Mau ke Artjog? Simak Informasinya Sebelum Ditutup!

Festival seni kontemporer “Artjog” kembali digelar tahun ini di Jogja National Museum, Yogyakarta, mulai 30 Juni hingga 27 Agustus 2023. Mengusung tema ‘Motif: Lamaran’, pameran kesenian tahunan ini tak hanya menghadirkan pameran seni, namun juga sejumlah program menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh publik. Pameran ini melibatkan 73 seniman.

51 diantaranya merupakan seniman dewasa dari jalur undangan dan panggilan terbuka, sementara 22 sisanya merupakan seniman anak. Semua karya tersebut diseleksi oleh tim kuratorial yang dipimpin Hendro Wiyanto, kurator dan penulis berbasis di Jakarta, dan Nadiah Bamadhaj, seniman Malaysia yang menetap di Yogyakarta. Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

artjog
Sumber: Dok. Pribadi

Lokasi Pameran Seni Artjog 2023

Pameran seni tahunan ini dilaksanakan di Jogja National Museum, Jalan Professor Dr. Ki Amri Yahya No. 1, Kota Yogyakarta. Kamu bisa menjangkau lokasi ini dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, yaitu TransJogja. Jika menaiki kendaraan umum, kamu bisa turun di halte Cokroaminoto SMA 1 Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk untuk melihat pameran ini dipatok mulai Rp 50.000 per orang. Untuk pengunjung 6-16 tahun, dikenakan HTM sebesar Rp 50.000 per orang. Sedangkan bagi pengunjung di atas 17 tahun, harus membayar Rp 75.000 per orang. Jika kamu membawa si kecil yang berusia di bawah 6 tahun, kamu tidak perlu membayar alias gratis! Pameran ini dibuka mulai jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

Baca juga:  Daya Tarik 8+ Pantai Laut Selatan Jawa yang Perlu Kamu Tahu!

Program Pendukung

artjog
Sumber: Dok. Pribadi

Kamu dapat menikmati karya seni dari 73 seniman dan berkeliling di setiap sudut galeri dengan Exhibition Tour. Ada tiga jenis Exhibition Tour di sini, yakni Exhibition Tour with Curators, Exhibition Tour with Difabel, dan Exhibition Tour with Kids. Exhibition Tour with Curators ditujukan bagi yang tertarik untuk menjelajahi galeri bersama para kurator, di antaranya Hendro Wiyanto, Nadiah Bamadhaj, Bambang ‘Toko’ Witjaksono, dan Ignatia Nilu.

Kemudian, Exhibition Tour with Difabel ditujukan bagi komunitas difabel dengan penyediaan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung dengan disabilitas. Sedangkan Exhibition Tour with Kids merupakan tur pameran khusus anak-anak, sehingga dilakukan secara interaktif dan menyenangkan. Menariknya, pengunjung anak-anak bisa turut berpartisipasi dalam mengenal karya seni dengan adanya program ini.

Selain itu, ada juga “performa•ARTJOG” yang dihadirkan sebagai bagian dari program pendukung. Terdapat 4 sub-program dalam agenda ini, yaitu Main Performance, Connect, Explanatory, dan Special Performance. Itulah informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai Artjog 2023. Pastikan kamu mengunjunginya hingga tanggal 27 bulan Agustus ini, ya! Dan jangan lupa untuk membeli tiketnya secara langsung di tempat, ya! Karena tidak ada pembelian secara daring.