Badan Terasa Dingin Meskipun Cuaca Panas, Jangan Disepelekan!

Jika kamu berada di ruangan dengan alat pendingin seperti AC, pastinya badan akan terasa dingin. Suhu tubuh diatur oleh hipotalamus yang berada di otak. Kelenjar ini berfungsi untuk mengirimkan pesan ke seluruh tubuh, salah satunya untuk mengatur produksi panas dan mempertahankan suhu tubuh yang normal. Selain itu, kelenjar ini berperan dalam mengatur kerja kelenjar tiroid. Jika tiroid tidak berfungsi dengan normal, maka tubuh akan menimbulkan berbagai reaksi, salah satunya sering merasa kedinginan.

Tubuh yang merasa dingin sesekali mungkin bukan masalah yang cukup serius. Namun jika hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi apa yang terjadi dalam tubuhmu dan menerima penanganan yang tepat. Apa saja ya penyebab dari kondisi dingin pada tubuh? Dan bagaimana cara mengatasi kondisi ini? Simak penjelasan berikut ini.

Sumber: Freepik

Penyebab Badan Terasa Dingin

Beberapa orang memang lebih sensitif terhadap suhu dingin. Tetapi jika kamu sering merasa dingin meskipun cuaca sedang panas, kemungkinan itu adalah tanda dari penyakit tertentu. Beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan tubuh sering merasa dingin, antara lain sebagai berikut.

1. Anemia

Anemia terjadi saat sistem tubuhmu tidak dapat membuat cukup sel darah merah normal untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Gejala anemia selain tubuh yang terasa dingin yaitu terlihat pucat dan detak jantung teratur. Pastikan kamu mengonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin B12, serta tablet tambah darah, ya.

Baca juga:  Serba-Serbi Bahaya Vape untuk Kesehatan yang Patut Diwaspadai

2. Dehidrasi

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% cairan. Minum air yang cukup berfungsi dalam mengatur suhu tubuh. Jika asupan air kurang, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini mengakibatkan tubuh lebih sensitive terhadap perubahan suhu ekstrem. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air minum setidaknya 8 gelas per hari.

3. Hipotiroidisme

Sumber: Freepik

Hipotiroidisme adalah suatu gangguan pada kelenjar tiroid, dimana kelenjar ini tidak bisa optimal dalam menghasilkan hormon tiroid. Tanpa hormone tiroid yang cukup, metabolism tubuh akan melambat dan produksi panas tubuh pun akan berkurang. Selain badan yang terasa dinggin, gejala lain dari hipotiroidisme adalah rambut tipis, kulit kering, sembelit, dan menstruasi tidak teratur.

4. Diabetes

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi, seperti gangguan saraf dan ginjal. Salah satu komplikasi dari diabetes adalah neuropati diabetic, dimana terjadi kerusakan saraf pada penderita diabetes karena tingginya kadar gula darah. Hal ini sering menyebabkan kaki dan tangan kesemutan, wajah terlihat pucat, dan sering merasa dingin.

5. Kurang Tidur

Berbagai studi mendapati kurang tidur dapat menurunkan suhu tubuh. Hal ini dikarenakan kurangnya tidur dapat memengaruhi sistem saraf dan mekanisme regulator di otak yang meregulasi panas. Berkurangnya aktivitas hipotalamus inilah yang berdampak pada metabolisme, membuatnya menjadi tidak optimal.

Untuk itu, usahakan untuk tidur cukup setiap malamnya. Agar bisa cepat rileks dan terlelap, konsumsilah makanan tinggi magnesium. Kamu yang seharian bekerja dengan duduk saja di depan komputer juga mesti berolahraga agar sirkulasi lancar dan kualitas tidur meningkat.

Baca juga:  Pentingnya Konsumsi Makanan dengan Pedoman Gizi Seimbang

6. Gangguan Hipotalamus

Gangguan pada jaringan hipotalamus dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti cedera kepala berat, stroke, infeksi, hingga penyakit autoimun. Tidak hanya membuat penderitanya sering kedinginan, gejala yang ditimbulkan karena gangguan pada hipotalamus adalah gangguan tidur, perubahan nafsu makan, serta suasana hati yang sering berubah.

Mengatasi Tubuh yang Terasa Dingin

makanan sehat
Sumber: Freepik

Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, kamu dapat melakukan hal-hal berikut untuk meringankan rasa dingin pada tubuh.

  • Konsumsi makanan kaya zat besi, asam folat, dan vitamin B12
  • Memenuhi asupan cairan tubuh minimal 8 gelas per hari
  • Mengenakan pakaian tebal atau hangat
  • Menghindari ruangan yang menggunakan pendingin
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Membatasi konsumsi kafein atau minuman beralkohol.

Ketika berada di suhu udara rendah tentu menjadi hal normal atau wajar jika tubuh kedinginan. Tetapi jika cuaca sedang normal atau bahkan panas, badan malah terasa dingin bisa jadi ada masalah pada tubuh. Segera periksakan diri ke dokter jika kondisi tersebut mengganggu keseharianmu.

Mia Atika

Add comment

Share