PC, tapi juga bisa dijalankan di smartphone atau tablet. Lalu kelebihan lainnya ada pada kehadiran tombol start menu yang sempat hilang dan tidak bisa dijumpai pada Windows 8. Selain itu juga terdapat Fitur Multitasking, Fitur Cortana yang berfungsi sebagai asisten pribadi digital berbasis Artificial Intelligence, Fitur Game Mode, hingga Fitur Continuum. Yang tidak kalah menarik adalah, pada Windows 10 tidak lagi menggunakan Internet Explorer, dan mulai digantikan dengan Microsoft Edge yang menjadi browser standar Windows 10.

Sementara itu, salah satu kekurangan Windows 10 yaitu pengoperasiannya yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan Windows 10 kurang ramah bagi pengguna yang masih anak-anak atau orang dewasa yang baru belajar mengoperasikan komputer. Lalu, kekurangan Windows 10 yang lain adalah pembaruan atau update sistem yang belum selesai. Nah, karena pembaruan yang tidak sempurna, maka Windows 10 juga memiliki masalah lain, di mana pengguna bisa dengan cepat kehabisan kuota internet. Kuota tersebut digunakan untuk melakukan pembaruan dalam jangka waktu tertentu dalam jumlah yang besar. Hal ini karena Windows 10 terus mencoba untuk mencari celah keamanan yang perlu diatasi, seperti bug dan performa yang masih belum stabil. Bagaimana menurut kamu?