9 Bahan Hoodie yang Bagus, Pilih Sesuai Kebutuhan!

Kalau saat ini kamu sedang berencana membeli hoodie, tapi belum tahu seperti apa bahan hoodie yang bagus, pastikan kamu simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Memang ada banyak sekali bahan hoodie, jadi kamu harus tahu jenis bahan hoodie yang bagus. Apalagi kalau hendak membelinya secara online, di mana kamu tidak bisa menyentuh dan merasakannya secara langsung. 

Untuk jaket hoodie, biasanya dibutuhkan kain yang lembut, ringan, breathable, dan mampu menyerap keringat, sehingga tetap nyaman di kulit sepanjang hari. Jenis bahan hoodie beragam sekali, ada yang super tebal hingga tipis. Bagi kamu yang gemar memakai jaket dengan penutup kepala, pasti tidak hanya mengutamakan desain yang bagus saja, tapi juga mementingkan kenyamanan.

Kenali Bahan Hoodie yang Bagus

bahan hoodie yang bagus
Sumber: Freepik

Bahan hoodie yang bagus yang paling umum adalah fleece. Kain fleece merupakan jenis kain berbulu yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada salah satu sisi permukaan kainnya, yang pada umumnya terbuat dari campuran cotton dan wool. Kain fleece ini teksturnya lembut, dapat menyerap air (hidrofobik), hangat dan tidak panas, serta sangat nyaman dipakai. 

Selain digunakan untuk membuat sweater, kain fleece juga dapat digunakan untuk membuat jaket, hoodie, dan jumper karena bahannya yang bersifat hangat namun tidak panas dan nyaman dipakai.

Daftar bahan hoodie yang bagus selengkapnya, cek ulasannya di bawah ini: 

1. Cotton Fleece

Kain cotton fleece merupakan jenis bahan hoodie yang bagus yang memiliki konsentrasi katun lebih banyak dibandingkan polyester-nya. Bahan cotton fleece ini memiliki warna yang lebih cerah dan lebih ringan jika dibandingkan jenis bahan fleece lain. Karakteristik dari kain cotton fleece yang mudah dikenali adalah sebagai berikut:

  • Bagian dalam dan bagian terluar dari kain memiliki permukaan bahan yang sama-sama halus.
  • Serat kain lebih besar dan lebih kasar dibandingkan bahan kaos.
  • Bahan kain bagus dan hangat, dengan permukaan kain yang pada umumnya bersifat lebih sejuk, lebih lembut, dan lebih halus di kulit.
Baca juga:  5 Ide Outfit Jalan-Jalan Simple dan Stylish, Kamu Harus Coba!

2. Polar Fleece

Kain polar fleece ini merupakan jenis bahan yang terbuat dari campuran polyester, katun, viscose, dan serat sintetik lainnya. 

3. Polyester Fleece

Kain polyester fleece merupakan jenis bahan kain yang mengandung polyester cukup banyak, sehingga memiliki tekstur lebih kaku dan tampilan yang lebih mengkilap jika dibandingkan dengan cotton fleece. Karakteristik dari kain ini yang mudah dikenali adalah:

  • Bagian terluar kain memiliki tampilan yang sama seperti kaos PE.
  • Kain ini memiliki tampilan yang terlihat lebih mengkilap dibandingkan dengan bahan fleece cotton karena memiliki kandungan polyester yang lebih banyak.
  • Tekstur kain ini biasanya jauh lebih kaku dibandingkan dengan fleece cotton. Pakaian yang dibuat dengan bahan ini pada umumnya terlihat lebih elegan dan sporty.

4. CVC Fleece

Kain CVC fleece merupakan jenis kain yang terbuat dari komposisi 55% cotton combed dan 45% viscose, di mana tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa dan mampu menyerap keringat. Karakteristik kain ini yang mudah dikenali adalah:

  • Kain ini merupakan sejenis kain tekstil yang bertekstur agak kasar jika dipegang dan diraba.
  • Kain ini banyak digunakan untuk pembuatan bahan jaket, sweater, dan juga hoodie.
  • Memiliki kualitas yang cukup bagus, hampir mendekati kualitas fleece cotton.
  • Harga kain ini lebih murah jika dibandingkan dengan fleece cotton.

5. Kain Drill

Kain drill merupakan bahan yang terbuat dari katun dan polyester. Dengan karakter bahannya yang ringan, kain ini digunakan untuk membuat jaket, baju para koki hingga pakaian olahraga. Bahan drill ini ada tiga macam, yaitu:

  • Kain Twist Drill, yang karakter seratnya lebih kecil dan bahkan ada juga yang water repellent.
  • Kain American Drill, yang memiliki serat berukuran sedang dan permukaan luarnya lebih lembut.
  • Kain Japan Drill, di mana eratnya lebih besar sehingga lebih kuat dan tebal.

6. Baby Terry

Bahan yang bagus untuk hoodie lainnya adalah baby terry yang sebenarnya mirip dengan fleece. Bagian dalamnya lembut mirip selimut dan memang paling sering digunakan untuk membuat sweater. Walaupun tebal, namun bahan baby terry ini tidak akan terasa panas kalau dipakai, karena daya serap airnya tinggi.

Baca juga:  Food Truck: Inspirasi Bisnis Kekinian yang Menarik untuk Dijalankan

7. Kanvas

Pada umumnya, jaket kanvas hoodie biasanya dilengkapi dengan zipper. Karakter bahan ini kainnya tebal dan kasar, jadi hoodie bahan kanvas fungsinya sangat tepat untuk menghangatkan tubuh di malam hari saat berkendara atau di dalam ruangan kantor. Selain itu, bahan kanvas juga cenderung lebih awet.

8. Taslan

Bahan taslan terbuat dari serat polyester yang berkualitas tinggi. Karakter permukaan kain ini licin, tebal, namun ringan dan tetap nyaman. Selain itu, kain yang biasa digunakan untuk membuat jaket hoodie ini juga memiliki teknologi tinggi sehingga mampu menyerap keringat. Bahan taslan dibedakan menjadi enam jenis, yaitu Kain Taslan Salur, Kain Taslan Milky, Kain Taslan Coating Bening, Kain Taslan Balon, Kain Taslan Latex, dan Kain Taslan Parasut.

9. Mikro

Kain bahan mikro ini biasanya dibuat untuk jaket olahraga yang terbuat dari serat mikro. Walaupun bagian luarnya tipis seperti parasut, namun jaket hoodie dengan bahan mikro ini akan sangat cepat menyerap keringat. Bahan kain mikro ini dibedakan menjadi empat jenis, yaitu Kain Mikro Bintik yang punya karakteristik lembut dan ringan. Lalu ada Kain Mikro TR yang anti air dan punya serat kuat, Kain Mikro Ripstop yang dibuat dari benang sintetis. Karakteristik kain ini lembut dan ringan dengan tekstur kotak-kotak. Dan Kain Microfiber yang terbuat dari benang polyester yang halus dan nyaman dipakai.

Tips Memilih Hoodie

bahan hoodie yang bagus
Sumber: Freepik

Kalau kamu tertarik untuk menambah koleksi hoodie-mu di lemari, mari simak tips memilih jaket hoodie agar nyaman dipakai sehari-hari di bawah ini!

  • Tips memilih jaket hoodie yang pertama adalah perhatikan bahan hoodie
  • Carilah hoodie yang sesuai dengan kebutuhanmu dan temukan model serta desain yang kamu sukai.
  • Pastikan ukuran hoodie pas dengan bentuk tubuh kamu agar hoodie-nya terlihat cocok dan nyaman saat kamu memakainya.

Itu dia informasi seputar bahan hoodie yang bagus beserta tips memilihnya. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kamu tidak perlu pusing mix and match outfit apa saja saat memakai fashion item yang satu ini. Pasalnya, hampir semua hoodie yang ada cocok untuk jadi pendukung gaya casual kamu sehari-hari.